Home » 3 Jenis Investasi‌ ‌untuk‌ ‌Pemula,‌ ‌Mulai‌ ‌Aja‌ ‌Dulu‌

3 Jenis Investasi‌ ‌untuk‌ ‌Pemula,‌ ‌Mulai‌ ‌Aja‌ ‌Dulu‌

oleh | Des 2, 2021

Ada banyak berbagai jenis investasi. Seringkali, seorang pemula kesulitan untuk memilih investasi dan tidak tahu cara menentukan investasi yang tepat. Kamu penasaran dengan investasi yang cocok untuk pemula? Yuk, simak rekomendasi dan tipsnya di sini!

Tips Memilih Investasi untuk Pemula

Sebelum memulai investasi, kamu perlu perhatikan hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih instrumen investasi yang tepat sebagai berikut.

1. Tentukan Besaran Uang yang akan Diinvestasikan

Pertama, kamu perlu menentukan uang yang akan kamu investasikan. Misalnya, kamu mengalokasikan 10% dari gaji atau pendapatan setiap bulan. Jika kamu akan memulai investasi sedikit, maka pilih instrumen investasi yang memiliki syarat modal awal sedikit. Kamu perlu prioritaskan alokasi gaji untuk investasi, ya! Jangan sampai kamu lupa investasi karena terlalu gak ada sisa dari self reward. Imbal untung investasi itu juga bisa jadi self reward, lho

2. Financial Goals

Selain menentukan besar uang yang dikeluarkan untuk investasi, kamu juga perlu menentukan tujuan investasi. Kamu harus tentukan investasi jangka pendek atau jangka panjang. Misalnya, kamu memiliki tujuan untuk membeli rumah atau apartemen, biaya menikah, dana pensiun, atau mempersiapkan dana darurat. Setelah menentukan tujuan investasi, kamu dapat lebih mudah dalam mengalokasikan dana investasi.

 

Baca juga: Tips Jitu Capai Kebebasan Finansial di Usia Muda

3. Ketahui Risiko Investasi

Tak hanya mengalokasikan dana untuk investasi, kamu juga perlu memperkirakan risiko investasi yang berani kamu ambil. Saat ini, tersedia berbagai instrumen investasi dengan dengan risiko yang beragam. Ada instrumen investasi dengan risiko kecil, tetapi memberikan imbal hasil yang sedikit. Ada pula instrumen investasi dengan risiko besar, tetapi memiliki peluang memberikan imbal hasil (return) yang besar juga.

4. Keuntungan Investasi

Saat memilih instrumen dan aplikasi investasi, kamu perlu mencari tahu keuntungan yang akan kamu dapatkan. Kamu harus memperhitungkan keuntungan yang kamu peroleh sesuai target investasimu. Pilihlah instrumen investasi yang dapat membantu kamu dalam mencapai financial goals kamu. Jangan sampai keuntungan yang kamu dapatkan tidak sesuai dengan tujuan investasi.

3 Jenis Investasi untuk Pemula

Setelah mengetahui tips memilih investasi dan mempertimbangkan hal penting sebelum seorang pemula mulai berinvestasi, kamu bisa lihat beberapa rekomendasi investasi untuk pemula.

1. Reksa Dana

Investasi reksa dana cocok untuk pemula karena menawarkan modal awal yang tidak  besar. Bahkan, kamu bisa mulai berinvestasi reksa dana dengan uang 10 ribu saja. Selain itu, investasi reksa dana juga tepat bagi pemula yang belum memiliki kemampuan analisis pergerakan pasar modal karena ada Manajer Investasi yang akan mengatur alokasi dana investasimu. Jadi, kamu tidak perlu pusing meluangkan waktu untuk menganalisis pasar dalam mengelola dana investasi.

Jika kamu ingin memilih investasi yang memiliki risiko minim, kamu bisa mulai berinvestasi reksa dana pasar uang. Kamu juga bisa memperimbangkan untuk investasi reksa dana saham dengan imbal hasil yang lebih besar tetapi memiliki risiko yang tinggi. Reksa dana campuran juga bisa menjadi salah satu pilihan investasi dengan risiko menengah.

Baca juga: Tutorial Lengkap: Cara Investasi Reksa Dana untuk Pemula

2. Emas

Selain reksa dana dan P2P Lending, emas juga bisa menjadi salah satu pilihan investasimu, lho! Investasi emas cocok sekali menjadi instrumen investasi jangka panjang. Instrumen investasi ini juga cenderung naik, sejalan dengan inflasi. Walaupun harga emas cukup mahal, kamu tetap bisa mulai investasi emas mulai dari 10 ribu, lho! Kamu bisa nabung emas digital hingga investasi emas cetak. Minimum pembelian emas lebih terjangkau dan dapat memudahkan kamu rutin mengalokasikan sebagian pendapatan untuk pembelian emas secara rutin.

3. P2P Lending

Selain reksa dana, investasi Peer-to-peer (P2P) Lending juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk pemula. Melalui aplikasi investasi ini, kamu juga dapat berperan dalam membantu UMKM di Indonesia. Uang yang kamu investasikan akan disalurkan untuk permodalan UMKM. Jadi, para pelaku bisnis dapat memperoleh modal usaha dengan mudah sehingga dapat mengembangkna usaha dengan cepat. Mulai dari 25 ribu, kamu sudah bisa mulai investasi P2P Lending.

Itulah 3 jenis investasi yang cocok untuk pemula. Sebelum mulai berinvestasi, pastikan kamu telah mengetahui tips memilih investasi yang tepat dan sesuai dengan tujuan investasimu. Kamu juga bisa investasi reksa dana di tanamduit mulai dari 10 ribu, lho. Di tanamduit, investasi reksa dana syariah dan investasi emas juga bisa! Nah, sekarang jangan menunda investasi lagi dan mulai dulu aja!

 Penulis: Hani Nastiti

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile