Home » Viral Babi Ngepet di Depok, Ini Cara Lain Untuk Jadi Kaya!

Viral Babi Ngepet di Depok, Ini Cara Lain Untuk Jadi Kaya!

oleh | Apr 30, 2021

Kota Depok memang tidak pernah kehabisan cerita. Beberapa hari belakangan, isu keberadaan babi ngepet di Desa Bedahan, Sawangan, Kota Depok, menghebohkan se-Indonesia. Dilansir dari Kompas, keberadaan babi ngepet di desa mereka kerap meresahkan warga, karena tidak satu dua orang saja yang katanya uangnya dicuri sama si babi ngepet ini.

Mitos babi ngepet sering kali diangkat dalam sinetron-sinetron religi tahun 2000-an yang dikaitkan dengan cara seseorang meraih kekayaan dengan cara yang instan dengan menggunakan ilmu hitam. Biasanya, akan ada dua tokoh utama yang berperan ketika ritual ngepet ini dilaksanakan. Tokoh yang satu menjelma babi dan akan masuk ke rumah orang-orang untuk mencuri uang. Sementara itu, tokoh satunya bertugas menjaga lilin. Kalau-kalau ada sinyal berbahaya berupa api lilin yang bergoyang, si penjaga lilin harus memadamkan api lilinnya, agar babi tersebut kembali ke wujud manusia dan bisa melarikan diri.

 

Babi ngepet via Pixabay

Oke, udah dulu jelasin soal ngepetnya. Siapa sih yang nggak mau kaya? Menjadi kaya mungkin menjadi salah satu mimpi dari banyak orang. Semua orang punya potensi untuk jadi kaya di kemudian hari. Namun, pertanyaannya, bagaimana caranya kita mendapatkan kekayaan tersebut?

Berbagai cara memiliki kekayaan sudah pernah dibahas sebelumnya pada artikel berjudul “5 Cara Jadi  Orang Kaya”. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan semua orang untuk menjadi kaya adalah berinvestasi. Nah, produk investasi apa saja sih yang bisa kamu lakukan untuk membangun kekayaan?

1. Reksa dana

Mutual fund via Freepik

Investasi reksa dana menjadi salah satu investasi yang bisa membantu kamu membangun kekayaan. Terlebih lagi, dengan adanya manajer investasi dari produk reksa dana, kamu tidak perlu repot dan bingung lagi mengalokasikan portofolio investasimu ke perusahaan mana saja. Selain itu, produk reksa dana memiliki beragam pilihan produk yang bisa kamu sesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan finansialmu, baik jangka pendek, menengah, mau pun jangka panjang.

 

2. Surat Berharga Negara (SBN) ritel

Selain berinvestasi pada produk reksa dana, kamu juga bisa diversifikasikan alokasi investasi kamu ke produk SBN ritel. Investasi SBN ritel dinilai banyak orang cocok untuk seseorang yang ingin berinvestasi dengan risiko rendah dengan imbal hasil yang lebih baik dibandingkan menaruh uang kita dalam bentuk deposito. Udah gitu, investasi pada produk SBN ritel sudah dijamin langsung oleh negara. Produk SBN ritel dapat dibeli saat masa penawaran yang telah ditentukan dengan nominal minimum yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan deposito, yaitu Rp1 juta.

 

3. Emas

Gold via Pexels

Sejak zaman nenek moyang kita masih hidup, emas menjadi salah satu aset berharga yang dijadikan investasi. Hal ini dikarenakan emas dipercaya sebagai safe haven, yaitu aset yang diharapkan nilainya tetap atau meningkat saat kondisi pasar sedang bergejolak. Emas bisa kamu jadikan sebagai salah satu alternatif investasi jangka panjang kamu, karena dalam jangka waktu panjang (5—10 tahun) harga emas biasanya akan terus mengalami kenaikan. Dilansir dari CNBC Indonesia, harga emas per gram pada Juli 2017 berkisar Rp400 ribu dan pada Maret  2020, harga emas per gram sudah mencapai Rp900 ribu. Wow, kenaikan nilainya cukup signifikan ya, temanduit!

4. Berinvestasilah ke diri sendiri

 

Self improvement via Pexels

Poin terakhir ini jadi yang terpenting. Nggak ada kata terlambat untuk mempelajari sesuatu, baik pada hal-hal yang kita sukai, mau pun sesuatu yang bisa menunjang karir kita di masa mendatang. Misalnya, kamu adalah seorang pecinta fotografi, investasi yang bisa kamu lakukan adalah dengan membeli kamera dan perlengkapan fotografi lainnya. Kamu juga bisa ikut kursus fotografi sekaligus bergabung dengan komunitas fotografi. Memaksimalkan potensi dan minat bakat kita bisa jadi salah satu sumber penghasilan juga untukmu nantinya lho~ Alhasil penghasilanmu nggak cuma dari satu sumber aja.

Banyak jalan menuju Roma, ada berbagai cara untuk mencapai keinginan kita untuk jadi kaya, salah satunya dengan cara mengalokasikan sebagian gajimu untuk diinvestasikan. Hasilnya mungkin nggak instan kayak mitos babi ngepet yang bisa mendatangkan kekayaan dalam semalam, butuh kesabaran dan konsistensi dalam membangun kekayaanmu dengan investasi.

Selain itu, investasi adalah hal yang mudah untuk dilakukan, nggak perlu nunggu untuk punya banyak uang dulu untuk mulai berinvestasi. Justru, investasi bisa jadi jalan ninjamu untuk menjadikan kamu kaya dan hidup sejahtera di kemudian hari.

Intinya, sabar dan konsisten. Dibandingkan meraih kekayaan instan dengan babi ngepet yang boleh jadi cuma mitos, mending kamu investasi aja di tanamduit! Ada banyak pilihan produk investasi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu mulai dari reksa dana, SBN, sampai emas. Dengan berinvestasi, impian jadi kaya di masa mendatang tentu bisa terealisasi, kan?

 

Penulis: Syafira Maulida

banner-download-mobile