Home » 4 Tips Asik Investasi Emas yang Mudah Bagi Para Pemula

4 Tips Asik Investasi Emas yang Mudah Bagi Para Pemula

oleh | Jul 8, 2022

Tips Investasi Emas yang Mudah bagi Pemula

Berikut adalah ulasan singkat sebelum kamu memulai berinvestasi emas, baiknya kamu perlu mengetahui langkah-langkah sebelum memulainya, di antaranya:

1. Tentukan tujuanmu terlebih dahulu

2. Cek kemampuan finansialmu

3. Pilih jenis penyimpanan emas yang aman

4. Konsisten menabung, monitor dan nikmati

Sebelum mulai investasi emas, para investor pemula perlu mengetahui tips investasi yang mudah dan aman. tanamduit telah menyiapkan tips asik untuk investor pemula. Yuk simak penjelasan berikut!

1. Tentukan Tujuan Akhir Mu Terlebih Dahulu

Saat berinvestasi emas, kamu harus memiliki sebuah tujuan yang jelas. Misalnya, kamu ingin berinvestasi emas untuk jangka panjang untuk memenuhi biaya pernikahan, biaya down payment atau membeli rumah, biaya dana pendidikan untuk anak, atau mengumpulkan dana darurat.

Dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu dapat mengelola keuangan dengan baik. Pengelolaan keuangan yang baik akan memudahkan kamu dalam merealisasikan tujuan investasi dengan tepat dan efektif sesuai dengan rencana saat awal memulai investasi.

2. Cek Kemampuan Finansial Mu

Selain menyiapkan tujuan investasi, kamu perlu menyesuaikan alokasi dana investasi dengan kemampuan finansial. Para first jobber juga harus menentukan dana yang akan disisihkan untuk investasi setiap bulan.

Misalnya, setiap menerima gaji, sisihkan Rp100.000 – Rp500.000 untuk rutin investasi emas. Alokasi gaji tersebut menyesuaikan dengan pengeluaran untuk biaya sewa kost, uang transportasi, bayar zakat, bantu orang tua, bayar cicilan kredit, biaya hang out, dan kebutuhan lainnya.

Jika kamu mulai membiasakan diri dengan life style, maka kamu akan menyisihkan income untuk investasi secara rutin. You will not regret it in the future. Kebiasaan rutin investasi emas menjadi langkah awal untuk mencapai kebebasan finansial di masa yang akan datang.

3. Pilih Jenis Penyimpanan Emas Yang Aman

Umumnya, investor dapat menyimpan emas dengan beberapa cara. Jika kamu memiliki brankas pribadi di rumah masing-masing yang telah dilengkapi pin dan sidik jari, maka kamu dapat menyimpan emas sendiri.

Walaupun sepertinya cukup aman, penyimpanan tersebut masih berisiko pencurian. Selain menyimpan emas di brankas pribadi, investor emas juga dapat menyimpan emas di tempat yang disediakan oleh pihak bank. Apakah kamu pernah mendengar kalimat “safe deposit box”?

Safe Deposit Box (SDB) merupakan sebuah layanan penyimpanan barang berharga dalam sebuah kotak yang dimiliki dan disediakan oleh bank-bank besar. SDB menjadi pilihan yang tepat bagi investor emas pemulayang ingin menyimpan emas dengan aman. Namun, seorang investor harus memenuhi biaya pelayanan SDB.

Saat ini, kamu tidak harus menyimpan emas di brankas atau Safe Deposit Box. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi penyedia layanan investasi emas secara digital. Di aplikasi tanamduit, kamu bisa berinvestasi emas secara digital.

Investasi emas secara digital menawarkan berbagai keuntungan dengan risiko yang rendah. Proses transaksi jual-beli emas digital lebih mudah dan cepat. Selain itu, investor juga tidak perlu khawatir kehilangan aset emas karena adanya pencuri atau risiko kebakaran tempat penyimpanan emas. Jadi, investasi emas secara digital lebih mudah, praktis, dan aman.

4. Tabung Terus, Monitor, dan Nikmati

Jika kamu sudah menerapkan tips sebelumnya, maka kamu bisa mulai berinvestasi emas sekarang. Kamu bisa mulai investasi secara berkala sesuai dengan kemampuan finansialmu.

Menurut data situs Logam Mulia tanggal 30 April 2020, grafik harga emas menunjukkan harga emas seberat 1 gram sebesar Rp928.000. Untuk memonitor perkembangan emas, temanduit bisa mengunjungi beberapa situs yang memperlihatkan pertumbuhan nilai emas.

Gambar di atas menjelaskan bahwa harga emas akan berkembang positif dan cenderung naik. Jika kamu mulai investais emas dari sekarang, maka kamu dapat menikmati hasil baiknya di masa yang akan datang. 

Sekarang, kamu bisa investasi emas dengan mudah, aman, dan praktis di aplikasi tanamduit, lho. Kamu bisa beli emas digital atau kartu emas dengan desain menarik sesukamu dengan harga terjangkau! Ada produk Emas Suka-Suka (PT ANTAM) mulai dari Rp10 ribu atau Koleksi Emasku (BIGGOLD) mulai dari 0,1 gram. Kenali perbedaan kedua produknya melalui gambar berikut.

perbandingan-koleksi-emasku-vs-emas-suka-suka

Mulai investasi emas di tanamduit mudah dan aman, bukan? Yuk, download aplikasi tanamduit sekarang dan capai tujuan investasimu!

tanamduit Team
tanamduit Team

tanamduit adalah aplikasi investasi dengan beragam produk seperti reksa dana, SBN, emas dan asuransi. tanamduit telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile