Home » Ramadhan Kok Malah Boros? Begini Cara Mengelola Keuangan di Bulan Ramadhan Biar Nggak Boros!

Ramadhan Kok Malah Boros? Begini Cara Mengelola Keuangan di Bulan Ramadhan Biar Nggak Boros!

oleh | Apr 23, 2021

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang penting bagi umat Muslim di berbagai penjuru dunia. Pada bulan suci ini, umat Muslim berlomba-lomba untuk menabung pundi-pundi pahala dengan menjalankan ibadah puasa dan melaksanakan ibadah lainnya, baik yang sifatnya wajib mau pun sunnah. Selain mempersiapkan fisik dan batin, penting juga nih untuk mempersiapkan keuangan kita di bulan Ramadhan.

Mungkin sebelum bulan Ramadhan tiba, kita berpikir kalau dengan berpuasa kita bisa menghemat pengeluaran selama sebulan. Meskipun kenyataannya, saat Ramadhan tiba, pengeluaran kita malah membludak. Tiba-tiba kepengen beli ini itu dan buka puasa di sana-sini. Sering kejadian di kamu nggak?

Duh, bisa-bisa bulan Ramadhan kelar, dompetmu malah ambyar. Makanya, penting buat kamu pelajari gimana cara mengelola keuangan dengan baik di bulan suci ini. Nggak perlu pusing, tanamduit udah siapin cara mengelola keuangan di bulan Ramadan. Simak baik-baik sampai tuntas, ya!

1. Buat alokasi keuangan dan tentukan skala prioritas kamu!

Salah satu cara mengelola keuangan di bulan Ramadhan yang paling utama adalah dengan bikin perencanaan keuangan. Kamu harus bijak-bijak nih, uang kamu mau dialokasikan kemana saja. Terlebih lagi, biasanya di bulan suci ini, kamu akan dapat tambahan penghasilan a.k.a. tunjangan hari raya (THR). Nah, godaan belanja ini itu saat tahu akan punya uang lebih sering kali nggak bisa dilawan.

Stop sampai di situ, tarik napas dalam-dalam, hembuskan pelan-pelan… Dalam mengelola keuangan, diperlukan kedisplinan untuk menerapkan aturan yang sudah kita tentukan. Semisal, kamu biasa menerapkan rumus budgeting simpel (50% kebutuhan, 30% keinginan, 20% investasi), artinya alokasi keuanganmu tetap sama dengan yang kamu lakukan seperti biasa, tidak ada penyesuaian sama sekali.

 

Budgeting via Pixabay

Saat bulan puasa, tidak dapat kita pungkiri kalau banyak keinginan-keinginan mendadak yang bermunculan seperti buka puasa bersama, bagi-bagi THR ke keluarga, beli baju lebaran, dan masih banyak lagi. Kadang-kadang keinginan tersebut sudah menjadi kebiasaan tahunan yang bikin kita salah kaprah menganggap hal tersebut adalah kebutuhan. Biar nggak bingung, yuk, kita coba buat daftar anggaran selama bulan puasa berdasarkan rumus budgeting simpel di atas:

 

 

Nah, kalau sudah dikelompokkan, kamu jadi bisa tentukan skala prioritas kebutuhanmu dan meminimalisir keinginan-keinginan yang bisa bikin dompetmu menjerit selama bulan Ramadhan. Kalau kamu disiplin menerapkan cara mengelola keuangan dengan perencanaan keuangan di atas, dijamin deh, keuangan kamu bakal sehat wal ‘afiat.

2. Belanja kebutuhan sebelum harga naik

Shopping via Freepik

Sudah menjadi rahasia umum pada momen-momen besar seperti bulan Ramadhan, pusat-pusat perbelanjaan akan mengadakan sale besar-besaran, terutama pada barang kebutuhan pokok. Nah, sebelum harga kebutuhan naik mendekati hari lebaran, baiknya kamu berbelanja sebelum bulan Ramadhan, atau pada awal bulan Ramadhan. Selain harganya belum naik, kemungkinan besar kamu bisa lebih berhemat dengan adanya promo dan diskon-diskon spesial Ramadhan di pusat perbelanjaan. Ini bisa jadi trik jitu yang bisa kamu terapkan sebagai salah satu cara mengelola keuangan di bulan Ramadhan.

Tapi, inget lho ya, jangan sampai kalap karena harga diskonan. Beli barang-barang secukupnya dan sebutuhnya. Bisa-bisa trik berburu harga murah jadi senjata makan tuan yang bikin keuangan kamu lebih boros kalau kamu kebablasan.

3. Bukber bisa bikin dompet kamu boncos, lho~

 

Buka puasa bersama via Freepik

Bukber menjadi agenda tahunan yang jarang dilewatkan oleh sebagian orang. Momen bukber bisa jadi ajang reunian untuk menjaga tali silaturahmi dengan sanak saudara mau pun teman-teman kita. Akan tetapi, seiring bertambahnya umur, semakin banyak pula undangan bukber berdatangan dari circle pertemanan yang berbeda. Sadar nggak sadar, semakin banyak bukber yang kamu datangi, semakin kering pula keadaan dompetmu dari hari ke hari. Kalau nggak diminimalisir, bisa-bisa uang bulananmu habis hanya untuk bukber aja, nih.

4. Berbukalah dengan menu secukupnya

Menu buka puasa via detikHealth

Saat sedang berpuasa, menahan lapar, haus, juga hawa nafsu, sering kali kita memikirkan berbagai menu buka puasa dalam benak kita. Mendekati waktu berbuka, biasanya kita akan sibuk berkeliling mencari takjil atau scrolling menu berbuka di aplikasi order makanan online. Pada momen-momen inilah, biasanya kita jadi laper mata, akhirnya beli berbagai jenis makanan yang belum tentu akan kita makan semua saat berbuka. Kebiasaan jajan banyak makanan untuk berbuka ini nih, kalau dilakukan berulang berujung mubazir dan menguras dompet kamu juga.

Berbuka puasa dengan menu secukupnya yang kita buat sendiri di rumah bisa jadi salah satu cara mengelola keuangan yang bijak di bulan Ramadhan. Dengan meminimalisir jajan di luar, kita bisa lebih hemat sekaligus terhindar dari dosa mubazir.

 

5. Hindari belanja saat perut lapar

Online shopping via Freepik

Menurut Anna Surti Ariani, seorang psikolog keluarga dan anak, berbelanja saat kondisi perut lapar bisa bikin kamu kalap, lho. Saat kita merasa lapar, sistem limbik pada otak yang mengendalikan emosi, motivasi, dan perilaku menjadi lebih dominan. Alhasil, kita sering kali membeli barang-barang tanpa banyak pertimbangan, padahal nggak butuh-butuh banget. Keputusanmu saat membeli didominasi oleh emosi dan motivasi ingin memiliki barang tersebut saja, tanpa mikir-mikir lagi.

Nah, itulah alasannya kenapa kamu harus menghindari buka marketplace siang-siang bolong saat sedang berpuasa di bulan Ramadhan untuk menghindari risiko impulsive buying saat sedang menahan lapar dan haus. Strategi ini bisa jadi cara mengelola keuangan yang ampuh untuk menjaga kesehatan keuangan kamu di bulan Ramadhan.

 

Menuruti keinginan untuk beli ini itu dan ngelakuin ini itu memang nggak akan ada habisnya, temanduit. Kamu harus pintar-pintar membedakan yang mana kebutuhan dan keinginan, supaya alokasi uangmu sesuai dengan porsi anggaran yang sudah kamu buat. 5 cara mengelola keuangan di atas bisa kamu terapkan tiap bulan Ramadhan, supaya keuanganmu tetap sehat wal’afiat sebulan ke depan. Perlu kamu ingat juga, menjaga kesehatan keuangan butuh kedisiplinan. Kamu bisa terapkan alokasi keuangan di atas tiap bulannya secara konsisten.

Kebetulan, tanggal 27 April 2021 nanti, tanamduit akan Live Instagram ngomongin cara mengelola keuangan saat Ramadhan bareng panutannya Pemuda Tersesat, nih, yaitu Habib Husein Jafar Al Hadar. Buat kamu yang penasaran dan pengen tanya langsung ke Habib Jafar cara mengelola keuangan di bulan Ramadhan dari sudut pandang Islam, jangan sampai ketinggalan livenya yaa!

 

 

Penulis: Syafira Maulida

banner-download-mobile