Syarat & Ketentuan

Terakhir diperbarui: 8 April 2021

Syarat dan Ketentuan Umum

Selamat datang di Situs tanamduit. Berikut ini adalah Syarat dan Ketentuan (“Syarat dan Ketentuan”) penggunaan situs ini. Dengan mengakses situs ini maka Anda menyetujui syarat dan ketentuan dari masing-masing produk dibawah ini:

  1. Tujuan
  2. tanamduit dimiliki dan dikelola oleh PT Mercato Digital Asia

  3. Hak Atas Kekayaan Intelektual
  4. Hak Cipta konten termasuk tulisan, gambar dan video dari tanamduit ini dipegang oleh PT Mercato Digital Asia (selanjutnya kami menyebutnya dengan “Mercato”). Hak Cipta dari Situs ini dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta dan peraturan lain yang terkait serta traktat-traktat internasional tentang hak cipta. Setiap orang dilarang untuk menggunakan konten diluar ketentuan yang diperbolehkan secara tegas oleh peraturan perundang-udangan termasuk menggandakan, mendistribusikan, mengubah, menyiarkan, menggunakan kembali, memindahkan ataupun MEMBUAT KARYA DERIVATIF konten tanamduit tanpa IZIN tertulis dari Mercato.

  5. Kelayakan
  6. Dengan membuat akun pengguna di tanamduit, Anda menunjukkan dan menjamin bahwa anda merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), penduduk Republik Indonesia, dan berumur 17 tahun atau lebih dan telah memiliki E-KTP pada saat pembuatan akun pengguna tanamduit.

  7. Jaminan Mengenai Konten
  8. Segala informasi yang dipublikasikan pada situs atau aplikasi tanamduit hanya dapat digunakan untuk tujuan informasi dan bukan sebagai saran, rekomendasi atau ajakan untuk menjual atau membeli suatu produk investasi tertentu yang terdapat dalam situs ini. Mercato berusaha dengan itikad baik untuk memberikan informasi yang akurat, namun tidak menjamin bahwa informasi yang diberikan adalah tanpa adanya kesalahan, kelalaian, ketidakakuratan teknis atau faktual ataupun kesalahan ketik. Ketentuan ini untuk menegaskan agar tidak dianggap atau seolah-olah agar dianggap sebagai prospektus atau informasi lainnya yang bersifat mengikat. Informasi yang tersedia dalam situs ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti suatu informasi produk investasi seperti prospektus dan informasi resmi lainnya, namun semata-mata hanya sebagai informasi tambahan dan pelengkap.

  9. Non Liabilitas
  10. Informasi yang tersedia dalam situs atau aplikasi ini disediakan dengan “sebagaimana adanya” dan “sebagaimana tersedia”. Mercato beserta anak perusahaannya PT Star Mercato Capitale dan PT Mercato Digital Isurtech, pihak terafiliasi, pemegang saham, pengelola dan karyawannya tidak dapat dimintai pertanggungjawaban secara hukum, baik pidana maupun perdata, atas kerugian yang dialami oleh pengguna akibat menggunakan informasi ini baik karena adanya kesalahan dan ketidakakuratan informasi yang tersedia dalam situs ini atau karena sebab lainnya. Mercato berusaha untuk memperbaharui informasi dalam situs ini, namun demikian Mercato tidak mempunyai kewajiban untuk memperbaharui informasi yang terdapat dalam situs ini. Oleh karena itu, Anda tetap berkewajiban untuk membaca syarat ketentuan dan materi lainnya yang relevan sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual produk investasi atau proteksi/Asuransi.

  11. Tautan ke Media Pihak Ketiga
  12. Aplikasi tanamduit dapat memuat tautan ke media pihak ketiga yang tidak berada dalam kuasa Mercato. Tautan ini tidak menunjukkan adanya dukungan atau rekomendasi terhadap layanan ataupun produk dari pihak ketiga tersebut. Anda setuju untuk tidak meminta pertanggungjawaban Mercato atas kesalahan yang terjadi pada layanan atau produk yang ditawarkan pada tautan Pihak Ketiga tersebut. Anda memahami bahwa tautan Pihak Ketiga tersebut dapat memiliki Syarat dan Ketentuan yang berbeda serta tingkat keamanan yang lebih rendah.

