Home » Reksa Dana Saham Mampu Mengalahkan Kinerja IHSG?

Reksa Dana Saham Mampu Mengalahkan Kinerja IHSG?

oleh | Sep 17, 2021

Berdasarkan data Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan bursa hari Jumat, 17 September 2021, kinerja IHSG selama lima tahun terakhir adalah 21,73% (17 September 2016—17 September 2021). Data tersebut menunjukkan bahwa pertumbuhan rata-rata tahunan IHSG (Compounded Average Growth Rate) hanya sebesar 1,09% per tahunnya. Angka tersebut jauh di bawah bunga deposito yang mungkin mencapai 5% per tahun, jika kita menaruh uang di bank secara rutin setiap bulan pada periode yang sama.

Meskipun begitu, ternyata ada beberapa produk reksa dana saham di tanamduit yang kinerjanya melampaui tolok ukurnya, yaitu kinerja IHSG, lho. Berikut adalah beberapa produk reksa dana saham (RDS) di tanamduit yang dalam lima tahun terakhir selalu mengalahkan IHSG sebagai tolok ukur kinerjanya.

reksa-dana-saham

Umumnya, RDS yang kinerjanya dapat mengalahkan IHSG adalah reksa dana yang dikelola aktif oleh perusahaan manajer investasinya. Tim manajer investasi aktif melakukan analisis ekonomi makro secara regular, misalnya mengamati pergerakan inflasi, tingkat suku bunga, nilai tukar, dan indikator ekonomi makro lainnya yang mencakup skala nasional mau pun global.

Selain itu, mereka juga mempelajari pergerakan sektor-sektor ekonomi yang dipengaruhi oleh pergerakan ekonomi makro. Sebagai contoh saat pandemi Covid-19 melanda pada awal kuartal pertama tahun 2020 membawa dampak yang signifikan pada kondisi ekonomi dan bisnis di Indonesia. Terlebih lagi, pada saat itu kebijakan lockdown diberlakukan yang mengakibatkan perekonomian lumpuh, terutama pada beberapa sektor seperti transportasi, properti, dan pariwisata.

Untuk menjaga kinerja produk RDS yang dikelolanya, para manajer investasi secara aktif akan mengurangi atau menjual saham-saham yang masuk dalam sektor tersebut. Sebagai alternatif, mereka akan membeli saham-saham di sektor kesehatan melihat angka permintaan terhadap obat-obatan, alat kesehatan, dan jumlah pengunjung rumah sakit terus meningkat.

Tidak banyak produk reksa dana saham yang dikelola secara aktif dapat mengalahkan IHSG sebagai tolok ukurnya. Oleh karena itu, penting untuk para investor untuk mempelajari terlebih dahulu track record dari tiap produk reksa dana saham yang ada di tanamduit. Kamu dapat mengecek track record produk reksa dana saham pada fund fact sheet (FFS) yang dapat diakses di aplikasi. Selain itu, kamu juga bisa membandingkan profil dan kinerja dari masing-masing reksa dana saham menggunakan fitur bandingkan, lho, di aplikasi tanamduit. Melalui fitur tersebut kamu bisa membandingkan tiga reksa dana saham sekaligus dan melihat kinerja produk s.d. 10 tahun terakhir.

 Penulis: Muhammad Hanif

 

banner-download-mobile