Home » tanamduit Outlook 15 Maret 2021 – IHSG Berpotensi ke 7.000 di Kuartal 3?

tanamduit Outlook 15 Maret 2021 – IHSG Berpotensi ke 7.000 di Kuartal 3?

oleh | Mar 16, 2021

Halo, temanduit!

tanamduit Outlook kali ini mengangkat topik hangat yang menarik untuk dibahas, yaitu potensi IHSG akan mencapai level 7.000 lebih awal, tepatnya pada kuartal ketiga tahun 2021 nanti. Per hari ini, (15/3), IHSG ditutup pada level 6.300-an. Kelancaran distribusi vaksin Covid-19 menjadi salah satu indikator utama perubahan angka-angka ekonomi yang berpengaruh pada kondisi pasar. Angka-angka ekonomi yang akan keluar pada bulan April nanti sedikit banyak akan memberikan gambaran possible atau tidaknya IHSG mencapai level 7.000 bulan Juli nanti.

Berikut sentimen perekonomian yang mempengaruhi kondisi pasar seminggu belakangan:

 

Inflasi terkendali, pertumbuhan ekonomi terjaga

Inflasi tidak akan terjadi di tahun ini, karena angka pengangguran di AS masih tinggi. Dilansir dari Investing.com angka pengangguran di AS alami kenaikan dari yang 5,2% ke angka 5,5%. Stimulus kas yang diberikan pemerintah AS, tidak serta-merta langsung mendongkrak demand (angka agregat permintaan). Taper tantrum yang dikhawatirkan diprediksi tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

 

Asia sebagai mesin pertumbuhan ekonomi global

Secara global, pertumbuhan ekonomi dunia akan mempengaruhi kondisi pasar di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi dunia yang sangat positif ditandai dengan positifnya pertumbuhan ekonomi Tiongkok, yaitu sebesar 2,3% di tahun 2020 dan diperkirakan dapat mencapai 8,4% di tahun 2021. Selain itu, kenaikan harga minyak dunia yang menandakan naiknya permintaan minyak karena naiknya produksi barang dan stimulus ekonomi AS yang terus dijalankan akan mempercepat pemulihan perekonomian dunia. Beberapa tahun ke depan, negara-negara di Asia diprediksi akan memegang peranan penting dalam perekonomian dunia.

 

Perfect timing untuk berinvestasi di saham & reksa dana saham

Pada tahun 2022 nanti, pandemi Covid-19 diprediksi akan mereda apabila vaksin dapat terdistribusikan sesuai rencana. Sebagaimana sudah disinggung pada tanamduit Outlook beberapa minggu belakangan, penurunan kasus Covid-19 menjadi game changer bagi perekonomian dan kondisi pasar modal.

Semisal angka-angka ekonomi Indonesia terus melampaui ekspektasi, maka IHSG akan terus alami tren kenaikan. That’s why, Chief Economist tanamduit, Profesor Ferry Latuhihin optimistis IHSG akan mencapai level 7.000 lebih awal, yakni pada kuartal ketiga tahun ini (Juli 2021)

 

So, this is the year of risky assets, fellas! Kalau ditanya strategi investasi terbaik tahun 2021 ini, jawabannya adalah dengan menambah portofolio kita di risky asset seperti reksa dana saham. IHSG diprediksi ke level 7.000 di pertengahan tahun, so, don’t miss the train! Yuk, mulai berinvestasi reksa dana saham di tanamduit!

 

 

Berdasarkan ulasan Ferry Latuhihin (Chief Economist tanamduit)

Kontributor: Syafira Maulida

 

banner-download-mobile