  13. Pernyataan Pandangan Ke Depan
  14. Setiap analisa proyeksi, ataupun pernyataan yang merupakan prediksi suatu produk investasi di masa datang bukan merupakan indikasi kinerja masa yang akan datang. Kinerja masa lalu tidak dapat dijadikan suatu pedoman untuk kinerja masa datang. Anda disarankan mencari bantuan tenaga profesional untuk mendapatkan saran perpajakan, nasehat hukum, akuntansi termasuk risiko investasi yang terdapat didalamnya sebelum melakukan keputusan investasi.

  15. Risiko
  16. Mohon diperhatikan bahwa berbagai jenis investasi yang terdapat dalam situs ini melibatkan berbagai tingkatan risiko dan tidak terdapat jaminan bahwa investasi tertentu cocok, sesuai atau menguntungkan bagi Anda. Setiap produk investasi mengandung risiko dan Anda wajib mencari informasi sebelum memutuskan keputusan investasi. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa datang.

  17. Penggunaan Data
  18. Penggunaan data Anda diatur setiap waktu oleh Kebijakan Privasi yang terdapat di “Kebijakan Privasi”. Pada proses operasional normal, data tersebut dapat diberikan kepada pihak ketiga, dimana penggunaan data tersebut tidak selalu diatur oleh Kebijakan Privasi yang sama. Anda setuju untuk tidak meminta pertanggungjawaban Mercato dan anak usahanya untuk kerugian yang diakibatkan penggunaan data Anda oleh pihak ketiga tersebut. Izin untuk memberikan data Anda akan diminta sewaktu dibutuhkan.

  19. Alat Analisis Keuangan
  20. Setiap alat analisis keuangan yang terdapat dalam situs ini merupakan alat bantu dan hanya memberikan gambaran informasi investasi secara umum serta analisis keuangan berdasarkan data yang Anda berikan. Dengan memperhitungkan segala risiko investasi termasuk diantaranya risiko ekonomi dan risiko pasar, tidak ada jaminan bahwa investasi tersebut akan mencapai tujuannya sebagaimana ditampilkan oleh alat analisa tersebut. Perbedaan strategi yang diterapkan ke dalam suatu produk investasi dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap gambaran hasil investasi tersebut. Imbal hasil investasi dapat dipengaruhi antara lain oleh strategi atau tujuan investasi, kondisi pasar dan kondisi ekonomi termasuk kondisi tingkat suku bunga, periode investasi dan kondisi pasar secara umum.

  21. Perubahan pada Informasi Penawaran dan Aplikasi Produk
  22. Segala Informasi penawaran dan aplikasi produk yang terdapat pada aplikasi tanamduit selalu diperbaharui dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

  23. Perubahan pada Syarat dan Ketentuan
  24. Mercato dapat mengubah Syarat dan Ketentuan ini dan Kebijakan Privasi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Dengan berlanjutnya Anda menggunakan tanamduit menandakan bahwa Anda menerima perubahan Syarat dan Ketentuan tersebut.

  25. Aturan Hukum yang Berlaku dan Yuridiksi
  26. Konten yang ada pada situs ini dan yang ada pada Ketentuan akan tunduk kepada aturan hukum negara Republik Indonesia. Setiap perselisihan yang terkait dengan atau muncul dari situs ini akan tunduk dan diatur berdasarkan aturan hukum yang sama.

Syarat & Ketentuan Pembayaran
  1. Pembatasan Tanggung Jawab

Mercato dan anak usahanya tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian baik langsung maupun tidak langsung, maupun terhadap kerugian pihak lainnya, yang timbul sebagai akibat dari setiap transaksi yang dilakukan oleh Nasabah melalui fasilitas Transaksi Online, kecuali Mercato dinyatakan bersalah karena telah melakukan suatu tindakan yang mengakibatkan kerugian tersebut oleh suatu putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap (in kracht van gewijsde). Dalam hal dinyatakan oleh suatu putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap bahwa Mercato melakukan tindakan yang mengakibatkan kerugian terhadap Nasabah, Nasabah mengakui dan menyetujui bahwa pertanggungjawaban Mercato yang harus dibayarkan terhadap Nasabah atas kerugian Nasabah tidak lebih dari Rp. 1.000.000,- (satu juta Rupiah).

  1. Penggunaan Fasilitas Transaksi Online

Fasilitas Transaksi Online ini hanya dapat digunakan untuk kepentingan Nasabah saja dan Nasabah tidak akan menggunakan fasilitas Transaksi Online ini untuk melakukan aktivitas yang bertentangan dengan hukum termasuk namun tidak terbatas pada tindak pidana pencucian uang, pencurian, penggelapan, penipuan, maupun penyediaan dana untuk terorisme. Mercato dan anak usahanya tidak bertanggung jawab atas setiap tujuan penggunaan fasilitas Transaksi Online.

  1. Keamanan Fasilitas Transaksi OnlineMercato

Fasilitas Pembayaran disediakan melalui aplikasi yang aman. Namun demikian, Nasabah mengetahui dan setuju bahwa transmisi atau akses internet tidak selamanya menciptakan suatu transaksi pembayaran yang aman dan pribadi, dan karenanya setiap pesan atau informasi yang Nasabah kirimkan atau gunakan dalam Transaksi Online mungkin untuk dibajak atau diambil oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab.

Syarat & Ketentuan untuk Penggunaan Aplikasi Online
  1. Informasi Nasabah
  2. Setiap informasi yang kami peroleh dari Nasabah melalui akses fasilitas Transaksi Online dari waktu ke waktu akan diperlakukan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Privacy Policy.

  3. Open Account
  4. Nasabah sepenuhnya menyadari dan mengakui akan bertanggung jawab sepenuhnya atas setiap kerugian maupun tuntutan yang timbul terhadap Mercato atas akibat ketidakbenaran data dan informasi yang Nasabah sampaikan kepada Mercato melalui fasilitas transaksi online ini.

    Mercato berhak untuk melakukan verifikasi atas keaslian dan keabsahan data Nasabah dan sumber dana yang digunakan oleh Nasabah untuk berpartisipasi dan/atau melakukan Transaksi. Mercato dapat menangguhkan penggunaan akun apabila diketahui bahwa informasi yang diberikan Nasabah adalah tidak benar dan sumber dana yang digunakan bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

  5. User ID dan Password.
  6. Dalam menggunakan fasilitas Transaksi Online, Nasabah akan diminta untuk mengisi User ID dan password untuk melakukan verifikasi terhadap identitas Nasabah. Mercato menyarankan agar Nasabah tidak membuat password yang berkaitan dengan nama, kerabat, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon, nomor kartu tanda penduduk, maupun nomor paspor Nasabah. Lebih lanjut Mercato menyarankan agar Nasabah menggunakan password yang dikombinasikan antara huruf dengan angka. Nasabah bertanggung jawab penuh untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan dari User ID dan password Nasabah, dan Mercato tidak bertanggung jawab atas penggunaan User ID dan password Nasabah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab maupun atas kerugian yang timbul akibat penggunaan fasilitas Transaksi Online dengan menggunakan User ID dan password Nasabah.

  7. Penonaktifan/Pemblokiran Akun
  8. Mercato dapat non-aktifkan akun nasabah atau menangguhkan keanggotaan kapanpun dengan alasan apapun terutama penyalahgunaan sistem, tindak kriminal, hack (retas) keamanan situs maupun hal-hal lain yang melanggar Syarat dan Ketentuan yang disediakan oleh Mercato. Sisa saldo dalam akun nasabah merupakan hak nasabah, setelah diperhitungkan atas kewajiban nasabah dan ditransfer kembali ke nasabah bersangkutan kecuali terdapat peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia yang mengatur lain.

  9. Menunda, Menghentikan, atau Membatalkan Transaksi Nasabah
  10. Mercato mempunyai kewenangan tanpa perlu memberikan suatu pemberitahuan terhadap Nasabah, untuk menunda, menghentikan, atau membatalkan transaksi Nasabah melalui fasilitas Transaksi Online apabila diketahui atau dianggap oleh Mercato bahwa transaksi Nasabah akan digunakan untuk suatu tindak pidana, atau kekayaan Nasabah diperoleh karena suatu tindak pidana, maupun karena diperintahkan oleh otoritas yang berwenang.

  11. Enhanced Due Dilligence
  12. Sesuai dengan PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 12/ POJK.01 / 2017 TENTANG PENERAPAN PROGRAM ANTI PENCUCIAN UANG DAN PENCEGAHAN PENDANAAN TERORISME DI SEKTOR JASA KEUANGAN, selain proses pendaftaran normal, sebagai penyedia jasa keuangan yang tunduk kepada regulasi OJK, PT. Mercato Digital Asia diwajibkan untuk melakukan proses Enhanced Due Diligence nasabah baru dan lama yang masuk ke dalam kategori profile resiko medium sampai tinggi.

