Home » Cara Wujudkan Impian Kamu Beberapa Tahun ke Depan

Cara Wujudkan Impian Kamu Beberapa Tahun ke Depan

oleh | Des 18, 2020

#temanduit punya impian untuk diwujudkan beberapa tahun ke depan? Setiap orang di dunia ini memiliki impian dalam benaknya. Impian tersebut dapat berupa target menikah di usia 25 tahun, keinginan memiliki sebuah aset seperti mobil dan rumah, liburan keliling dunia, dan masih banyak lagi. Semua orang punya kebebasan untuk memiliki impian setinggi-tingginya. Namun, kadang yang jadi kendalanya, kamu bingung gimana sih cara wujudkan impian kamu itu?

Nah, tanamduit sudah menyiapkan cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk wujudkan impian kamu jadi kenyataan dalam beberapa tahun ke depan.

1. Catat impian-impian yang ingin kamu wujudkan beberapa tahun ke depan

Catat mimpimu via Brilio

Coba kamu pikirkan terlebih dahulu, mana saja impian kamu yang akan kamu wujudkan 2—5 tahun ke depan. Misalnya, tahun depan kamu berencana liburan ke luar negeri; atau dua tahun dari sekarang kamu mau membeli mobil pribadi; atau lima tahun ke depan kamu berencana menikah dengan pasanganmu. Kemudian, catat impian-impian kamu pada secarik kertas. Kalau perlu, kamu bisa menempelnya di tembok kamarmu. Kamu juga bisa mencatatnya di ponsel dan menjadikan catatan tersebut jadi lockscreen di ponselmu. Jadi, setiap harinya ketika kamu membuka mata, kamu akan selalu ingat dengan membaca impian-impian tersebut, dan semakin termotivasi untuk mewujudkannya.

 

 2. Cek kondisi keuanganmu

Kondisi finansial via Kit8

Jangan berhenti dengan mencatat dan membaca mimpimu setiap hari saja ya #temanduit! Kamu tentu harus berusaha untuk mewujudkannya, dong. Cara selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengecek kondisi keuangan kamu. Kamu harus menghitung, berapa pendapatan dan pengeluaran kamu per bulannya. Kamu juga bisa menentukan mana saja pengeluaran yang bisa dikurangi dan dialihkan sebagai tabungan untuk mewujudkan impian kamu.

Jangan lupa untuk membuat target juga, kira-kira kamu mau mencapai impian kamu yang mana dulu dalam waktu berapa tahun dari sekarang? Kamu bisa menyesuaikan target waktu dan jumlah yang harus kamu sisihkan tiap bulannya dengan kondisi keuanganmu.

 

3. Alokasikan sebagian gajimu untuk mewujudkan impian tersebut

Alokasi Gaji via Loker Jogja

Kalau kamu sudah tahu mau wujudkan impian yang mana beberapa tahun ke depan, tentunya kamu harus mengalokasikan gaji kamu per bulannya untuk mempersiapkan dana yang kamu butuhkan nantinya. Jumlah per bulannya bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu tiap bulannya. Lakukan hal ini secara konsisten sesuai target dan kondisi keuanganmu setiap bulannya. Ingat, ya, harus konsisten karena konsisten adalah kunci keberhasilannya.

 

4. Memilih produk keuangan yang tepat

Investasi reksa dana via Groww

Kalau kamu sudah menetapkan impian mana dulu yang akan kamu capai dan target waktu tercapainya, kamu juga harus jeli memilih produk keuangan yang sesuai. Misalnya, kamu ingin liburan ke luar negeri tahun depan, maka produk keuangan yang cocok buatmu adalah reksa dana pasar uang. Produk reksa dana pasar uang cocok untuk tujuan keuangan jangka pendek, contohnya kalau kamu mau liburan tahun depan. Imbal hasilnya berkisar antara 5—7 persen per tahunnya, jauh lebih untung dibandingkan menaruh uangmu dalam bentuk tabungan atau deposito.

Kalau kamu mau membeli mobil atau menikah tiga atau empat tahun dari sekarang, produk keuangan yang cocok buatmu adalah reksa dana pendapatan tetap. Reksa dana pendapatan tetap punya imbal hasil pada kisaran 7—12 persen per tahunnya. Jadi, selain mimpimu terwujud tiga atau empat tahun lagi, kamu juga bisa mendapatkan imbal hasil yang lumayan banget.

Tenang aja, #temanduit! Kamu bisa wujudkan impian kamu bareng tanamduit, lho. Melalui aplikasi tanamduit kamu bisa berinvestasi sesuai tujuan keuanganmu mulai dari sekarang. Yuk, berinvestasi di tanamduit!

 

Penulis: Syafira Maulida

banner-download-mobile