Home » 4 Cara Mengatur Gaji Bulanan Agar Uangmu Tidak Cepat Habis!

4 Cara Mengatur Gaji Bulanan Agar Uangmu Tidak Cepat Habis!

oleh | Jan 4, 2022

Sebelum menghabiskan gaji bulanan untuk memenuhi wishlist-mu, kamu harus mengetahui cara mengatur gaji bulanan agar uangmu tidak cepat habis. Setelah menerima saldo rekening saat gajian, kamu harus mengelola alokasi dana bulanan sehingga konsumtif membeli barang yang tidak penting. Seringkali, kamu tidak sadar mengeluarkan dana secara implusif. Agar tidak ‘kebobolan’ lagi, simak tips berikut, yuk!

Cara Mengatur Gaji Bulanan

1. Cek Lagi Barang yang Mau Dibeli

Sebelum berbelanja, kamu bisa siapkan to-buy-list barang-barang incaran. Namun, kamu harus memastikan bahwa daftar belanja tersebut memang penting untuk dibeli. Seringkali, kamu tidak membutuhkan barang tersebut. Misalnya, kamu berencana membeli kemeja karena stok baju di rumah sudah lusuh. Saat belanja di mall, kamu justru membeli jam tangan favorit yang lagi diskon. Jadi, budget belanja kemeja habis untuk membeli jam tangan baru. Padahal, kamu membutuhkan kemeja baru.

2. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Banyak orang memilih belanja pakai kartu kredit untuk beli barang atau belanja kebutuhan bulanan. Namun, kamu harus hati-hati dan bijak dalam menggunakannya secara berlebihan. Sistem belanja “bayar belakangan” atau buy now, pay later di berbagai toko online maupun offline membuat kamu sering implusif dalam berbelanja.

Jangan sampai kamu mengeluarkan banyak uang bulanan untuk membeli barang yang kurang penting hingga kesulitan memenuhi tagihan kartu kredit. Di samping itu, bunga kartu kredit yang cukup besar sekitar 3-4% per bulan dapat membuat kamu kewalahan untuk membayarnya. Jadi, kamu perlu batasi penggunaan kartu kredit setiap bulan dan menggunakannya dengan bijak.

3. Manfaatkan Promo Untuk Belanja Kebutuhan

Saat ini, berbagai toko online maupun offline sering menawarkan berbagai promo menarik. Kesempatan ini sangat bagus untuk kamu yang ingin berbelanja dengan hemat. Kalau ada barang yang mau dibeli, kamu bisa browsing atau cari promo barang tersebut. Umumnya, promo setiap toko itu dapat berbeda. Hal itu bergantung pada jumlag pembelian dan metode pembayarannya.

Misalnya, kamu ingin membeli kemeda dan celana kantor. Rupanya, kamu akan mendapatkan diskon kalau melakukan  pembayaran dengan dompet digital tertentu. Jadi, kamu dapat menghemat pengeluaran dengan memanfaatkan promo menarik.

4. Menabung dan Berinvestasi Di Awal Terima Gaji Bulanan

Kegiatan menabung dan investasi menjadi salah satu cara mengatur gaji bulanan yang efektif. Setiap kamu menerima gaji bulanan, kamu dapat langsung mengalokasikan dana tabungan dan investasi. Jadi, kamu tidak akan menghabiskan gaji bulana untuk membeli barang yang kurang penting. Aktivitas positif ini juga bisa membentuk kebiasaan yang baik dalam jangka panjang.

Setiap bulan, kamu dapat menyusun besaran alokasi gaji bulanan. Idealnya,  kamu dapat menyisihkan 5%-15% dari gaji per bulan untuk investasi. Namun, besaran persentasi tersebut dapat berubah, sesuai dengan kebutuhan bulanan dan kemampuan finansial seseorang.

Bagi first jobber yang sulit menyisihkan 15% dapat menyisihkan 5% dari gaji karena gaji yang relatif masih kecil dan banyak keperluan harian yang harus dipenuhi. Jika kamu yang punya gaji dalam jumlah yang lebih besar dan tanggungannya relatif tidak besar, maka kamu dapat sisihkan lebih dari 5% untuk persiapan dana darurat dan kebutuhan lainnya.

Itulah 4 cara mengatur gaji bulanan agar tidak cepat habis. Jika kamu memulai investasi dengan rutin lebih awal, maka kamu akan lebih cepat mencapai tujuan investasimu.

Nah, kamu bisa mulai menginvestasikan sebagian gaji bulananmu di tanamduit. Berbagai instrumen investasi seperti reksa dana, emas, hingga Surat Berharga Negara (SBN) ada di aplikasi tanamduit. Jadi, kamu bisa pilih produk investasi sesuai dengan tujuan investasimu. Yuk, download aplikasi tanamduit, biasakan investasi rutin, dan capai kebebasan finansial!

tanamduit Team
tanamduit Team

tanamduit adalah aplikasi investasi dengan beragam produk seperti reksa dana, SBN, emas dan asuransi. tanamduit telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile