Home » Digital Wallet, Teman atau Musuh?

Digital Wallet, Teman atau Musuh?

oleh | Mar 27, 2020

Di jaman yang makin canggih ini, teknologi menjadi sorotan utama sebagai faktor berkembangnya suatu bisnis. Dengan mobilitas yang tinggi, masyarakat memerlukan cara yang lebih praktis dan lebih cepat untuk memenuhi kebutuhannya. Tak salah kalau sekarang ini hampir seluruh bisnis menggunakan basis aplikasi untuk membantu meningkatkan penjualan.

Sebut saja salah satunya yaitu teknologi digital wallet atau dompet digital diantaranya DANA, OVO, GoPay, LinkAja, dan channel pembayaran digital lainnya. Tahukah kamu? Dari data yang dihimpun liputan6.com bahwa telah ada 38 e-wallet yang terdaftar di Bank Indonesia dengan total transaksi mencapai 21 T. Nilai ini diprediksi akan terus meningkat hingga 2023 menjadi 355 T. WOW!

Bagi pengguna, digital wallet bisa memiliki 2 dampak bisa positif atau negatf, bisa jadi teman atau musuh. Loh kok bisa gitu? Let’s confirmed these things below!

 

Digital Wallet Temanku!

Kehadiran digital wallet tentu sangat membantu kita sebagai pengguna untuk memiliki alternatif channel pembayaran. Selain memudahkan, dompet digital ini juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti :

    • Banyak Promo

      Ini dia yang dicari oleh masyarakat terkhusus kaum millennials. Siapa sih yang gak mau dapat diskon ?? Para pelaku digital wallet menggunakan strategi promo ini untuk menarik customernya. Dan YA Benar saja! Berapa dari kamu yang berlomba-lomba membandingkan promo dari dompet digital mana yang lebih besar ?

  1.  

    • Mudah di akses

      Buat kamu yang males bawa dompet kemana-mana, digital wallet jadi penyelamat. Cukup bawa smartphone, tinggal tapped dan semuanya terbayar. Kalau saldo kurang? Tinggal isi melalui m-banking. Kemudahan inilah yang sangat diperlukan masyarakat.

Tapi… Bisa Jadi Musuh Loh

Ssttt dibalik manfaat ternyata ada beberapa hal yang bisa bikin dompet digital berbahaya buat kita.

    • Konsumtif

      Dengan banyaknya promo yang ditawarkan, tidak heran kalau akan cenderung konsumtif dan semakin mudah meningkatkan spending. Hari ini sudah jajan berapa kali hayoo?

  1.  

    • Penyebaran Data Pribadi.

      Semakin banyak data yang kita kirimkan sebagai syarat membuka akun di digital wallet atau aplikasi, maka data pribadi kamu terdaftar di berbagai database. Jadi kamu harus extra hati-hati menjaga smartphone biar tidak hilang, terkena virus apalagi diretas oleh orang tidak bertanggung jawab yaa..

 

 

Jadi, Punya Digital Wallet itu…

Tidak ada salahnya. Asalkan kita bisa menahan diri untuk tidak terbuai dengan promo dan tetap bisa memilah mana kebutuhan dan mana keinginan.

 

Kini, dompet digital juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pembayaran saat investasi. Seperti di tanamduit yang memiliki channel pembayaran melalui GoPay, DANA, dan LinkAja untuk pembelian reksa dana dan produk asuransi. Tentunya adanya digital wallet ini semakin memudahkan kamu loh! Nah kalau kamu gunain digital wallet untuk belanja reksa dana terusss atau beli asuransi malah jauh lebih baik, uangnya dapat dipantau dan pastinya aman dari sekarang hingga nanti.

Pertanyaan terakhir nih, Jadi digital wallet jadi Temen atau Musuh???

Tergantung bijaknya kamu menggunakan!

banner-download-mobile