Beranda » belajar yuk » EMAS » Apa itu Harga Buyback Emas? Kenali Contohnya yang Wajib Kamu Tahu!

Apa itu Harga Buyback Emas? Kenali Contohnya yang Wajib Kamu Tahu!

oleh | Nov 17, 2023

Apa itu Harga Buyback Emas?

Buyback emas adalah sebuah transaksi menjual kembali aset logam mulia berupa emas batangan, perhiasan, atau jenis logam mulia lainnya. Harga buyback emas mengacu pada perkembangan harga terkini.

Dalam hal ini, investor harus mengikuti perkembangan harga emas terbaru setiap hari. Dengan begitu, kamu bisa mengambil langkah tepat untuk menjual aset logam mulia di waktu yang tepat.

Biasanya, harga pembelian logam mulia lebih besar daripada harga jualnya. Namun, kamu dapat memperoleh keuntungan dari hasil investasi logam mulia dari selisih antara harga beli dan harga jual.

Harga beli adalah harga logam mulia saat investor membelinya dari toko emas. Sementara itu, harga jual adalah harga logam mulia saat investor menjualnya. Jika selisih antara harga beli dan harga buyback emas itu jumlahnya besar, maka kamu akan mendapatkan keuntungan optimal dari hasil investasimu.

Kenapa harga buyback emas lebih murah? Besaran harga buyback emas itu mengacu pada kondisi perekonomian global hingga nilai tukar dolar. Untuk mengetahui grafik harga logam mulia terbaru, investor dapat mengetahuinya melalui berbagai situs perkembangan harga emas.

Selain itu, kamu harus tau cara penghitungannya. Berikut merupakan contoh simulasi penghitungan keuntungan penjualan aset logam muliamu.

Baca juga: Apa Itu Spread Emas? Inilah Fungsi dan Cara Menghitungnya

Contoh Simulasi Hitung Keuntungan dari Harga Buyback Emas

Misalnya, seorang investor ingin menjual asetnya di tanggal 13 Mei tahun 2022. Pada 5 tahun yang lalu, investor itu membeli asetnya dengan harga Rp546.000 per gram pada 16 Mei 2017. Sementara itu, harga buyback emas saat ini sebesar Rp855.000 per gram.

Dalam waktu 5 tahun, selisih harga beli dan harga jual itu sebesar Rp309.000 per gram. Dengan demikian, kamu memperoleh keuntungan dari hasil investasi emas itu sebesar Rp309.000. 

Jika investor membeli aset logam mulia dalam jumlah besar, maka bisa memperoleh imbal hasil yang lebih besar lagi. Hal ini karena logam mulia menjadi instrumen investasi terbaik yang cocok sekali untuk mempersiapkan tujuan finansial dalam jangka panjang.

Terlebih lagi, aset ini memiliki nilai yang cenderung naik setiap tahunnya. Dengan begitu, investor berkesempatan mendapatkan keuntungan optimal dalam jangka panjang lebih dari lima tahun. 

Baca juga: 6 Cara Investasi Emas Bagi Investor Pemula yang Mudah dan Aman

Kesimpulan

Buyback emas adalah kegiatan menjual kembali aset logam mulia. Investor dapat memperoleh keuntungan dari selisih harga beli emas dan harga buyback emas. Dalam hal ini, kamu harus mengetahui perkembangan harga emas terbaru agar dapat memperkirakan keuntungan yang diperoleh dari hasil investasi. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan keuntungan optimal. 

Mulai sekarang, kamu bisa investasi emas dengan modal terjangkau di aplikasi tanamduit. Kamu bisa dapatkan Koleksi Emasku mulai dari 0,1 gram atau Emas Suka-suka mulai dari Rp10 ribu aja, lho. Selain itu, kamu bisa tau update grafik harga emas terbaru di aplikasi tanamduit

Mulai sekarang, kamu bisa investasi emas mulai dari gramasi 0,01 gram. Tenang saja, kami sudah bekerja sama dengan tanamduit, penyedia layanan investasi yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

Jadi, semua produk emas lengkap dengan sertifikasi logam mulia 24 Karat dengan kadar 99,9%. Tunggu apa lagi? Yuk, mulai investasi emas sekarang!

tanamduit Team

tanamduit Team

tanamduit adalah aplikasi penyedia beragam produk investasi reksa dana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan asuransi yang telah berizin dan diawasi oleh OJK.