Home » Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

oleh | Jul 16, 2021

Lakukan 5 kebiasaan sederhana ini untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi!

Situasi yang penuh ketidakpastian akibat pandemi seperti sekarang nggak jarang membuat kesehatan mental orang-orang terganggu. Selama setahun belakangan, kita harus beradaptasi dengan cara hidup baru dengan menerapkan protokol kesehatan dan membatasi diri dari kegiatan-kegiatan sosial yang nggak perlu dengan satu tujuan, saling menjaga satu sama lain. Di sisi lain, situasi pandemi seperti sekarang berhasil membuka mata kita untuk lebih aware dengan kesehatan tubuh. Kita jadi lebih rajin olahraga, minum vitamin, dan jaga pola makan untuk meningkatkan imunitas tubuh supaya nggak gampang sakit. Akhirnya kita tersadar, kalau kesehatan itu mahal harganya, kan?

Kesehatan fisik mungkin sudah checklist, apa kabar soal kesehatan mental?

pentingnya-menjaga-kesehatan-mental

Mental health via Freepik

Nggak cuma kesehatan fisik saja yang perlu dijaga saat pandemi, kesehatan mental juga perlu dijaga, lho. Sebelum memulai pembahasan tentang cara menjaganya, tentu kita harus tahu terlebih dahulu, apa sih kesehatan mental itu? Menurut World Health Organization (WHO) kesehatan mental merupakan keadaan sejahtera, baik secara fisik, mental, dan sosial yang mempengaruhi gimana cara kita membangun relasi sosial, menjaga produktivitas, dan membangun hubungan yang seimbang dengan lingkungan. Kalau sewaktu-waktu kondisi mentalmu terganggu, sedikit banyak akan mempengaruhi kondisi fisikmu, lho.

Dilansir dari Halodoc, American Physcological Foundation pernah melakukan suatu penelitian yang menunjukkan bahwa stres kronis bisa menimbulkan sakit perut dan melemahkan tubuh kita dari waktu ke waktu. Bahkan, emosi negatif lainnya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah fisik lain. Ngeri banget, nggak sih? Nah, makanya, penting banget, kan, buat kamu menjaga kesehatan mentalmu juga, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang. Yuk, kita bahas satu per satu!

1. Eksplorasi diri

kesehatan-mentalCooking via Pexels

Selama pandemi, kita membiasakan diri untuk membatasi kegiatan sosial dengan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Pasti ada rasa jenuh dan lelah berlebih karena keterbatasan tersebut. Sisi positifnya, kamu jadi punya waktu untuk lebih mengeksplor diri kamu, lho. Kamu bisa memulainya dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai atau mencoba sesuatu yang baru, seperti memasak menu favoritmu, coba resep makanan viral di Tiktok, bercocok tanam, dan masih banyak lagi. Dengan banyak berfokus pada dirimu sendiri, kadar stres bisa terkendali dan kesehatan mental kita akan terjaga.

2. Mendengarkan lagu

musik-dan-kesehatan-mental

Listening music via Pixabay

Mendengarkan lagu bisa jadi salah satu cara untuk membangun mood kamu saat beraktivitas, lho. Salah satu ahli psikologi, Emmeline Edwards mengungkapkan bahwa sistem pendengaran kita terhubung langsung dengan sistem motorik, pusat motivasi, dan pengendalian emosi. Beberapa penelitian juga menunjukkan kalau musik dapat membantu seseorang mengurangi stres, kecemasan, dan depresi ringan.

3. Bermedsos dengan positif

kesehatan-mental

Social media positivity via Pexels

Di tengah pandemi seperti sekarang, media sosial menjadi pelarian bagi banyak orang untuk menghilangkan kebosanan. Namun, terkadang media sosial bisa jadi salah satu penyebab tingkat stres kita meningkat dengan masifnya pemberitaan mengenai Covid-19, terlepas berita tersebut fakta atau hanya hoaks. WHO sendiri menyarankan kepada kita untuk tidak terlalu banyak mengakses berita tentang pandemi, karena dapat membuat kita makin stres dengan keadaan.

Sebaiknya, kamu jadikan media sosial kamu sebagai sarana hiburan. Kamu bisa mengakses hal-hal yang kamu sukai seperti menonton video lucu, film, tutorial masak, dsb. Menonton konten yang menghibur bisa menaikkan mood kamu dalam menjalani keseharian, lho.

4. Jaga relasi dengan keluarga dan teman

kesehatan-mental Video conference via Pixabay

Keterbatasan ruang gerak sosial karena pandemic mengakibatkan kita tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan keluarga dan teman-teman kita. Untungnya, kita hidup di era modern yang memungkinkan kita untuk tetap bisa menjalin komunikasi secara virtual melalui voice call, video call/conference, dsb. Dengan berinteraksi secara virtual, kita tetap dapat bersilaturahmi tanpa harus meninggalkan rumah dan kesehatan mentalmu tetap terjaga, karena kamu tidak akan merasa melalui semua ini sendirian.

5. Menjaga kesehatan finansial

sehat-finansial-sehat-mental

Finance via Freepik

Aspek finansial merupakan main issue yang jadi keresahan banyak orang sejak tahun lalu, saat pandemi Covid-19 melanda. Nggak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan, terkena kebijakan pengurangan gaji, dan kesulitan mendapatkan pekerjaan. Makanya, nggak heran kalau kesehatan mental kita akan terganggu, karena stres memikirkan biaya kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, situasi pandemi seperti sekarang memberikan pelajaran berharga kepada kita agar dapat mengelola keuangan dengan lebih baik. Mulailah dengan membuat perencanaan keuangan sederhana yang bisa jadi pegangan kamu setiap menerima gaji. Jangan lupa alokasikan sebagian gajimu untuk dana darurat dan investasi. Keadaan memang tidak menentu, tetapi kamu harus tetap mempersiapkan dana untuk tujuan-tujuan keuanganmu di masa mendatang, kan?

Kondisi finansial yang sehat membuatmu menjalankan hidup dengan nyaman dan kondisi kesehatan mentalmu tetap terjaga.

Nggak bisa dipungkiri kalau situasi pandemi mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan kita. Salah satunya adalah kesehatan, baik kesehatan fisik mau pun mental. Kebiasaan-kebiasaan sederhana di atas mungkin bisa membantu menjaga kesehatan mental kamu di tengah pandemi. Stay safe dan tetap taati protokol kesehatan, ya. Kalau bukan diri kita yang menjaga kesehatan fisik dan mental sendiri, siapa lagi?

 

Penulis: Syafira Maulida

banner-download-mobile