Home » 5 Keuntungan Investasi Emas, Cocok Untuk Investasi Jangka Panjang

5 Keuntungan Investasi Emas, Cocok Untuk Investasi Jangka Panjang

oleh | Des 6, 2020

Investasi emas menjadi salah satu pilihan instrumen investasi yang menawarkan berbagai keuntungan.  Instrumen investasi ini juga sangat ramah pemula dan cocok untuk investasi jangka panjang. Jika kamu ingin mempersiapkan biaya pendidikan, membayar down payment (DP) atau beli rumah, maupun dana untuk pensiun, maka jenis investasi ini menjadi pilihan yang tepat. Ingin tau keuntungan lainnya? Yuk, simal penjelasan berikut.

1. Proses Beli Emas Yang Cukup Mudah

Pada 10 tahun yang lalu, seorang investor hanya dapat membeli emas di toko emas dan broker emas. Sekarang, semua orang dapat membelinya secara online melalui aplikasi digital di smartphone dengan mudah dan praktis.

Dalam satu aplikasi, seseorang dapat melakukan transaksi jual-beli emas dengan mudah dan cepat. Pembelian dan penjualan emas digital bersifat likuid sehingga investor dapat lebih mudah melakukan transaksi melalui aplikasi investasi. Prosedur transaksi jual-beli emas pun sangat sederhana dan user friendly.

Investor dapat membeli dan mencetak emas mulai dari satuan yang sangat kecil, yaitu 0,1 gram. Di aplikasi tanamduit, kamu juga dapat membeli emas digital hingga mencetak emas yang akan dikirim ke alamatmu. It’s a very easy buying process, isn’t it?

2. Nilai Emas Selalu Naik Dalam Jangka Panjang

 

 

 

 

 

 

Secara umum, harga emas berfluktuasi sehingga harga emas naik turun. Namun, pergerakan harga emas tidak fluktuatif seperti harga saham (tercermin di kurva IHSG). Instrumen investasi ini memiliki nilai yang tinggi di atas inflasi dalam jangka panjang.

Saat harga saham sedang turun drastis, harga emas justru naik secara signifikan. Hal ini juga berlangsung di awal masa pandemi tahun 2020. Pada situasi tersebut, IHSG turun lebih dari 30% di Kwartal 1, sedangkan harga emas justru naik. Selain nilainya naik dalam jangka panjang, emas dapat juga diandalkan sebagai “hedge instrument” atau instrumen lindung nilai atas portofolio saham.

3. Harga Yang Terjangkau

 

 

 

 

 

 

 

Untuk memulai investasi, kamu tidak harus menjadi orang yang “tajir melintir” dulu untuk membeli emas. Saat ini, harga emas pun cukup terjangkau. Menurut data di situs Logam Mulia per tanggal 5 Januari 2022,  harga 1 gram emas sebesar Rp940.000,00.

Di samping itu, investor pemula juga dapat membeli emas secara digital di berbagai aplikasi penyedia layanan investasi emas. Aplikasi tanamduit memungkinkan investor pemula berinvestasi mulai dari 10 ribu, lho! Jadi, kamu dapat mulai investasi sesuai dengan kemampuan finansialmu.

4. Dapat Dilakukan Secara Rutin Menerapkan Strategi Dollar Cost Averaging

 

 

 

 

 

 

Sekarang, seorang investor emas tidak harus membeli emas 1 (satu) gram emas. Dengan dana yang terbatas, kamu dapat menginvestasikan mulai dari 10 ribu untuk membelinya. Misalnya, kamu berinvestasi Rp100.000,00 dan kamu sudah dapat membelinya. Jadi, kamu dapat membeli emas secara rutin  setiap bulan dengan jumlah uang yang sama. Metode investasi ini merupakan metode Dollar Cost Averaging.

Kamu tidak perlu mempedulikan harga emas naik atau turun. Setiap bulan, kamu harus tetap disiplin dalam menginvestasikan sebagian penghasilan untuk membeli emas. Agar konsisten menabung emas, kamu dapat membuat perencanaan dana alokasi investasi emas.

5. Diversifikasi Investasi

Dalam kegiatan investasi, seorang investor tentu berhadapan dengan risiko kerugian. Adanya volatilitas atau fluktuasi pergerakan nilai investasi berpengaruh terdahap risiko turunnya harga sebuah instrumen investasi. Seringkali, risiko investasi ini berlangsung dan tidak dapat dihindari  terjadi.

Namun, seorang investor dapat mengurangi risiko tersebut dengan  mendiversifikasikan investasi ke dalam berbagai instrumen investasi. Jadi, saat kamu berinvestasi reksa dana, kamu juga dapat mengalokasikan dana investasi ke emas. Jika salah satu instrumen investasi mengalami penurunan nilai, maka emas dapat mengurangi risiko kerugian. Adanya pergerakan nilai emas yang cenderung selalu naik juga mendukung instrumen investasi emas sebagai diversifikasi investasi.

Itulah keuntungan investasi emas yang harus kamu ketahui. Sekarang, kamu bisa mulai investasi emas digital maupun cetak di aplikasi tanamduit dengan mudah dan aman karena memiliki izin dan diawasi oleh OJK. Bahkan, banyak pilihan kartu emas cetak dengan beragam desain menarik. Selain berinvestasi, kamu juga bisa sekaligus koleksi kartu emasnya. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi tanamduit sekarang!

tanamduit Team
tanamduit Team

tanamduit adalah aplikasi investasi dengan beragam produk seperti reksa dana, SBN, emas dan asuransi. tanamduit telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile