Home » tanamduit Outlook 14 Desember 2020 – Spring in December

tanamduit Outlook 14 Desember 2020 – Spring in December

oleh | Des 15, 2020

Halo #temanduit!

Yes. Indeks pasar saham sudah mencapai 6.000! Pada penutupan Senin (14/12), IHSG berada di level 6.012. Hal ini berarti prediksi tanamduit pada kuartal kedua yang mengatakan Indeks bisa mencapai 5.500-6.000 tidak meleset dan benar tercapai di bulan Desember ini, bahkan sudah tercapai sebelum tahun 2020 berakhir.

Tema kita minggu ini adalah Spring in December, yaitu musim semi telah hadir pada bulan Desember ini; musim semi yang mengakhiri musim gugur dan musim dingin menjadi analogi pasar saham kita di tengah pandemi Covid-19. Musim semi merupakan musim yang romantic, and everyone is smiling. tanamduit juga melihat di tengah musim semi ini, ‘bunga-bunga’ sedang bermekaran yang berarti kita sedang menuju pertumbuhan yang lebih besar lagi.

Kapankah ini akan terjadi? Tentunya di tahun 2021.

Outlook ke depan tidak berubah. Negara maju akan tetap berada di tren suku bunga rendah ditambah dengan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dari negara-negara berkembang, salah satunya Indonesia, pasca pandemi Covid-19. Investasi akan masuk dari negara-negara maju ke negara berkembang. Capital will flow to Asia. Beberapa highlight-nya bisa kita simak seperti di bawah ini.

Kepercayaan Pasar Telah Kembali, Meski Angka Covid Masih Tinggi

Angka positif Covid-19 masih cukup tinggi di kebanyakan negara-negara di dunia, khususnya Amerika Serikat dan Eropa. Di Indonesia juga masih terjadi hal yang serupa. Angka kasus positif Covid-19 dan kenaikannya dapat dilihat di sini. Kepercayaan pasar terus meningkat, terlebih lagi ketika hadir kabar tentang kepastian adanya vaksin.

Minggu lalu, Indonesia sudah kedatangan 1,2 juta dosis vaksin Covid-19. Jawa dan Bali menjadi prioritas program pemberian vaksin oleh pemerintah melihat angka positif yang tinggi dan multiplier effect yang ada. Secara total, Indonesia telah mengamankan 3 juta dosis vaksin. Lalu, sisanya sebesar 1,8 juta dosis akan hadir ke tanah air di bulan Januari 2021.

 

IHSG Bisa ke 7000 di Tahun 2021

tanamduit melihat tahun 2021 akan menjadi tahun yang sangat membahagiakan bagi para investor, tanamduit memiliki prediksi IHSG bisa mencapai level 7.000. Bukan tanpa alasan yah. Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan Indonesia pada 2021 bisa mencapai 5,80%. Pemulihan ekonomi pada tahun depan akan didorong oleh peningkatan kinerja ekspor yang diperkirakan semakin membaik, ditambah dengan konsumsi yang meningkat pula dari masyarakat dan juga pemerintah setelah tertekan pada tahun 2020 ini. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi ini dibandingkan dengan level normal pertumbuhan Indonesia di level 5%-an bawah dapat mendorong IHSG tumbuh lebih tinggi ke level 7.000 dari level 6.000 di tahun ini.

 

Asing Mulai Tertarik untuk Masuk Lebih Besar ke Indonesia

Dengan adanya UU Omnibus Law Cipta Kerja, tanamduit melihat regulasi ini merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan iklim investasi ke negara Indonesia. Pemerintah juga terlihat sangat serius dalam melihat potensi ini demi peningkatan ekonomi Indonesia yang lebih tinggi lagi. Jumat lalu (11/12), Presiden Joko Widodo menghubungi Elon Musk Founder dari SpaceX dan Tesla, melanjutkan perbincangan sebelumnya terkait pembangunan pabrik baterai listrik di Jawa Tengah. Hal ini ditanggapi baik oleh Elon Musk dengan rencana mengirimkan tim ke Indonesia di bulan Januari untuk mempelajari tawaran kerja sama yang ada.

Indonesia merupakan salah satu produsen terbesar di dunia dari tembaga, nikel, dan timah. Mobil listrik menjadi tren ke depan dalam jangka panjang dalam industri otomotif di tengah semangat global menuju tren green energy. Dalam manufaktur mobil listrik, pembuatan baterai-nya menjadi bagian yang sangat krusial. Indonesia sangat kaya akan tembaga, nikel, dan timah yang merupakan bahan dasar dalam produksi baterai listrik sehingga sangat diuntungkan di sini. Selain Tesla, Hyundai dari Korea Selatan sudah menandatangani kesepakatan investasi untuk pembangunan pabrik mobil di Indonesia. Nilai investasinya sebesar 1,55 Miliar Dollar.

 

IHSG sudah mencapai hasil prediksi tanamduit di 6.000 tahun 2020 ini. tanamduit melihat kepercayaan pasar sudah kembali dan dengan outlook di tahun 2021 semakin membaik akibat pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi serta investasi dari luar Indonesia yang akan masuk. Target IHSG di 2021 berada di level 7.000.

Musim semi sudah hadir, mengakhiri badai akibat pandemi Covid-19. Investor masih memiliki peluang yang sangat baik dengan potensi kenaikan yang ada di tahun 2021. Investor bisa menempatkan dana investasinya di risky asset seperti reksa dana saham yang dapat dimiliki melalui tanamduit.

 

Berdasarkan ulasan Ferry Latuhihin (Chief Economist tanamduit)

Kontributor: Pajar Huzaifah 

banner-download-mobile