glossary-kamus-istilah

Daftar Istilah

Istilah APERD dalam reksa dana merupakan tenaga pemasar atau agen penjual reksa dana yang akan memudahkan para investor untuk melakukan investasi reksa dana. APERD adalah bank dan perusahaan sekuritas yang menjual jasa pengelolaan aset investasi dengan bekerja sama dengan manajer investasi. Agen penjual reksa dana dapat berupa manajer investasi, bank, perusahaan sekuritas atau perusahaan finansial dan teknologi atau fin-tech. Perusahaan yang bertindak sebagai agen penjual efek reksa dana harus memiliki surat tanda terdaftar dari OJK.
Asset Under Management adalah total dana investor reksa dana yang dikelola oleh manajer investasi di dalam unit reksa dana. AUM merujuk pada istilah Nilai Aktiva Bersih (NAB) suatu produk reksa dana.
Bank Kustodian adalah bank yang akan mengurus administrasi, mengawasi, dan menjaga aset reksa dana (safe keeping) para investor. Bank ini menyediakan jasa pengawasan dan penjagaan instrumen investasi berupa saham obligasi, dan aset surat berharga lainnya. Selain itu, Bank Kustodian akan mengelola transaksi efek dan melakukan pencatatan setiap kegiatan yang menyangkut manajer investasi dan investor reksa dana.
Biaya Bank Kustodian adalah biaya pengelolaan reksa dana untuk Bank Kustodian yang dibebankan kepada para investor reksa dana. Setiap investor reksa dana melakukan pembelian, biaya yang dikeluarkan sudah termasuk dalam nilai aktiva bersih reksa dana. Jadi, tidak ada biaya tambahan setiap pembelian, penjualan, atau switching unit reksa dana.
Biaya Manajer Investasi adalah biaya pengelolaan reksa dana untuk manajer investasi yang dibebankan kepada investor. Namun, nilai aktiva Bersih di laporan yang terbit setiap hari sudah bersih tanpa biaya lainnya. NAB reksa dana telah dikurangi biaya-biaya pengelolaan manajer investasi. Jadi, tidak ada biaya tambahan setiap pembelian, penjualan atau pengalihan unit reksa dana.
Bullion merupakan istilah dalam investasi emas yang digunakan untuk menyebut produk logam mulia, seperti emas batangan, perak murni atau koin dan produk lainnya.
Istilah COMEX atau commodity exchange dalam investasi emas merupakan salah satu divisi bursa perdagangan komoditas New York Mercantile Exchange (NYMEX) yang terkenal dalam bursa perdagangan metal, seperti emas, perak, tembanga, dan alumunium. Selain COMEX, bursa perdagangan emas internasional terkenal lainnya, antara lain Tokyo Commodity Exchange (TOCOM) dan London Metal Exchange (LME).
Complete Application adalah kondisi saat semua dokumen yang menjadi syarat investasi reksa dana telah lengkap dan proses pembelian, penjualan, atau pengalihan reksa dana berlangsung.
Cut Off Time adalah batas waktu pembelian, penjualan, dan pengalihan reksa dana. Cut Off Time merujuk pada batas waktu penyerahan dokumen atau penerimaan dana pembelian reksa dana.
Dalam investasi emas, dinar digunakan untuk menyebut koin emas yang memiliki tingkat kemurnian emas 22 karat dengan berat 4,25 gram
Dirham menjadi sebutan untuk perak murni yang memiliki berat 2, 975 gram.
Istilah diversifikasi dalam reksa dana adalah tindakan melakukan investasi jenis aset reksa dana yang beragam sebagai langkah manajemen risiko investasi. Dalam melakukan investasi reksa dana, diversifikasi dapat melindungi portofolio investasi reksa dana dari risiko penurunan nilai portofolio investor reksa dana. Investor reksa dana dapat menaruh aset investasi di berbagai jenis reksa dana. Contohnya, kamu menaruh 50% dana investasi di reksa dana saham A dan menaruh sisanya di reksa dana saham B. Suatu waktu salah satu nilai reksa dana saham turun, portofolio reksa dana kamu tidak akan amblas sepenuhnya.
Istilah Dividen dalam reksa dan adalah salah satu hasil investasi atau laba perusahaan yang diterima investor reksa dana. Perusahaan akan memberikan laba kepada investor dapat berupa tunai (cash) atau saham.
