Home » Apakah Sekarang Saatnya Beli Reksa Dana Saham atau Tunggu Harga Turun Lagi?

Apakah Sekarang Saatnya Beli Reksa Dana Saham atau Tunggu Harga Turun Lagi?

oleh | Apr 14, 2020

tanamduit.com. Banyak yang bertanya apakah sekarang saatnya membeli atau menambah investasi di reksa dana saham atau nanti saja menunggu harga-harga saham turun lagi sampai ke dasarnya? Sejak awal tahun 2020 sampai dengan 10 Maret 2020 IHSG sudah turun sekitar 26%, LQ45 dan IDX 30 turun sekitar 30%, apakah sudah saatnya naik kembali atau masih ada penurunan lagi?

Ini adalah pertanyaan yang bagus dan wajar. Untuk mencari jawaban pertanyaan ini yuk kita lihat dan pelajari apa yang sudah dilakukan oleh salah seorang investor paling sukses di seluruh dunia, Warren Buffet.

Apa advise beliau pada saat pasar sedang jatuh atau crash?

Jangan pernah memperkirakan kapan saatnya harga-harga saham ada di titik paling rendah

Beliau tidak melakukan hal itu, sebaliknya beliau mengerahkan enerjinya mencari “good business at good prices”. Warren Buffet bukanlah seorang investor yang ahli memastikan kapan waktunya harga-harga saham berada di titik terendah tetapi beliau sangat ahli mencari dan mendapatkan bisnis berkwalitas tinggi yang harganya masih rendah. Lebih jauh lagi keputusan-keputusan beliau untuk menghindari “timing the market” justru menjadi kunci utama dalam memilih saham dan/atau reksa dana.

Jangan menyianyiakan kesempatan baik untuk membeli

Salah satu masalah utama dari kebanyakan investor adalah sibuk memperkirakan kapan waktunya harga-harga saham ada di titik terendah sebagai strategi investasinya. Ini adalah suatu hal yang sangat sulit dilakukan (jika tidak ingin disebut sebagai tidak mungkin dilakukan), bahkan oleh seorang investor kelas dunia seperti Warren Buffet. Yang perlu dilakukan oleh investor adalah memanfaatkan sudah rendahnya harga-harga saham, bahkan sudah dinilai “undervalued”, sebagai kesempatan untuk membeli saham-saham atau reksa dana saham, khususnya yang berisi saham-saham perusahaan yang kwalitasnya sangat bagus. Salah satu advise Warren Buffet yang terkenal adalah: “Be fearful when others are greedy and greedy when others are fearful”, takutlah pada saat orang-orang sedang serakah dan serakahlah pada saat orang-orang sedang ketakutan.

Jadi apakah saatnya sekarang membeli reksa dana saham atau tunggu lagi di harga yang lebih rendah?

Turunnya IHSG, LQ45, IDX30 dan indeks-indeks harga saham lainnya yang sudah sangat dalam sejak bulan Februari yang lalu, jangan dipusingkan apakah saat ini harga saham sudah di level terendah atau belum, ini adalah saat yang sangat baik untuk berinvestasi di reksa dana berbasis saham dibandingkan dengan sebelum bulan Februari karena harga-harga saham dinilai sudah sangat undervalued. Dalam jangka panjang, berinvestasi pada saat trend turun seperti yang terjadi saat ini akan menghasilkan return investasi yang maksimal.

Apa yang harus dilakukan?

Yang pertama adalah memiliki horizon investasi setidak-tidaknya 3 tahun. Kenapa? Dampak wabah Covid-19 cukup besar terhadap perekonomian secara global dan nasional. Pemerintah, korporasi dan pengusaha memerlukan waktu untuk kembali pulih seperti sebelum terjadinya wabah. Dalam 3 tahun harga-harga saham yang tercermin dalam IHSG memiliki waktu yang cukup untuk kembali ke level 6.300 atau tumbuh lebih dari 30% dari level yang ada saat ini.
Yang kedua berinvestasilah pada reksa dana saham yang memiliki track record atau rekam jejak yang panjang dan kinerjanya tidak jauh berbeda dengan tolok ukurnya. Pilihan lainnya dapat berinvestasi di reksa dana indeks, antara lain Reksa Dana Indeks IDX30, Sri Kehati atau MSCI Indonesia Value Index Fund.

Jangan ketinggalan, ayo buka aplikasi tanamduit, cek reksa dana saham yang cocok untukmu dan segeralah berinvestasi.

#reksadanatanamduit
#timetobuy

banner-download-mobile