Home » 4 Tips Asik Berinvestasi Emas Bagi Para Pemula

4 Tips Asik Berinvestasi Emas Bagi Para Pemula

oleh | Jun 5, 2020

Pernah gak sih kita mengalami pada saat duit tabungan sudah kita sisihkan diawal khusus untuk berinvestasi emas, tapi kita masih bingung nih kira-kira langkah yang tepat untuk berinvestasi secara asik bagi pemula seperti apa yah.

Yuk kita simak!

Tentukan Tujuan Akhir Mu Terlebih Dahulu

Tidak hanya hubungan kamu dan pasangan saja yang harus punya tujuan, tapi dalam berinvestasi emas, kamu pun harus memiliki sebuah tujuan yang jelas. Misal, kamu ingin berinvestasi emas untuk jangka panjang dalam memenuhi biaya pernikahan, membayar down payment atau membeli rumah, memenuhi biaya dana pendidikan untuk anak, dan juga bisa menjadi alternatif lain dalam mengumpulkan dana darurat.

Dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu dapat mengelola keuangan mu dengan lebih baik lagi. Sehingga pada akhirnya, uang yang kamu investasikan dalam instrumen emas dapat terealisasi dengan tepat serta efektif berdasarkan tujuan awal investasi yang telah direncanakan.

Cek Kemampuan Finansial Mu

Untuk kamu para first jobber apalagi yang masih single, paksain deh sisihin Rp100.000 – Rp500.000 untuk investasi rutin di reksa dana atau di emas, sisa gajiannya masih bisa bayar sewa kos2an, uang transportasi, bayar zakat, bantu orang tua, bayar cicilan kredit, hang out, ngopi2.  Kalau segera dimulai, life style akan menyesuaikan dengan income yang diterima setelah sisihin sebagian utk investasi rutin. You will not regret it in the future.

Untuk dana membeli emas sendiri, menurut data pada tanggal 30 april 2020 menunjukkan bahwa harga emas seberat 1 gram sebesar Rp928.000 (www.logammulia.com).

Dengan melihat kondisi dan kemampuan finansial serta kebiasaan menyisihkan untuk berinvestasi pada awal gajian kita, langkah untuk berinvestasi pada emas semakin jelas dan terukur.

Pilih Jenis Penyimpanan Emas Yang Aman

Biasanya, tempat kita menyimpan emas ada beberapa cara. Yang pertama mungkin teman-teman memiliki brankas pribadi di rumah masing-masing. Dilengkapi pengaman seperti pin dan juga sidik jari.

Walaupun sepertinya cukup aman, namun penyimpanan tersebut masih berisiko terhadap pencurian. Adapun selain penyimpanan emas dalam brankas yang dimiliki di rumah masing-masing, terdapat juga jenis penyimpanan emas yang disediakan oleh pihak bank.

Pernah mendengar kalimat “safe deposit box” ?

Safe Deposit Box (SDB) merupakan sebuah layanan penyimpanan barang berharga dalam sebuah kotak yang dimiliki dan disediakan oleh bank-bank besar. SDB cocok sekali digunakan ketika teman-teman ingin menyimpan emasnya di dalam tempat penyimpanan yang sangat aman. Namun sayangnya ada biaya tertentu untuk membayar pelayanan SDB tersebut.

Pada zaman sekarang, teknologi juga sangat membantu dalam perkembangan aktivitas khususnya di bidang Investasi pada instrumen emas. Teman-teman bisa memanfaatkan aplikasi tanamduit untuk membeli emas secara digital.

Sebuah keuntungan bagi teman-teman jika kalian bisa berinvestasi emas dalam bentuk digital. Kenapa bisa begitu ? Karena selain risiko kehilangan terhadap pencuri dan juga risiko terjadi kebakaran dalam tempat penyimpanan rendah, kalian juga diuntungkan dengan pencairan yang cukup cepat ketika berinvestasi emas dalam bentuk digital.

Tabung Terus, Monitor, dan Nikmati

Jika langkah di atas telah kamu lakukan, sekarang saatnya untuk membeli dan menabung dalam investasi emas, bisa secara berkala ataupun disesuaikan dengan dana yang temanduit punya.

Untuk memonitor perkembangan emas, temanduit bisa mengunjungi beberapa sumber website yang memperlihatkan pertumbuhan nilai emas, salah satunya dari sumber ini: https://harga-emas.org/grafik/

Kita dapat melihat bahwa secara jangka panjang harga emas tetap naik dan berkembang positif, alhasil jika kita mulai menabung dan berinvestasi emas dari sekarang, kita dapat menikmati hasilnya di masa yang akan datang.

Jadi tunggu apalagi ? berinvestasi emas di aplikasi tanamduit sekarang!

download-aplikasi-tanamduit