Home » Mitos Asuransi yang Bikin Orang-orang Takut Memulainya

Mitos Asuransi yang Bikin Orang-orang Takut Memulainya

oleh | Nov 6, 2020

Nggak jarang, mitos asuransi berikut masih dipercayai banyak orang, lho!

Kehidupan kita dipenuhi banyak kemungkinan dan risiko ketidakpastian. Sebagai manusia, kita tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa mendatang, entah itu keberuntungan atau nasib buruk sangat mungkin terjadi di hidup kita. Produk asuransi hadir untuk kita jaga-jaga dari situasi yang tidak kita inginkan suatu hari nanti. Jadi, semisal amit-amitnya kamu mengalami situasi yang nggak diinginkan, asuransi kamu yang nanti akan cover biaya tersebut.

Health insurance via Freepik

Kehadiran produk asuransi selama ini masih menuai pro dan kontra lho #temanduit! Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang percaya sama beberapa mitos asuransi. Berdasarkan data hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016,  96,8% masyarakat Indonesia sudah punya tujuan keuangan, tetapi mayoritas hanya untuk jangka pendek, sekadar memenuhi kebutuhan sehari-hari dan bertahan hidup. Nggak heran kalau asuransi bukan menjadi skala prioritas bagi mereka, karena beranggapan masih banyak kebutuhan lain yang lebih penting dari asuransi. Ditambah lagi, mitos asuransi yang beredar dari mulut ke mulut juga masih dipercayai oleh banyak orang.

Apa saja, ya, mitos asuransi tersebut? Yuk, kita simak penjelasannya!

 

1. Pamali berpikir mendahului takdir

Afraid of Fate via Freepik

#temanduit pernah dengar mitos asuransi yang satu ini dari orang tua atau kerabat dekat kalian? Bukan untuk mendahului takdir, pada prinsipnya produk asuransi mengajak kita untuk berjaga-jaga terhadap segala kemungkinan buruk yang dapat menimpa kita di masa depan, entah sakit, kecelakaan, kemalingan, dll. Sebagai manusia, kita ditakdirkan untuk menjalani hidup yang penuh dengan ketidakpastian, sekaligus menggarap nasib. Kamu memilih untuk pasrah dengan apa yang terjadi atau mencari solusi perlindungan yang pasti ketika mendapatkan nasib buruk nanti, nih?

 

2. Produk asuransi diperuntukkan untuk orang kaya saja

Rich man via Freepik

Murah atau mahalnya biaya asuransi itu relatif. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu dengan membaca polis asuransinya. Melalui isi polisnya, kamu bisa tahu manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan membeli produk asuransi. Semakin besar premi yang kamu bayarkan, semakin banyak manfaat yang didapat. tanamduit hadir dengan pilihan produk asuransi kesehatan dan gadget dengan premi tahunan yang terjangkau. Mulai dari Rp50 ribu/tahunnya aja kamu bisa mendapatkan proteksi dari asuransi di tanamduit. Kalau dihitung, per harinya, kamu hanya perlu menyisihkan Rp137 saja!  Lebih murah dari beli sebutir permen kan? Jadi, mitos asuransi yang ini tidak terbukti, ya, #temanduit.

 

3. “Masih muda kali, belum perlu asuransi”

Young people via Freepik

Kondisi sakit, kecelakaan, atau hal nggak enak lain di masa mendatang bukan hal yang bisa kita tahu kapan terjadinya, lho. Mungkin kamu sudah punya rencana hidup sampai umur 50-an, tapi kalau Tuhan berkehendak lain, gimana? Mindset kayak gini nih yang harus kamu hilangkan dari kepala. Padahal, dengan punya asuransi, kalau kamu tiba-tiba jatuh sakit, kamu nggak perlu nanggung semua biayanya sendiri karena ada asuransi yang bisa kamu claim.

 

4. Asuransi itu ribet ngurusnya

Complicated girl via Freepik

Wah, mungkin kamu masih terjebak di kehidupan 20 tahun lalu, kali? Teknologi sudah berkembang pesat. Zaman sekarang, segala sesuatunya ada di genggaman, termasuk mengurus asuransi. Nggak perlu lagi kamu hubungi agen asuransi dan datang ke kantornya. Sekarang, kamu hanya perlu mengaksesnya di ponsel kamu, pakai aplikasi tanamduit. Alasan ribet rasanya sudah basi kali, ya, pada era digital seperti sekarang ini.

 

5. Kan udah ada asuransi dari perusahaan

 

Company insurance via Freepik

Kalau kamu punya mindset seperti ini, coba kamu pikirkan ulang. Apakah selamanya kamu akan bekerja di perusahaan? Gimana kalau misalnya kamu tiba-tiba tertimpa musibah ketika kamu sedang tidak bekerja di perusahaan yang memberi kamu jaminan asuransi? Buang jauh-jauh ya mitos asuransi seperti ini.

Nah, sekarang udah terbukti, kan, kalau mitos asuransi di atas nggak ada yang benar? Bahaya banget kalau mitos-mitos asuransi di atas sampai jadi mindset buat kita. Asuransi nggak selalu harus ribet dan mahal, kok. Melalui aplikasi tanamduit, pilihan produk asuransinya punya manfaat yang oke banget dan tentunya ramah di kantong. Yuk, beli produk asuransi kesehatan dan gadget di tanamduit!

 

Penulis: Syafira Maulida

banner-download-mobile