Home » tanamduit Outlook 5 April 2021 – Keep Buying!

tanamduit Outlook 5 April 2021 – Keep Buying!

oleh | Apr 6, 2021

Halo, temanduit!

IHSG merah membara seminggu belakangan. Pada penutupan hari bursa kemarin (5/4), IHSG berada di level 5.978. Meskipun begitu, Chief Economist tanamduit, Ferry Latuhihin tetap yakin, bahwa indeks diprediksi akan tetap mencapai level 7.000 pada kuartal keempat tahun 2021. It’s time to buy, sebagaimana tema tanamduit Outlook kali ini yaitu, “Keep Buying”. Jadikan momen merah membara ini sebagai kesempatan emas buatmu untuk menambah portofolio investasi kamu di aset berisiko seperti reksa dana saham.

Berikut beberapa sentimen perekonomian yang mempengaruhi kondisi pasar seminggu belakangan.

 

IHSG berdarah-darah, kesempatan emas untuk beli!

Indeks di bawah level 6.000 dinilai sudah undervalue oleh Ferry Latuhihin. Level IHSG yang terus alami penurunan dikarenakan faktor cuci gudang, alias banyak investor yang menjual asetnya. Terlebih lagi, beredar kabar bahwa BPJS-TK mengurangi jumlah investasinya pada instrumen saham. Hal ini cukup mempengaruhi kondisi pasar saham, karena kebanyakan saham yang dimiliki oleh BPJS-TK adalah saham-saham bluechip dan BUMN.

Meskipun begitu, belum ada data makro ekonomi dan korporasi yang menggoyahkan prediksi Ferry Latuhihin mengenai IHSG akan menyentuh level 7.000 pada kuartal 4 nanti. Jadi, buat yang belum menambah lagi portofolio di reksa dana saham, momen ini bisa jadi kesempatan emasmu untuk serok alias keep buying!

Ekonomi terus bangkit

Pertumbuhan ekonomi Amerika diprediksi akan menyentuh angka 6—8% sepanjang tahun 2021 ini. Selain itu, data di lapangan menunjukkan bahwa jalan-jalan sudah kembali padat oleh kendaraan yang menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi telah kembali pulih, khususnya wilayah Jabodetabek sebagai pusat perekonomian di Indonesia.

 

Asia, The Next Superpower!

Kalau pada abad ke-19 adalah masa kejayaan Eropa dengan revolusi industri, abad ke-20 menjadi milik Amerika Serikat dengan adanya revolusi teknologi. Merujuk pada data pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang terus berkembang, Ferry Latuhihin optimis bahwa abad 21 ini, negara-negara di Asia, termasuk Indonesia akan terus bertumbuh pesat perekonomiannya. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara berkembang yang pertumbuhannya paling pesat di dunia. Jadi, sayang banget kalau kita nggak menggunakan momentum sekarang untuk menaruh sebagian aset kita di pasar modal.

 

IHSG yang merah membara bukanlah cerminan dari data fundamental ekonomi dan perusahaan. Faktor utama tertekannya angka IHSG seminggu belakangan tidak lain karena isu terkait BPJS-TK dan sentimen perekonomian lain dari AS. Penurunan level IHSG lebih mencerminkan kepanikan berlebihan para pelaku pasar saham terhadap isu jangka pendek. Jadi, inilah saatnya untuk terus menambah portofolio reksa dana saham kamu. Yuk, berinvestasi reksa dana saham di tanamduit!

 

 

Berdasarkan ulasan Ferry Latuhihin (Chief Economist tanamduit)

Kontributor: Syafira Maulida

 

banner-download-mobile