Home » Yuk Mengenal Lebih Jauh Mengenai Reksa Dana (Bagian 2)

Yuk Mengenal Lebih Jauh Mengenai Reksa Dana (Bagian 2)

oleh | Apr 29, 2020

Di artikel Bagian 1 telah dibahas cukup rinci mengenai apa itu Reksa Dana, apakah ada peraturannya, bagaimana cara kerja Reksa Dana dana pa saja manfaat investasi di Reksa Dana. Di Bagian 2 ini akan dilengkapi dengan ulasan lain. Yuk kita teruskan yaa…

 

Apa yang Harus Saya Pertimbangkan Ketika Berinvestasi di Reksa Dana?

    • BiayaKetika kamu berinvestasi di reksa dana, ada biaya-biaya yang harus dibayar. Jika kamu membelinya langsung di perusahaan pengelola reksa dana atau di bank yang menjadi agen penjual reksa dana biasanya kamu akan dikenakan Biaya Penjualan, yaitu biaya yang harus kamu bayar pada saat membeli suatu produk reksa dana, besarannya bisa sampai dengan 2,0% dari nilai yang kamu beli. Di aplikasi tanamduit nasabah-nasabah tidak dikenakan Biaya Penjualan.Selain itu ada Biaya Manajemen atau Management Fee, dan Custodian Fee, biaya transaksi, pajak deposito, pajak bunga obligasi, yaitu biaya-biaya yang dibebankan oleh Manajer Investasi dan Bank Kustodian yang mengelola reksa dana, biaya-biaya tersebut dibebankan ke produk reksa dana, sehingga nilai investasi atau Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang kamu terima adalah nilai yang akan kamu terima jika dicairkan atau dijual kembali.
    • RisikoInvestasi melibatkan dan mengandung risiko. Meskipun berinvestasi dalam reksa dana membantu kamu mendiversifikasi sebagian risiko, tetapi itu tidak menghilangkan semua risiko sepenuhnya. Sebelum kamu berinvestasi, kamu perlu memastikan tujuan investasi kamu, profil risiko kamu sendiri, membaca prospektus reksa dana, lembar fakta reksa dana (fund fact sheet) dan jika perlu hubungi customer service di tanamduit.
    • Perusahaan Manajer Investasi dan Team Pengelola Reksa DanaReksa Dana dikelola oleh team pengelola yang terdiri dari portfolio manager dan analyst, mereka semua bernaung di perusahaan yang memperoleh ijin dari Otoritas Jasa Keuangan sebagai perusahaan Manajer Investasi. Di Indonesia ada puluhan perusahaan Manajer Investasi, namun tanamduit telah memilih sejumlah belasan perusahaan Manajer Investasi untuk menjadi mitra penyedia produk reksa dana. Kamu bisa melihat nama-nama mitra Manajer Investasi tersebut di aplikasi tanamduit dan jika perlu melakukan sedikit penelitian melalui internet mengenai siapa yang menjadi pemegang saham, siapa yang menjadi team manajemen dan team pengelola investasi, bagaimana rekam jejak (track record) selama ini.

 

Bagaimana Saya Mencairkan Investasi Saya di Reksa Dana dan Seberapa Cepat Dana Pencairannya Saya Terima?

Kamu dapat mencairkan unit reksa dana yang kamu miliki kapanpun kamu ingin melakukannya. Hanya saja transaksi penjualan kamu diproses pada hari bursa, jika kamu melakukannya pada hari Sabtu, Minggu atau hari libur lainnya, maka transaksi akan diproses pada hari bursa pertama setelah hari libur. Jika kamu melakukannya di hari bursa sebelum jam 13.00 maka kamu akan memperoleh harga penjualan menggunakan harga penutupan pada hari yang sama, tetapi jika kamu melakukannya setelah jam 13.00 maka kamu akan memperoleh harga penjualan keesokan harinya.

Dana hasil penjualan unit reksa dana akan kamu terima paling cepat 1 (satu) hari bursa setelah tanggal penjualan kembali dan paling lambat 7 (tujuh) hari bursa. Pada umumnya hasil pencairan reksa dana pasar uang akan kamu terima 1-2 hari setelah tanggal pencairan sedangkan selain reksa dana pasar uang dana akan kamu terima 3-5 hari bursa.

Bagaimana Saya Memilih Reksa Dana yang Cocok?

Secara umum reksa dana dibagi menjadi 4 jenis, masing-masing jenis berbeda dalam hal tujuan investasi, strategi, risiko dan juga biaya. Reksa dana yang akan kamu pilih untuk diinvestasikan tergantung pada pada profil risiko, tujuan investasi, dan lamanya kamu berinvestasi.

    • Reksa Dana Pasar UangPortofolio terdiri dari deposito di bank dan obligasi atau surat utang yang akan jatuh tempo dalam waktu kurang dari 1 (satu) tahun yang akan datang

      Risiko rendahPertumbuhan investasinya umumnya sedikit lebih baik dari inflasi

      Biasanya digunakan sebagai investasi jangka pendek, misalnya untuk keperluan Dana Siaga atau Dana Darurat

    • Reksa Dana Pendapatan TetapPortofolio investasi minimal 80% di obligasi atau surat utang

      Risiko rendah hingga sedang tergantung pada jenis obligasi, beberapa kriterianya antara lain obligasi yang diterbitkan oleh Negara risiko investasinya lebih rendah dari obligasi yang diterbitkan oleh Korporasi, obligasi yang peringkat AAA lebih rendah risikonya disbanding yang berperingkat A, obligasi yang akan jatuh tempo 1 tahun yang akan datang lebih rendah risikonya disbanding yang akan jatuh tempo 5 tahun yang akan datang.Potensi pengembalian yang lebih besar daripada reksa dana pasar uang, bertujuan untuk melampaui inflasi

    • Fokus pada menghasilkan peluang pendapatan reguler dan diversifikasi portofolio
    • Reksa Dana Saham Portofolio investasi minimal 80% di saham

      Risiko tinggiPengembalian jangka panjang jauh melebihi inflasi

      Potensi pengembalian lebih besar dari obligasi

    • Reksa Dana CampuranPortofolio investasi sangat fleksibel antara 1%-79% di obligasi, antara 1%-79% di saham dan 0%-20% di deposito di bank.

      Risiko menengah sampai tinggi

      Pengembalian dalam jangka panjang lebih baik dari reksa dana pendapatan tetap atau obligasi

Kesimpulannya:

  • Reksa Dana adalah produk investasi yang aman mekanisme pengelolaannya karena diatur oleh Undang-Undang Pasar Modal dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan;
  • Nilai pembeliannya terjangkau;
  • Mudah dibeli dan mudah dijual kembali;
  • Tersedia jenis Reksa Dana yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan kita.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk mulai berinvestasi Reksa Dana di tanamduit!

banner-download-mobile