Fasilitas early redemption adalah pencairan lebih awal dana investor SBR dan ST. Jadi, meskipun nggak bisa diperdagangkan di pasar sekunder, kamu bisa mencairkan lebih awal kepemilikan SBR dan ST kamu maksimal 50% dari total kepemilikan. Misalnya, kamu punya kepemilikan SBR senilai Rp10 juta, artinya maksimum dana yang kamu bisa cairkan adalah Rp5 juta. Pencairan SBR atau ST dapat dilakukan dalam kelipatan Rp1 juta. Jadi, minimal kamu harus punya kepemilikan SBR atau ST Rp2 juta, kalau mau melakukan early redemption. Kamu bisa mengajukan early redemption pada waktu yang ditentukan.
Nama lain dari emas batangan adalah emas lantakan. Jenis emas batangan atau fine gold ini hanya tersedia dalam 24 karat. Investor emas membeli membeli emas lantakan mulai dari satuan kecil, yaitu 1 gram, 2 gram hingga 1.000 gram atau lebih.
Emas kuning yang dicampur dengan logam berwarna putih menghasilkan emas putih. Adapun campuran logam putih tersebut antara lain, perak, nikel, maupun palladium yang menghasilkan emas putih yang berkilau dan bertahan lama.
Fund Fact Sheet adalah laporan kinerja bulanan reksa dana yang wajib diterbitkan oleh Manajer Investasi yang merangkum informasi kinerja reksa dana hingga biaya pengelolaan reksa dana. Fund Fact Sheet menjelaskan biaya minimum pembelian atau penjualan dan kinerja unit reksa dana yang dibebankan kepada investor reksa dana. Fund Fact Sheet menjadi tolok ukur kinerja reksa dana yang dapat membantu investor dalam mencari produk reksa dana sebelum membuat keputusan berinvestasi.
Fine Ounce memiliki nilai yang sama dengan kemurnian emas minimal 99.5%.
Dalam perdagangan emas, fineness dapat mengukur tingkat kemurnian suatu emas. Umumnya, satuan fineness menggunakan persentase. Sebagai contoh, emas murni hasil produksi PT Aneka Tambang Tbk. Mempunya tingkat kemurnian tinggi mencapai 99,9% secara fineness.
Berbeda dengan floating with floor, kupon fixed rate merupakan jenis kupon yang imbal hasilnya tetap dari awal sampai jatuh tempo nantinya. Misalnya, saat dirilis telah ditetapkan kupon sebesar 5,7% per tahun, maka besaran kupon tersebut akan tetap 5,7% sampai jatuh tempo. SBN ritel yang imbal hasilnya fixed rate, yaitu Sukuk Ritel (SR) dan Obligasi Negara Ritel (ORI).
Floating with floor berarti kupon yang mengambang dengan batas minimal. Maksudnya begini, imbal hasil yang kamu dapat dari investasi SBN bisa berubah-ubah mengikuti tingkat suku bunga Bank Indonesia (BI 7 Day Repo Rate). Terus gimana dong kalau sewaktu-waktu suku bunga BI anjlok? Nah, ini dia gunanya batas minimal kupon. Kalau sewaktu-waktu suku bunga BI anjlok, kamu akan tetap menerima kupon dengan persentase batas minimal yang diumumkan mendekati tanggal perilisan. Jenis kupon ini bisa kamu temukan pada produk SBN ritel Savings Bond Ritel (SBR) dan Sukuk Tabungan (ST).
Cadangan emas atau Gold Reverse merupakan total keseluruhan emas yang disimpan di dalam kas (Bank Sentral) sebuah negara. Gold Reverse menjadi salah satu bagian yang berperan dalam kontribusi penerbitan obligasi dan uang suatu negara.
Good Fund merupakan kondisi investor saat melakukan pembelian reksa dana yang disetorkan dan diterima di rekening reksa dana sesuai dengan waktu yang ditentukan.
Istilah grade dalam investasi emas merujuk pada tingkat kemurnian atau kualitas emas. Setiap bursa emas memiliki grade dan harga yang berbeda, sesuai dengan kualitas produk emas. Semakin baik kualitas produk emas, harga emas semakin mahal.
Hari bursa adalah hari beroperasi Bursa Efek Indonesia dalam perdagangan efek. Perdagangan efek berlangsung selama jam perdagangan di Hari Bursa.
IHSG adalah indeks acuan investor dalam menentukan waktu pembelian dan penjualan instrumen investasinya. Indeks tersebut menunjukkan pergerakan saham dalam satu hari. Jika indeks IHSG naik, maka harga-harga saham mengalami peningkatan. Jika IHSG turun, maka harga-harga saham secara general tengah menurun. IHSG juga berperan dalam pertumbuhan ekonomi.