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Sistem Layanan Transaksi Reksa Dana secara Elektronik
  1. Layanan transaksi Reksa Dana secara elektronik adalah fasilitas transaksi (Pembelian, Penjualan dan atau Pengalihan) Reksa Dana dengan media elektronik dan melalui jaringan internet yang dapat dilakukan sendiri oleh nasabah
  2. Produk Reksa Dana yang tersedia di tanamduit dipasarkan oleh PT Star Mercato Capitale yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sesuai dengan KEP – 13/PM.21/2017 sebagai anak usaha dari Mercato
  3. Produk Reksa Dana yang tersedia di tanamduit dikelola dan dimiliki oleh Perusahaan Manajer Investasi masing-masing produk Reksa Dana
  4. Nasabah mengetahui dan menyetujui isi syarat dan ketentuan layanan transaksi Reksa Dana secara elektronik
  5. Nasabah bertanggung jawab atas setiap data yang diisi pada saat menggunakan Transaksi Online termasuk namun tidak terbatas pada jumlah pembelian, penjualan kembali maupun pengalihan unit penyertaan
  6. Nasabah bertanggung jawab terhadap segala biaya maupun kerugian yang timbul yang dari transaksi karena ketidakmampuan dan ketidakpahaman pengguna dalam menggunakan layanan transaksi Reksa Dana
  7. Nasabah mengerti bahwa profil risiko sebagaimana tercantum dalam fasilitas transaksi Reksa Dana Mercato hanyalah acuan untuk mengetahui jenis investasi yang sesuai dengan karakter investasi pengguna, dan tidak dapat dijadikan acuan sebagai keberhasilan atau kepastian hasil investasi yang diharapkan oleh pengguna.
  8. Nasabah mengerti bahwa transaksi yang telah berhasil dilakukan tidak dapat dibatalkan.
  9. Nasabah mengerti bahwa transaksi pembelian (Subscription) dan/atau penjualan kembali (Redemption) Unit Penyertaan Reksa Dana yang dilakukan oleh pengguna melalui aplikasi tanamduit memiliki batas waktu (cut off time) untuk mendapatkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) pada hari yang sama. Adapun cut off time transaksi Reksa Dana melalui tanamduit sebagai berikut:
    • Pesanan pembelian dan/atau penjualan kembali unit penyertaan melalui fasilitas transaksi online ini dapat dilakukan sejak pukul 13.01 PM H+0, dimana pembelian dan/atau penjualan kembali pada pukul 13.01 PM H-1 s/d pukul 13.00 PM H+0 akan mendapatkan NAB unit penyertaan Reksa Dana yang diumumkan pada Koran harian di hari bursa dilakukannya pesanan tersebut.
    • Pesanan pembelian dan/atau penjualan kembali unit penyertaan melalui fasilitas transaksi online ini yang dilakukan setelah pukul 13.00 PM atau Hari Libur Bursa akan mendapatkan NAB Unit Penyertaan Reksa Dana yang diumumkan di Hari Bursa berikutnya.
  10. Nasabah mengerti bahwa pengalihan (switching) dari satu Reksa Dana ke Reksa Dana lainnya hanya dapat dilakukan dengan basis jumlah Unit Penyertaan Reksa Dana yang hendak dialihkan dan hanya berlaku dari dan ke dalam Reksa Dana yang menyediakan fitur pengalihan (switching) tersebut sebagaimana diatur dalam masing-masing Prospektus Reksa Dana. PT Star Mercato Capitale tidak dapat menerima pengalihan Unit Penyertaan Reksa Dana dengan basis nilai nominal.
    Estimasi kepemilikan Unit Penyertaan dari hasil pengalihan (switching) dari satu Reksa Dana ke Reksa Dana lainnya sebagaimana ditampilkan dalam fasilitas transaksi online ini adalah suatu perkiraan dimana realisasi dari pelaksanaan pengalihan (switching) dapat berbeda sesuai dengan Nilai Aktiva Bersih dari masing-masing Unit Penyertaan Reksa Dana yang berlaku pada saat realisasi pengalihan (switching).
  11. Dengan melakukan pengalihan (switching) Reksa Dana melalui fasilitas transaksi online ini, Nasabah menyatakan bahwa Nasabah telah membaca dan mengerti isi dari Prospektus Reksa Dana yang bersangkutan termasuk namun tidak terbatas mengenai biaya-biaya yang ada termasuk biaya pengelolaan (management fee) serta risiko-risiko yang ada dengan melakukan investasi pada Reksa Dana sebagaimana tercantum dalam Prospektus Reksa Dana yang bersangkutan.
  12. Nasabah mengerti bahwa pengalihan (swicthing) Unit Penyertaan Reksa Dana yang dilakukan oleh Nasabah melalui fasilitas transaksi online ini mempunyai cut off time untuk penggunaan Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana yang berbeda dengan pelaksanaan pengalihan (switching) secara langsung karena diperlukannya waktu dari sistem fasilitas transaksi online untuk melakukan pengolahan pesanan pengalihan (swiching) Reksa Dana. Adapun cut off time penggunaan NAB Unit Penyertaan Reksa Dana melalui fasilitas transaksi online ini adalah sebagai berikut:

    • Pesanan pengalihan (switching) Unit Penyertaan melalui fasilitas transaksi online ini dapat dilakukan sejak Pukul 13.01 PM H+0, dimana pengalihan (switching) pada Pukul 13.01 PM H-1 s/d Pukul 13.00 PM H+0 akan menggunakan NAB Unit Penyertaan Reksa Dana yang diumumkan di hari bursa dilakukannya pesanan tersebut.
    • Pesanan pengalihan (switching) Unit Penyertaan melalui fasilitas transaksi online yang dilakukan setelah Pukul 13.00 PM atau Hari Libur Bursa akan menggunakan NAB Unit Penyertaan Reksa Dana yang diumumkan di hari bursa berikutnya.
Syarat dan Ketentuan Penggunaan Sistem Layanan Transaksi SBN Ritel secara Elektronik
  1. Layanan transaksi SBN Ritel secara elektronik adalah fasilitas pemesanan SBN Ritel dengan media elektronik dan melalui jaringan internet yang dapat dilakukan sendiri oleh investor dan terintegrasi dengan sistem SBN Ritel pada Kementerian Keuangan.
  2. Nasabah mengerti dan menyetujui isi syarat dan ketentuan layanan transaksi SBN Ritel secara elektronik.
  3. Nasabah setuju untuk mematuhi peraturan terkait SBN Ritel yang diterbitkan Kementerian Keuangan beserta seluruh peraturan terkait yang berlaku.
  4. Nasabah telah memahami dan setuju untuk mematuhi seluruh ketentuan dalam proses registrasi SBN Ritel secara elektronik serta melengkapi semua data yang dibutuhkan secara benar dan lengkap.
  5. Nasabah wajib melakukan registrasi dengan menyiapkan data yang sekurang-kurangnya terdiri dari Single Investor Identification (SID), Rekening Dana, dan Rekening Surat Berharga (Efek) untuk dapat menggunakan layanan transaksi SBN Ritel secara elektronik.
  6. Nasabah bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan akun, kata sandi, dan/atau standar keamanan lainnya untuk semua aktivitas dalam penggunaan transaksi SBN Ritel secara elektronik.
  7. Nasabah membebaskan Pemerintah dari segala tuntutan menyangkut penyalahgunaan akun, kata sandi, dan/atau standar keamanan lainnya.
  8. Dalam hal terdapat kendala dalam penggunaan transaksi SBN Ritel secara elektronik, Nasabah wajib segera menghubungi PT Star Mercato Capitale sebagai Mitra Distribusi produk SBN Ritel
  9. Nasabah bertanggung jawab atas segala biaya, klaim, kerusakan, kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari Transaksi) atau kewajiban lainnya karena ketidakmampuan dan ketidakpahaman Investor dalam menggunakan layanan transaksi SBN Ritel secara elektronik.
  10. Nasabah membebaskan Pemerintah dan/atau Mitra Distribusi dari segala kerugian yang timbul atas terjadinya kerusakan sistem layanan transaksi SBN Ritel secara elektronik dan/atau keadaan darurat yang berada di luar kendali Pemerintah dan/atau Mitra Distribusi yang mengakibatkan sistem layanan transaksi SBN Ritel secara elektronik tidak dapat bekerja secara normal. Kejadian atau keadaan darurat (force majeure) tersebut mencakup namun tidak terbatas pada hal-hal sebagai berikut:
    • bencana alam;
    • perang yang timbul dari atau sebagai akibat perang;
    • tindakan sabotase oleh teroris;
    • pemberontakan;
    • gempa bumi;
    • badai letusan gunung berapi;
    • banjir,badai, kondisi cuaca luar biasa buruk, yang dinyatakan resmi oleh Pemerintah Republik Indonesia. Perubahan situasi kondisi politik dan ekonomi maupun kebijakan pemerintah yang luar biasa yang berakibat tidak kondusif untuk melakukan transaksi SBN Ritel; dan atau
    • perubahan atas peraturan perundang-undangan yang berpengaruh langsung atas transaksi SBN Ritel.
  11. Nasabah setuju untuk memberikan otorisasi kepada tanamduit untuk menawarkan dan memberikan informasi produk dan program melalui email.
  12. Nasabah mengerti bahwa transaksi yang telah berhasil dilakukan tidak dapat dibatalkan.
Syarat dan Ketentuan Penggunaan Sistem Layanan Transaksi Asuransi secara Elektronik
  1. Layanan transaksi Asuransi secara elektronik adalah fasilitas pembelian produk Asuransi dengan media elektronik dan melalui jaringan internet yang dapat dilakukan sendiri oleh nasabah dan terintegrasi sebagai bentuk kerja sama langsung antara anak usaha Mercato (PT Mercato Digital Insurtech) dengan sistem PT Mitra Ibisnis Terapan (pialang asuransi).
  2. Produk Asuransi di tanamduit bekerjasama dengan PT Mitra Ibisnis Terapan, pialang asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sesuai KEP-18/NB.1/2016 dan anggota APPARINDO 230-2016.
  3. Produk Asuransi yang dikelola anak usaha Mercato bersama PT Mitra Ibisnis Terapan (pialang asuransi) adalah produk asuransi yang dikeluarkan dan dimiliki oleh Perusahaan Asuransi yang telah bekerjasama dengan PT Mitra Ibisnis Terapan.
