Home » 5 Kebiasaan Kecil Ini Bikin Gaji Kamu Cepat Habis

5 Kebiasaan Kecil Ini Bikin Gaji Kamu Cepat Habis

oleh | Jan 11, 2022

Tanggal gajian selalu menjadi momen yang kamu tunggu-tunggu setiap bulannya. Kamu pasti merasa jadi sultan seketika setelah gajian. Namun, tanpa kamu sadari seminggu atau dua minggu setelah gajian, gaji kamu sudah ludes nggak bersisa. Aduh, kamu pasti pusing banget dong melalui hari-hari sambil menunggu tanggal gajian selanjutnya? Kira-kira kenapa ya gaji kamu cepat habis? Yuk, kita cari tahu sebabnya!

1. Self Reward yang berlebihan

Sehabis uang gajian turun, pasti bermunculan dalam benakmu wishlist barang-barang yang ingin kamu beli, entah itu sepatu, tas, kacamata, tiket pesawat untuk liburan, dsb. Kamu ingin membeli salah satu atau beberapa di antaranya sebagai bentuk self reward atas apa yang kamu kerjakan sebulan belakangan. Self reward itu memang penting sebagai wujud apresiasimu pada diri sendiri, tapi kalau kebablasan bisa membuat gaji cepat habis, lho, temanduit.

Self reward yang berlebihan contohnya gini, misalnya bulan ini kamu berencana untuk mengapresiasi diri kamu dengan liburan ke Bali. Biaya tiket pulang-pergi (PP) dan akomodasi di sana menghabiskan hampir setengah gaji kamu. Otomatis, gaji kamu cepat habis dan selesai liburan kamu harus menekan kebutuhan sehari-hari kamu sebelum menerima gaji lagi di akhir bulannya. Nggak enak banget, kan?

Nah, kalau begitu, akan lebih baik kalau self reward ini terencana. Kamu bisa merencanakan dari jauh-jauh hari untuk mengapresiasi dirimu dan mempersiapkan dananya setiap bulan. Jadi, gaji kamu nggak langsung ludes gitu aja.

 2. Jajan kopi, boba, dsb.

Apakah temanduit salah satu dari mereka yang jadi pelanggan setia coffee shop? Sebenarnya, nggak salah sih kalau kamu ingin beli kopi atau menu lainnya di coffee shop. Semisal, kamu mau nongkrong bareng teman atau ada pertemuan sama klien di luar kantor. Akan tetapi, yang jadi masalah adalah ketika kamu tidak sadar bahwa jajan ini sudah menjadi kebiasaan, bahkan kebutuhan. Aku tidak bisa hidup tanpa kopi dan boba~

Tanpa kamu sadari, uang jajan boba kamu bisa jadi faktor penyebab utama gaji kamu cepat habis, lho, temanduit. Misalnya segelas kopi harganya sekitar Rp40 ribu dan kamu rutin membelinya setiap hari. Dalam sebulan, kamu bisa menghabiskan Rp 1,2 juta hanya untuk jajan kopi. Ini baru kopi, lho, belum makan dan kebutuhan lainnya.

3. Beli barang diskon

Beli barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga normal merupakan salah satu cara kita untuk berhemat. Namun, kalau kita tidak bisa memilah mana barang diskon yang benar kita butuhkan dan mana yang karena kalap liat harga murah, bisa-bisa bikin gaji kamu cepat habis lho, temanduit. Misalnya, waktu Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tiap tanggal 12 Desember kamu belanja banyak barang tanpa memikirkan barang tersebut benar-benar kamu butuhkan saat ini atau nggak. Mungkin saat itu kamu berpikir barang tersebut di kemudian hari akan kamu butuhkan, tapi kalau pembelian tersebut menghabiskan sebagian besar gaji kamu sebulan, bisa-bisa kondisi keuangan kamu nggak sehat, deh, sampai akhir bulan nanti. Makanya, ada baiknya kamu lebih aware lagi untuk bikin list kebutuhan kamu terlebih dahulu sebelum berburu harga diskon supaya kondisi keuangan kamu tetap sehat.

4. Akun rekening bank terlalu mudah diakses

Tanpa kamu sadari, kemudahan akses m-banking dan digital wallet membuat kita lebih boros lho dalam membelanjakan uang kita. Kamu dengan mudah melakukan transaksi belanja online dengan kedua fitur tersebut. Apalagi, sering kali digital wallet mengadakan promo diskon atau cashback yang menarik dan membuat kamu jadi lebih sering jajan. Akibatnya, gaji kamu cepat habis deh, karena kemudahan akses tersebut.

5. Malas membuat anggaran untuk mencatat kebutuhan

Mungkin akan sulit buat kamu untuk mencatat pengeluaran kamu setiap harinya. Namun, tanpa adanya anggaran sebagai pegangan, pengeluaran kamu bisa nggak terkontrol. Akibatnya, gaji kamu cepat habis, deh. 

Supaya gaji kamu nggak cepat habis, setidaknya kamu perlu nih untuk ngelist apa saja kebutuhan kamu, tagihan-tagihan bulanan yang harus kamu bayar, dan jangan lupa menyisihkan 5—10 persen gaji untuk kamu investasikan di awal. Jadi, pengeluaran bulanan kamu bisa terkendali dan nggak bikin gaji kamu cepat habis deh.

Baca juga: Gaji Pas-pasan Masih Bisa Nabung? Cobain Alokasi Gaji Ini!

Kesimpulan

Nah, kebiasaan kecil mana aja nih yang bikin gaji kamu cepat habis setiap bulannya? Perlu kamu ingat juga yaa, kalau kita nggak cuma hidup di hari ini saja, lho. Makanya, penting buat kamu untuk meminimalisir kebiasaan-kebiasaan kecil di atas supaya keuangan kamu tetap sehat dan kamu bisa hidup dengan nyaman. Selain mengatur prioritas kebutuhan sehari-hari, kamu juga perlu menyisihkan sebagian gajimu untuk kamu tabung dan investasikan untuk mencapai tujuan keuangan kamu di masa mendatang. Tenang aja, melalui aplikasi tanamduit, kamu bisa memilih ragam produk investasi, mulai dari reksa dana, SBN, dan emas yang dapat kamu sesuaikan dengan tujuan keuangan kamu. Yuk, investasi di tanamduit!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile
mulai-tanam-duit
mulai-tanam-duit