Tenor adalah jangka waktu investasi atau masa berlaku SBN ritel. SBR dan ST memiliki tenor 2 tahun, sementara ORI dan SR memiliki tenor 3 tahun. Setelah jangka waktu habis, modal (uang pokok) investasi kamu akan dilunasi seluruhnya oleh pemerintah.
Karat merupakan istilah tolok ukur kemurnian suatu emas. Kadar karat emas menentukan tingkat kemurnian dan kualitas emas. Istilah dengan singkatan ‘kt’ atau ‘ct’ ini memiliki nilai karat tertinggi 24 K. Semakin tinggi karat emas, semakin lunak emas tersebut. Oleh karena itu, jual-beli emas murni berupa logam mulia dalam bentuk kartu. Emas batangan juga menjadi salah satu alternatif aset investasi jangka panjang. Sementara emas perhiasan masih perlu pengolahan dengan menambahkan unsur logam lainnya, seperti perak atau tembaga agar bisa memiliki durabilitas sebagai perhiasan. Jumlah kandungan emas menjadi penentu harga jual emas. Semakin banyak tingkat kemurnian emas, maka semakin tinggi harga emas tersebut. Contohnya, kemurnian emas dalam perhiasan 15K adalah 15 dibagi 24 lalu dikali 100 untuk mengkonversi ke bentuk persentase. Hasil dari konvensi kemurnian emas tersebut adalah 10,625 x 100% = 62,5% sehingga kandungan logam lain (perak, tembaga, dll) sejumlah 37,5%.
Kebijakan investasi merupakan kebijakan yang memuat riwayat transaksi dana investor reksa dana yang diinvestasikan oleh manajer investasi. Kebijakan investasi berada di dalam prospektus reksa dana.
Kontrak investais kolektif merupakan kontrak antara Bank Kustodian dan Manajer Investasi yang mengikat pemegang Unit Penyertaan (UP) dan memiliki kekuatan hukum. KIK menetapkan hak dan kewajiban bagi manajer investasi dalam mengelola portofolio investasi kolektif, hak dan kewajiban Bank Kustodian dalam melakukan pengadministrasian pengelolaan seluruh dana kolektif investor, dan semua data transaksi reksa dana. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memberi persetujuan KIK, sebelum unit reksa dana ditawarkan kepada investor,
Kinerja reksa dana merupakan cerminan pergerakan Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana. Nilai setiap portofolio reksa dana memicu perubahan NAB. Investor dapat memantau kinerja reksa dana melalui Fund Fact Sheet secara bulanan yang umumnya dinyatakan untuk 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, Year To Date (YDT), 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, 5 tahun, dan sejak awal peluncuran unit reksa dana.
Proses dimana Pemegang Polis atau Tertanggung mengajukan permintaan penggantian kerugian kepada Penanggung.
Pemerintah telah menetapkan minimum pembelian SBN ritel, yaitu Rp1 juta dan batas maksimum Rp3 miliar untuk tiap individu. Nah, pembelian SBN ritel bisa dilakukan berkali-kali saat masa penawaran dengan catatan, total nilai pembelian yang bisa dilakukan tiap individu adalah Rp3 miliar untuk tiap seri SBN ritel yang dirilis. Total nilai pembelian per individu inilah yang disebut kuota.
Dalam investasi SBN ritel, istilah kupon cukup populer digunakan untuk mendefinisikan imbal hasil yang dibayar pemerintah kepada kita (investor SBN ritel). Kupon a.k.a. imbal hasil SBN ritel dihitung berdasarkan persentase terhadap jumlah pokok utang dalam setahun. Gampangnya, kupon SBN ritel ini dihitungnya per tahun. Biasanya, persentase kupon SBN akan diumumkan mendekati tanggal perilisannya.
Istilah London Gold Fix dalam investasi emas menjadi tolok ukur jual-beli emas karena harga emas berubah seiring berubahnya nilai mata uang dolar.
Istilah Manajer Investasi dalam reksa dana adalah pihak yang bertanggung jawab untuk mengelola dana para investor reksa dana ke dalam portofolio efek dan surat berharga. Di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan, perusahaan yang telah mendapat izin usaha dari OJK melakukan pengelolaan portofolio reksa dana dari masyarakat investor. Selain itu, manajer investasi akan menjamin legalitas dan keamanan reksa dana. Manajer investasi akan membantu investor untuk memutuskan unit reksa dana saham, obligasi, deposito atau surat berharga yang dibeli. Selain itu, manajer investasi juga menentukan portofolio investor reksa dana, menghitung dan memberikan laporan nilai reksa dana kepada para investor reksa dana.