  4. Nasabah mengetahui dan menyetujui untuk hak dan kewajiban serta syarat dan ketentuan pada produk asuransi di tanamduit, mengikuti kebijakan dari Perusahaan Asuransi beserta seluruh peraturan terkait yang berlaku.
  5. Nasabah menyetujui bahwa syarat dan ketentuan sampai dengan keputusan klaim produk asuransi sepenuhnya menjadi tanggung jawab Perusahaan Asuransi.
  6. Nasabah mengerti dan menyetujui isi syarat dan ketentuan layanan transaksi Asuransi secara elektronik.
  7. Nasabah telah memahami dan menyetujui untuk memberikan data-data diri nasabah secara benar dan lengkap sesuai dengan yang dibutuhkan pada proses pembelian produk asuransi.
  8. Nasabah setuju untuk memberikan otorisasi kepada tanamduit untuk menawarkan dan memberikan informasi produk dan program melalui email.
  9. Nasabah mengerti bahwa transaksi yang telah berhasil dilakukan tidak dapat dibatalkan.
Syarat dan Ketentuan Penggunaan Sistem Layanan Transaksi Kartu Emas secara Elektronik
  1. Layanan transaksi Emas secara elektronik adalah fasilitas pembelian dan penjualan Emas Digital maupun cetak Emas Fisik dengan media elektronik dan melalui jaringan internet yang dapat dilakukan sendiri oleh nasabah dan terintegrasi sebagai bentuk kerja sama langsung antara Mercato dengan sistem milik PT Aurum Digital Internusa (Masduit)
  2. Produk Emas di tanamduit yang dikelola oleh Mercato bersama dengan Partner Emas merupakan emas asli yang dikeluarkan dan memiliki sertifikat resmi milik PT Hartadinata Abadi, Tbk.
  3. Nasabah mengetahui dan menyetujui untuk hak dan kewajiban serta syarat dan ketentuan pada produk emas di tanamduit mengikuti kebijakan dari Partner Emas beserta seluruh peraturan terkait yang berlaku.
  4. Demi kenyamanan serta keamanan, emas yang telah dibeli secara online namun belum ditarik oleh Nasabah, fisik emas dititipkan pada PT. Hartadinata Abadi, Tbk. sebagai kustodian dimana proses penitipannya dilakukan melalui masduit.
  5. Nasabah mengetahui bahwa harga pembelian maupun penjualan emas yang tersedia di tanamduit merupakan harga yang telah ditetapkan oleh masduit dengan menyesuaikan harga pasaran global pada saat tersebut.
  6. Nasabah menyatakan setuju dan mengerti sepenuhnya bahwa apabila terdapat saldo Emas yang tidak mencukupi untuk dicetak ke dalam kepingan terkecil yang dicetak oleh PT. Hartadinata Abadi, Tbk. maka saldo Emas tersebut hanya dapat ditarik dalam bentuk uang dengan harga Buyback yang ditetapkan oleh masduit pada aplikasi tanamduit saat penjualan Emas dan penarikan uang tersebut.
  7. Nasabah dengan ini mengetahui dan setuju bahwa tanamduit tidak bertanggung jawab atas Emas yang telah disertifikasi oleh Pemberi Sertifikat. Nasabah dengan ini menyatakan untuk melepaskan segala tuntutan dan kerugian yang ditimbulkan akibat cacat Emas yang telah disertifikasi oleh Pemberi Sertifikat.
  8. Biaya cetak sertifikat Emas sepenuhnya berdasarkan ketentuan dari Pemberi Sertifikat saat dilakukannya percetakkan tersebut. Bilamana Pemberi Sertifikat menentukan jumlah tertentu sebagai biaya percetakkan sertifikat, maka biaya tersebut adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab Nasabah.
  9. Nasabah menyatakan setuju bahwa desain kartu Emas, jenis gramasi, dan jumlah kepingan yang sudah dipilih tidak dapat diubah.
  10. Nasabah secara sadar menuliskan alamat tujuan pengiriman Emas Fisik secara benar dan merupakan tanggung jawab nasabah. Kehilangan / tidak sampainya Emas Fisik karena kekeliruan nasabah bukan merupakan tanggung jawab dari tanamduit.
  11. Segala bentuk keluhan nasabah atas pengiriman adalah tanggung jawab perusahaan logistik/perusahaan penyelenggara pos yang bekerja sama dengan tanamduit. tanamduit akan berupaya memfasilitasi antara nasabah dengan perusahaan logistik/perusahaan penyelenggara pos yang bekerja sama dengan tanamduit, sehubungan dengan hal tersebut nasabah menyetujui untuk membebaskan tanamduit atas segala tuntutan dan kerugian yang diderita tanamduit terkait dengan proses pengiriman emas.
  12. Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa emas hilang, emas rusak, dan lain sebagainya nasabah dapat melaporkan ke customer service tanamduit paling lambat 1 x 24 jam setelah status emas diterima.
  13. Nasabah dengan ini mengerti bahwa transaksi yang dilakukan sebelum pukul 17.00 WIB (hari kerja) diproses pada hari tersebut.
  14. Nasabah dengan ini mengerti bahwa transaksi penjualan Emas yang dilakukan oleh nasabah melalui aplikasi tanamduit memiliki batas waktu (cut off time). Adapun cut off time transaksi Emas melalui tanamduit sebagai berikut:
