Home » Kebijakan Pemerintah Mengenai Kebijakan PSBB, Apa dan Mengapa? Yuk Kita Baca!

Kebijakan Pemerintah Mengenai Kebijakan PSBB, Apa dan Mengapa? Yuk Kita Baca!

oleh | Apr 14, 2020

“Halo temanduit, apakah sudah pada tau mengenai kebijakan baru dari pemerintah kita mengenai PSBB?”

Dalam Peraturan Pemerintah no.20 tahun 2020, yang dimaksud dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Tujuan kebijakan PSBB ini adalah untuk mengurangi dan menangani penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. Presiden Joko Widodo menegaskan, bahwa mulai dari presiden, menteri, gubernur, bupati, wali kota, hingga kepala desa, dan lurah harus memiliki satu visi yang sama dalam menyelesaikan persoalan COVID-19 yang kita hadapi sekarang ini.

Sebagai pedoman dalam pelaksanaan PSBB, Presiden meminta Menteri Kesehatan membuat Peraturan Menteri yang berisikan tentang rincian yang lebih detil agar dapat dijadikan acuan oleh para pemangku kepentingan

Nah berikut beberapa poin penting terkait PSBB yang dirasa perlu banget untuk temanduit semua ketahui (Lampiran PMK RI N0. 9 Tahun 2020)

      • Meliburkan sekolah dan tempat kerja,

        Libur disini bukan berarti tidak melakukan kegiatan sekolah dan pekerjaan sama sekali loh tetapi yang diliburkan adalah tempat kerjanya, kedua kegiatan ini bisa dilakukan melalui rumah dengan media pendukung yang efektif. Peliburan tempat kerja dikecualikan untuk instansi strategis vital seperti pertahanan dan keamanan, kebutuhan pangan, pelayanan kesehatan, keuangan, komunikasi, dll.

      • Pembatasan kegiatan keagamaan,

        Semua tempat ibadah harus ditutup untuk umum namun kegiatan keagamaan dapat dilakukan di rumah dengan dihadiri oleh jumlah keluarga yang terbatas, juga tetap menjaga jarak untuk setiap orangnya.

      • Pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum,

        Penerapan pembatasan jumlah orang dan menjaga jarak juga perlu dilakukan, jika ada kegiatan di tempat umum. Fasilitas umum lainnya seperti pasar, supermarket, penyedia BBM dan gas, penyedia obat-obatan dan alat medis; dan penyedia layanan kesehatan tetap beroperasi, dengan tetap memperhatikan pembatasan kerumunan orang.

      • Pembatasan kegiatan sosial budaya,

        Di sini kerumunan orang dalam jumlah banyak juga dilarang namun tetap berpedoman pada pandangan lembaga adat resmi yang diakui pemerintah.

      • Pembatasan moda transportasi,

        Penggunaan moda transportasi umum / pribadi tidak dilarang namun dengan pembatasan jumlah penumpang dan juga menjaga jarak antar penumpang.

      • Pembatasan kegiatan lainnya khusus terkait aspek pertahanan keamanan.

        Ini bukan berarti lembaga pertahanan dan keamanan yaitu TNI dan Polri berhenti dalam melayani masyarakat namun kegiatannya dibatasi dengan tujuan untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19 ini.

Berdasarkan peraturan pemerintah di atas, ada beberapa tips nih untuk temanduit dalam proses penyesuaian apabila PSBB ini sudah diterapkan di wilayah masing-masing diantaranya adalah:

      • Menjaga persediaan obat dan vitamin untuk memenuhi kebutuhan kesehatan.

      • Membeli dan mengelola stok bahan makanan agar tetap cukup namun tidak berlebihan.

      • Selalu menjaga kesehatan selama periode PSBB ini berlangsung dengan cara pola makan yang sehat, berolahraga dan istirahat yang cukup.

      • Tidak ketinggalan, tentunya kita harus mengelola kondisi keuangan dari mulai memenuhi dana darurat serta uang kas agar tetap cukup untuk membeli keperluan sehari – hari dan juga investasi jangka panjang.

banner-download-mobile