Home » 5 Hal Siapkan Diri Menjalani Resolusi!

5 Hal Siapkan Diri Menjalani Resolusi!

oleh | Jan 27, 2020

Di tahun baru berbagai postingan media sosial atau bahkan perbincangan di ruang publik seringkali membahas mengenai resolusi. Ada sebagian orang yang sudah merancangnya sejak akhir tahun, tapi ada pula yang bahkan tidak memikirkannya.

Meski resolusi menjadi bahasan menarik, tetapi jangan lupa untuk mempersiapkan diri untuk menjalaninya. Kelima tips berikut bisa membuatmu semakin semangat untuk menjalani 2020:

1. Hidupkan Keberanianmu

Dalam diri setiap orang pasti ada rasa takut dan berani, tinggal pilihanmu untuk menjadi pemberani atau penakut. Mulailah untuk menghidupkan rasa berani dalam dirimu. Percayalah bahwa kamu mampu meraih setiap mimpimu. Hidup dalam ketakutan hanya akan menghambatmu memulai sesuatu yang baru. Fokusnya bukan untuk mengalahkan takut tapi memunculkan keberanian ketika kamu menghadapinya.

Misalnya nih, kalau kamu punya keinginan untuk liburan ke Eropa, maka munculkan keberanian untuk investasi dan memiliki dana diatas 50 juta tahun ini. Nah ini yang akan membuat kamu mau belajar dan mulai investasi dari sekarang. 

 

2. Komitmen

Kalau hanya diucapkan dimulut rasanya setiap resolusi terasa mudah. Bagian terberat adalah komitmen untuk melakukannya. Nah, komitmen itu penting, maka harus dibuat dengan sungguh-sungguh. Bahkan kamu harus bekerjasama dengan pikiran, hati dan seluruh anggota tubuhmu untuk menjalaninya. Tantangan terbesar adalah menahan godaan dari lingkungan sekitar. Tapi kamu cukup mengingat komitmen yang telah kamu buat.

 

3. Lakukan sepenuh hati

Istilah “gak ada yang magic” sangatlah tepat. Tidak ada kesuksesan yang terjadi dalam sekejap. Semua pasti membutuhkan proses. Dalam menjalaninya diperlukan ketekunan dan kerja keras. Semua resolusi harus diwujudkan dalam tindakan nyata.

Semisal kamu ingin memiliki mobil dalam jangka waktu 5 tahun, mulailah untuk menyisihkan uang untuk investasi. Kamu dapat mulai komitmen untuk mengurangi pengeluaran lain untuk investasi lebih besar agar impianmu bisa segera terwujud. 

 

4. Achievable but Challenging

Resolusimu harus bisa diukur pencapaiannya. Ini juga akan membantu untuk mengevaluasi setiap proses yang sudah dilakukan. Jangan sampai kita berlindung dengan kata proses tapi ternyata stuck gitu-gitu ajaaa..

Ada istilah bermimpilah setinggi langit. Ini artinya bukan hanya punya mimpi sehebat mungkin tetapi mimpimu harus bisa diraih atau achievable dan memiliki tantangan yang membuat kapasitas dirimu lebih baik.

 

5. Sharing

Mungkin terasa aneh atau tidak biasa untuk menceritakan resolusimu kepada orang lain. Sisi positifnya kamu bisa mendapatkan dukungan dan masukan dari orang lain. Tetapi ini nih yang bahaya kalau kamu jadi minder dengan pencapaian yang orang lain dapatkan. Ingat tiap orang punya “definisi sukses” yang berbeda. Temukan versimu!


Jadi, Udah siap kan menjalani 2020? Kalau kata Agnez Monica nih Dream, Believe and Make it Happen. Good luck!

banner-download-mobile