Home » tanamduit Outlook 7 Juni 2021 – IHSG Masih Berpotensi ke 7.000, karena V-Shaped Recovery

tanamduit Outlook 7 Juni 2021 – IHSG Masih Berpotensi ke 7.000, karena V-Shaped Recovery

oleh | Jun 10, 2021

Market seminggu belakangan seolah kembali bersemi, karena IHSG naik sekitar 4,3% dari level 5.800-an ke angka 6.000-an lagi. Topik hangat pada tanamduit Outlook kali ini adalah potensi IHSG ke level 7.000 tahun ini sebagai salah satu impact positif dari apa yang sering digaungkan oleh Chief Economist tanamduit, Ferry Latuhihin, yaitu V-Shaped Recovery.

Berikut sentimen perekonomian yang mempengaruhi kondisi market seminggu belakangan.

 

1. Pemulihan ekonomi RI ibarat logo Nike

Nike shaped recovery secara konsep mirip-mirip dengan V-Shaped recovery. Dilansir dari CNBC Indonesia pemulihan ekonomi Indonesia setelah kejatuhan ekonomi Maret 2020 lalu akibat pandemi Covid-19 perlahan-lahan menemui titik baliknya. Purchasing Manager Index (PMI) Indonesia, sebagai salah satu indikator penting pertumbuhan ekonomi terus mengalami kenaikan di bulan Mei. Pada bulan Mei kemarin, PMI Indonesia mengalami kenaikan menjadi 55,3, lebih tinggi dibandingkan bulan April, yaitu 54.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia juga diramalkan dapat bertumbuh sekitar 4,3—5,3 persen, bahkan bisa mencapai 5,5 persen, dengan catatan, tidak ada masalah di sektor perbankan. Ferry Latuhihin memprediksi pemulihan ekonomi baru benar-benar dapat dirasakan pada kuartal kedua 2021 ini. Kabar baik seputar pemulihan ekonomi lainnya masih coming soon, menunggu data-data perekonomian kuartal kedua keluar.

 

2. Dua sisi mata uang stimulus perekonomian AS

Stimulus yang digelontorkan Amerika Serikat membuat pemulihan ekonomi menjadi lebih cepat, tapi dapat menyebabkan taper tantrum. Perusahaan-perusahaan di AS kekurangan pekerja, karena kemungkinan stimulus ekonomi buat orang-orang yang nggak punya pekerjaan sudah mencukupi kebutuhan hidup mereka, jadi kemungkinan orang jadi malas untuk cari kerja, deh~

 

3. Strategi Dollar Cost Averaging (DCA) adalah koentji!

Well, di tengah kondisi market yang sideways dan masih cukup volatile, strategi investasi DCA bisa jadi kunci sukses investasi kamu di reksa dana saham. Masuk sedikit-sedikit dengan rutin untuk meminimalisir risiko naik turunnya harga saham sambil nunggu momentum cuan to the moon saat IHSG menyentuh angka 7.000 tahun ini~

 

 

Tenang aja, sekarang masih jadi momentum tepat untuk mulai berinvestasi dan menambah portofolio investasi kamu di reksa dana saham. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, tambah portofolio reksa dana sahammu di tanamduit!

 

 

Berdasarkan ulasan Ferry Latuhihin (Chief Economist tanamduit)

Kontributor: Alvin Darari

banner-download-mobile