Home » tanamduit Outlook 22 Maret 2021 – April is The Spring Time of Stocks

tanamduit Outlook 22 Maret 2021 – April is The Spring Time of Stocks

oleh | Mar 23, 2021

Halo, temanduit!

Tinggal menghitung hari menuju bulan April. Sebagaimana dikatakan oleh Chief Economist tanamduit, Ferry Latuhihin, bahwa bulan April bagaikan musim semi bagi pasar saham, Hal ini dikarenakan data-data perekonomian akan muncul di bulan April. Berita kelancaran distribusi vaksin di AS dan berbagai negara lain di belahan dunia, termasuk Indonesia menjadi sentimen positif bagi kondisi pasar modal hingga akhir tahun nanti. Perekonomian juga berangsur pulih dan aktivitas perekonomian telah berjalan normal secara kasatmata.

Berikut sentimen perekonomian yang mempengaruhi kondisi pasar seminggu belakangan:

 

Naik-turunnya harga saham mereda, spring time is coming!

Volatilitas yang terjadi pada pasar sekarang juga disebabkan oleh adanya gangguan dari yield di Amerika sehingga pasar obligasi sedang mengalami penurunan. Namun, hal ini akan mereda seiring dengan terbitnya data ekonomi terbaru. April akan menjadi musim semi bagi pasar saham, karena akan muncul data-data perekonomian yang cukup krusial. Pasar sedang menunggu momentum pemulihan ekonomi berdasarkan penerbitan laporan keuangan Q1. Pola trending up di pasar modal dan obligasi akan dimulai April ini.

 

Pemulihan ekonomi terus menguat. Indeks saham akan meningkat (bullish) hingga 2023

Angka PMI sejak Desember sudah menunjukkan angka yang positif diatas 50. Bank Indonesia sendiri menyatakan ada kemungkinan angka pemulihan ekonomi Q1 akan pulih melebihi Q4. OECD juga menaikkan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia dari 4% menjadi 4.9%. Hal ini menjadi katalis positif yang menunjukkan ekonomi Indonesia melebihi ekspektasi pasar

Dari sisi eksternal, The Fed memastikan tidak akan merubah suku bunga hingga 2023. Fokus The Fed akan tetap menjaga likuiditas dengan memastikan suku bunga tetap rendah untuk mendorong pemulihan ekonomi yang lebih permanen. Angka inflasi yang sudah mulai naik tidak diiringi dengan penurunan angka pengangguran di Amerika yang masih tinggi di angka sekitar 9%.

 

Distribusi vaksin makin meluas

Vaksinasi Covid-19 tergolong sukses. Sekarang di Amerika distribusinya lancar, bisa 2 juta vaksin/harinya. Di Indonesia juga distribusi vaksinnya lancar dan kurva Covid terus melandai. Indonesia juga menduduki urutan ke-8 di luar negara penghasil vaksin (Amerika, Inggris, China) mengenai keberhasilan distribusi vaksin Covid-19.

Cerita tentang Covid-19 sudah mereda, digantikan dengan pertumbuhan ekonomi yang kembali rebound. Inflasi sejauh ini belum bisa melampaui tingkat produksi, jadi harga-harga juga belum bisa naik. Semua sektor perekonomian akan bangkit ke depannya, termasuk pariwisata.

 

So, it’s the right time to buy! Pada saat kondisi pasar merah (turun), inilah kesempatan kita untuk BUY reksa dana saham yang akan menguntungkan hingga akhir tahun 2021 nanti. Yuk, tambah portofolio reksa dana saham kamu di tanamduit!

 

 

Berdasarkan ulasan Ferry Latuhihin (Chief Economist tanamduit)

Kontributor: Syafira Maulida

 

banner-download-mobile