Masa penawaran merupakan periode pemesanan produk SBN Ritel. Kamu hanya bisa memesan produk SBN ritel yang sedang ditawarkan pada masa penawaran saja. Masa penawaran produk SBN ritel biasanya berlangsung sekitar tiga minggu dari tanggal rilisnya. Nah, sebentar lagi bakalan ada salah satu produk SBN ritel yang rilis, yaitu SBR010! Masa penawarannya berlangsung dari tanggal 21 Juni—15 Juli 2021.
Gampangnya, mitra distribusi ibarat agen yang ditetapkan oleh pemerintah untuk bantu ngejualin produk SBN ritel ke masyarakat investor. Nah, tanamduit jadi salah satu mitra distribusi yang ditunjuk pemerintah untuk menjual produk-produk SBN ritel, nih.
NAB adalah total dana atau aset yang dimiliki oleh unit reksa dana yang dikelola oleh Manajer Investasi. Nilai aktiva bersih menunjukkan nilai pasar reksa dana atau harga bersih reksa dana dan menampilkan perkembangan investasi, baik naik maupun turun yang sudah termasuk biaya-biaya pengelolaan lainnya. Total dana atau aset ini dapat berubah setiap hari, tergantung kinerja atau portofolio investasi reksa dana yang dimiliki oleh investor.
NAB/Unit adalah nilai yang diperoleh dengan cara membagi NAB sebuah reksa dana yang dibagi dengan total jumlah unit reksa dana atau sering disebut dengan Unit Penyertaan (UP) yang dimiliki oleh investor. Nilai aktiva bersih per unit menunjukkan harga jual/beli reksa dana saat investor melakukan pembelian (subscription) atau penjualan (redemption) dan/atau pengalihan (Switching) reksa dana. Perubahan nilai NAB/Unit menjadi indikator dalam melihat untung atau rugi kinerja unit reksa dana.
SBN ritel yang non-tradeable artinya tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Produk SBN ritel yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder di antaranya adalah SBR dan ST. Tapi, tenang aja! Kepemilikan SBR dan ST kamu juga bisa dicairkan lebih awal, kok, dengan adanya fasilitas early redemption.
Istilah pasar modal adalah tempat bertemunya investor dengan badan usaha yang membutuhkan modal (emiten). Pasar modal memiliki tujuan sebagai fasilitator kegiatan jual beli berbagai instrumen investasi jangka panjang, seperti saham, obligasi, reksa dana, dan instrumen investasi lainnya.
Pihak yang membeli dan membayar premi asuransi.
Perusahaan Asuransi.
Perjanjian tertulis antara Penanggung dan Tertanggung yang memuat ketentuan-ketentuan pertanggungan.
Dalam transaksi jual-beli emas, investor akan menggunakan pool account untuk menyimpan emas di toko atau dealer.
Portofolio investasi investor ritel adalah kumpulan produk investasi yang dimiliki oleh investor reksa dana. Produk investasi reksa dana meliputi reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, reksa dana saham, maupun reksa dana indeks. Selain itu, reksa dana tersebut dapat berupa reksa dana syariah atau reksa dana konvensional.
Portofolio reksa dana adalah kumpulan instrumen atau produk investasi yang dimiliki oleh reksa dana. Kumpulan produk investasi ini dapat terdiri dari beberapa surat berharga, seperti deposito, saham, surat utang (obligasi), dan surat berharga lainnya sesuai dengan prospektus reksa dana. Informasi dalam portofolio reksa dana bertujuan untuk memudahkan investor dalam memahami isi produk reksa dana dan menentukan keputusan investasinya.
Dana yang dikeluarkan untuk membeli produk asuransi
Prospektif adalah dokumen yang memuat rincian informasi penting reksa dana yang harus diketahui oleh calon investor reksa dana. Dokumen ini memudahkan investor dalam memahami produk reksa dana yang akan dipilih.
Redemption atau penjualan unit reksa dana adalah kegiatan penjualan unit reksa dana yang dilakukan investor di hari bursa. Menurut ketentuan OJK, hasil penjualan reksa dana paling lambat akan ditransfer ke rekening investor maksimum tujuh hari kerja bursa sejak transaksi penjualan reksa dana dilakukan.