    • Pesanan penjualan Emas melalui fasilitas transaksi online melalui aplikasi tanamduit yang dilakukan sampai dengan pukul 17.00 WIB, akan diproses pada hari yang sama (hari kerja)
    • Pesanan penjualan Emas melalui fasilitas transaksi online melalui aplikasi tanamduit yang dilakukan setelah pukul 17.00 WIB, akan diproses pada hari kerja berikutnya.
  15. Nasabah dengan ini mengerti bahwa transaksi yang telah berhasil dilakukan tidak dapat dibatalkan.
Syarat dan Ketentuan Penggunaan Sistem Layanan Transaksi Emas Suka-Suka secara Elektronik
  1. Layanan transaksi Emas Suka-Suka secara elektronik adalah fasilitas pembelian dan penjualan Emas Digital maupun cetak Emas Fisik dengan media elektronik dan melalui jaringan internet yang dapat dilakukan sendiri oleh nasabah dan terintegrasi sebagai bentuk kerja sama langsung antara Mercato dengan sistem milik Tamasia Global Sharia (Tamasia)
  2. Produk Emas Suka-Suka di tanamduit yang dikelola oleh Mercato bersama dengan Tamasia merupakan emas asli yang dikeluarkan dan memiliki sertifikat resmi milik PT Aneka Tambang (ANTAM), Tbk.
  3. Nasabah mengetahui dan menyetujui untuk hak dan kewajiban serta syarat dan ketentuan pada produk emas Suka-Suka di tanamduit mengikuti kebijakan dari Tamasia beserta seluruh peraturan terkait yang berlaku.
  4. Demi kenyamanan serta keamanan, emas yang telah dibeli secara online namun belum ditarik oleh Nasabah, fisik emas Suka-Suka dititipkan pada custodian milik Tamasia.
  5. Nasabah mengetahui bahwa harga pembelian maupun penjualan emas Suka-Suka yang tersedia di tanamduit merupakan harga yang telah ditetapkan oleh Tamasia dengan menyesuaikan harga pasaran ANTAM pada saat tersebut.
  6. Nasabah menyatakan setuju dan mengerti sepenuhnya bahwa apabila terdapat saldo Emas Suka-Suka yang tidak mencukupi untuk dicetak ke dalam kepingan terkecil yang dicetak oleh Tamasia, maka saldo Emas tersebut hanya dapat ditarik dalam bentuk uang dengan harga Buyback yang ditetapkan oleh Tamasia pada aplikasi tanamduit saat penjualan Emas Suka-Suka dan penarikan uang tersebut.
  7. Nasabah dengan ini mengetahui dan setuju bahwa tanamduit tidak bertanggung jawab atas Emas yang telah disertifikasi oleh Pemberi Sertifikat. Nasabah dengan ini menyatakan untuk melepaskan segala tuntutan dan kerugian yang ditimbulkan akibat cacat Emas yang telah disertifikasi oleh Pemberi Sertifikat.
  8. Biaya cetak sertifikat Emas Suka-Suka sepenuhnya berdasarkan ketentuan dari Pemberi Sertifikat saat dilakukannya percetakkan tersebut. Bilamana Pemberi Sertifikat menentukan jumlah tertentu sebagai biaya percetakkan sertifikat, maka biaya tersebut adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab Nasabah.
  9. Nasabah menyatakan setuju bahwa jumlah gramasi, dan jumlah kepingan yang sudah dipilih tidak dapat diubah.
  10. Nasabah secara sadar menuliskan alamat tujuan pengiriman Emas Fisik secara benar dan merupakan tanggung jawab nasabah. Kehilangan / tidak sampainya Emas Fisik karena kekeliruan nasabah bukan merupakan tanggung jawab dari tanamduit.
  11. Segala bentuk keluhan nasabah atas pengiriman adalah tanggung jawab perusahaan logistik/perusahaan penyelenggara pos yang bekerja sama dengan tanamduit. tanamduit akan berupaya memfasilitasi antara nasabah dengan perusahaan logistik/perusahaan penyelenggara pos yang bekerja sama dengan tanamduit, sehubungan dengan hal tersebut nasabah menyetujui untuk membebaskan tanamduit atas segala tuntutan dan kerugian yang diderita tanamduit terkait dengan proses pengiriman emas.
  12. Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa emas hilang, emas rusak, dan lain sebagainya nasabah dapat melaporkan ke customer service tanamduit paling lambat 1 x 24 jam setelah status emas diterima.
  13. Nasabah dengan ini mengerti bahwa transaksi penjualan Emas Suka-Suka yang dilakukan oleh nasabah melalui aplikasi tanamduit memiliki batas waktu (cut off time). Adapun cut off time transaksi Emas melalui tanamduit sebagai berikut:
    • Pesanan penjualan Emas Suka-Suka melalui fasilitas transaksi online melalui aplikasi tanamduit yang dilakukan sampai dengan pukul 16.00 WIB, akan diproses pada hari yang sama (hari kerja)
    • Pesanan penjualan Emas Suka-Suka melalui fasilitas transaksi online melalui aplikasi tanamduit yang dilakukan setelah pukul 16.00 WIB, akan diproses pada hari kerja berikutnya.
  14. Nasabah dengan ini mengerti bahwa transaksi yang telah berhasil dilakukan tidak dapat dibatalkan.
logo-tanamduit