Redemption fee atau biaya penjualan adalah biaya yang dibebankan pada investor saat menjual reksa dana atau mencairkan reksa dana. Berasan redemption fee ini dapat dilihat di prospektus atau Fund Fact Sheet. Selain itu, agen penjual reksa dana boleh membebankan biaya penjualan, tetapi aplikasi tanamduit tidak membebankan biaya redemption fee.
Sesuai dengan istilah ‘campuran’, reksa dana campuran merupakan jenis reksa dana yang menginvestasikan berbagai macam instrumen investasi efek, di antaranya obligasi, saham, dan deposito. Reksa dana campuran mengalokasikan 1–79 persen dana kelolaannya pada produk obligasi atau saham dan 0–20 persen sisanya dialokasikan pada produk deposito bank. Investor dapat memperoleh deviden dari obligasi. Namun, tidak semua produk obligasi memberikan return dari dividen.
Reksa dana indeks merupakan jenis reksa dana saham yang alokasi dana investasinya mengikuti indeks acuan. Dalam hal ini, indeks tersebut merujuk pada indeks harga saham-saham. Di Indonesia, indeks yang menjadi acuan pasar saham, di antaranya yang terpopuler yaitu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Indeks LQ45, Indeks IDX30, Indeks Bisnis-27, dan masih banyak lagi.
Reksa dana pasar uang merupakan produk reksa dana yang menginvestasikan 100 persen dana kelolaannya pada produk pasar uang. Produk tersebut meliputi deposito perbankan dan surat utang (obligasi) seperti surat utang perusahaan atau Surat Berharga Negara yang jatuh temponya <1 tahun. Investasi reksa dana pasar uang memiliki risiko paling rendah.
Reksa dana pendapatan tetap adalah jenis reksa dana yang mengalokasikan minimal 80 persen dan maksimum 95 persen dana kelolaannya pada produk obligasi atau efek utang yang jatuh temponya > 1 tahun. Sementara itu, besar reksa dana maksimum 20% minimum 5% diinvestasikan pada instrumen pasar uang seperti deposito dan surat utang yang jatuh temponya < 1 tahun.
Istilah reksa dana saham adalah jenis reksa dana yang mengalokasikan minimal 80 persen dana kelolaannya pada produk saham. Jadi, perusahaan manajer investasi akan mengelola dana investasi, membeli dan menjual saham sesuai analisa pasar. Investor akan mendapatkan keuntungan dan kerugian dari kenaikan dan penurunan harga saham-saham tersebut.
Reksa dana syariah adalah reksa dana yang dalam pengelolaannya tidak bertentangan dengan Prinsip-prinsip syariah di Pasar Modal. Daftar Efek Syariah ditetapkan oleh OJK dan Dewan Syariah Nasional (DSN).
Bukti keaslian dan kemurnian emas tertera pada sertifikat emas. Untuk melakukan verifikasi kemurnian emas, assayer memastikan tingkat kemurnian emas melakukan proses pengujian logam mulia. Assayer adalah orang yang memiliki sertifikasi khusus yang bertugas untuk menilai dan memverifikasi tingkat kemurnian emas. Sertifikat emas menjadi bukti hasil pengujian keaslian emas yang dilengkapi tanggal pembuatan dan nomor seri unik dari pabrik emas. Bukti keaslian kartu emas juga berupa hologram berikut tanda tangan assayer di belakang kartu emas.
Setelmen merupakan tanggal penyelesaian transaksi. Artinya, pada tanggal ini seseorang akan tercatat memiliki SBN berdasarkan seri penawarannya dan perhitungan kupon dimulai sejak tanggal setelmen.
Istilah standard ounce dalam investasi emas adalah nilai satu troy ons emas dengan kemurnian 91,66% memiliki tingkat kemurnian emas 22 karat.
Subscription fee atau biaya pembelian adalah biaya yang dikenakan pada investor saat membeli suatu reksa dana. Prospektur atau Fund Fact Sheet menampilkan besaran subscription fee. Umumnya, agen penjual reksa dana dapat membebankan biaya pembelian reksa dana, tetapi aplikasi tanamduit tidak mengenakan biaya subscription fee.
Istilah switching atau pengalihan reksa dana adalah proses penukaran atau pemindahan sejumlah unit reksa dana yang telah dimiliki oleh investor ke unit reksa dana lain yang dituju sesuai kebutuhan. Switching memiliki keuntungan bagi kamu untuk mengalihkan produk reksa dana tanpa melakukan penjualan produk reksa dana terlebih dahulu sehingga lebih cepat dan praktis proses pengalihannya.
Switching fee atau biaya pengalihan adalah biaya yang dibebankan ke investor reksa dana saat mengalihkan unit reksa dana ke reksa dana lainnya. Biaya pengalihan ini terdapat di prospektus reksa dana berupa persen. Umumnya, agen penjual reksa dana akan mengenakan biaya pengalihan, tetapi beberapa agen penjual, seperti tanamduit tidak mengenakan biaya switching.
Tanggal efektif reksa dana adalah tanggal reksa dana saat memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan mulai diperjual belikan kepada calon investor.
Tanggal emisi reksa dana adalah tanggal peluncuran reksa dana atau tanggal nilai aktiva bersih pertama.
Setelah masa penawaran selesai, biasanya Kementerian Keuangan akan menetapkan total jumlah pesanan SBN Ritel yang masuk.
Pihak yang menerima manfaat dari asuransi.
Dalam investasi SBN ritel, terdapat istilah tradeable yang artinya dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Produk SBN ritel yang dapat diperdagangkan di pasar sekunder di antaranya ORI dan SR. Kedua produk SBN ritel tersebut mulai dapat diperjualbelikan kembali di pasar sekunder tiga bulan setelah masa penawarannya. Makanya, saat kamu jual produk SBN ritel punya potensi capital gain atau capital loss, tergantung dengan kondisi pasar saat kamu menjual kepemilikan SBN kamu. Nah, kamu bisa menjual kembali ORI dan SR yang kamu beli melalui aplikasi tanamduit ke pasar sekunder cukup dengan klik tombol jual saja, lho, di aplikasi tanamduit.
Troy ons atau troy ounce memiliki nilai yang sama dengan 3,1 gram setiap satuannya. Umumnya, istilah troy ounce atau t oz merujuk pada satuan untuk mengukur berat emas batangan maupun koin.
Unit penyertaan merupakan satuan yang menunjukkan kepemilikan aset reksa dana investor. Dana investor reksa dana akan dibagi dengan harga NAB/Unit, hasilnya investor reksa dana akan memiliki jumlah unit penyertaan. Investor dapat mengalikan unit reksa dana yang dimiliki dengan harga NAB/Unit yang bergerak setiap hari untuk melihat kepemilikan investasinya pada suatu unit reksa dana
WAPERD adalah tenaga pemasar reksa dana perseorangan yang memiliki sertifikasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan kegiatan pemasaran unit reksa dana. Seorang WAPERD menjalani Pendidikan dan Pelatihan Lanjutan (PPL) yang diadakan oleh lembaga keuangan terkait. Wakil penjual reksa dana juga dipastikan bekerja di bawah naungan perusahaan APERD yang berizin resmi.
Wakil manajer investasi merupakan orang yang memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mewakili perusahaan efek yang melakukan kegiatan usaha sebagai manajer investasi.
logo-tanamduit

Hak Cipta ©2017-2021
PT Mercato Digital Asia Dilindungi Undang-Undang

tanamduit adalah platform finansial digital terpercaya yang menyediakan berbagai instrumen investasi dan asuransi dalam satu aplikasi! Dikelola oleh PT Mercato Digital Asia yang telah terdaftar Kementerian komunikasi (KOMINFO) dengan nomor : 00442/DJAI.PSE/11/2017

Produk koleksi kartu emas (emas PT Hartadinata Abadi Tbk.) bekerja sama dengan PT Aurum Digital Internusa. Produk emas suka-suka (emas PT Aneka Tambang Tbk. "Antam") bekerja sama dengan PT Tamasia Global Sharia yang sudah diawasi oleh Bappebti.

Produk reksa dana dan Surat Berharga Negara (SBN) difasilitasi oleh PT Star Mercato Capitale yang Telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) KEP-13/PM.21/2017 dan Surat penunjukan mitra distribusi dari DJPPR - Kementrian Keuangan Republik Indonesia dengan nomor S-363/pr/2018 dan dari SBSN dengan nomor PENG-2/PR.4/2018

Produk asuransi disediakan oleh PT Mercato Digital Insurtech bekerjasama dengan Premiro yang telah memiliki izin OJK dengan nomor KEP.18/NB.1/2016

Download tanamduit sekarang! Klik disini