Hak Cipta ©2017-2021
PT Mercato Digital Asia Dilindungi Undang-Undang

tanamduit adalah platform finansial digital terpercaya yang menyediakan berbagai instrumen investasi dan asuransi dalam satu aplikasi! Dikelola oleh PT Mercato Digital Asia yang telah terdaftar Kementerian komunikasi (KOMINFO) dengan nomor : 00442/DJAI.PSE/11/2017

Produk koleksi kartu emas (emas PT Hartadinata Abadi Tbk.) bekerja sama dengan PT Aurum Digital Internusa. Produk emas suka-suka (emas PT Aneka Tambang Tbk. "Antam") bekerja sama dengan PT Tamasia Global Sharia yang sudah diawasi oleh Bappebti.

Produk reksa dana dan Surat Berharga Negara (SBN) difasilitasi oleh PT Star Mercato Capitale yang Telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) KEP-13/PM.21/2017 dan Surat penunjukan mitra distribusi dari DJPPR - Kementrian Keuangan Republik Indonesia dengan nomor S-363/pr/2018 dan dari SBSN dengan nomor PENG-2/PR.4/2018

Produk asuransi disediakan oleh PT Mercato Digital Insurtech bekerjasama dengan Premiro yang telah memiliki izin OJK dengan nomor KEP.18/NB.1/2016

Download tanamduit sekarang! Klik disini