Home » 5 Manfaat Investasi Emas untuk Masa Depan yang Wajib Kamu Tahu!

5 Manfaat Investasi Emas untuk Masa Depan yang Wajib Kamu Tahu!

oleh | Feb 15, 2022

Sebelum mulai berinvestasi, kamu perlu mengetahui manfaat investasi emas untuk masa depan. Instrumen ini menjadi pilihan tepat untuk investasi jangka panjang lebih dari 5 tahun. Tidak heran, banyak orang mempercayakan logam mulia sebagai aset investasi yang menjanjikan di masa yang akan datang. Selain itu, produk investasi ini juga memiliki profil risiko rendah sehingga masyarakat dari berbagai kalangan dapat mengalokasikan dana investasinya ke dalam instrumen ini.

Seorang pengusaha dan investor sukses asal Amerika Serikat, Warren Buffet juga menganggap bahwa logam mulia menjadi aset safe haven atau aset yang mampu menjaga nilainya walaupun kondisi perekonomian tidak stabil. Oleh karena itu, emas menjadi aset andalan yang menguntungkan bagi masa depan. Berikut merupakan manfaat investasi emas untuk masa depan yang wajib kamu ketahui.

1. Imbal Hasil Menguntungkan untuk Masa Depan

grafik-harga-emas-2022

Meskipun harga emas dalam jangka pendek itu fluktuatif, jenis logam mulia ini menjadi salah satu alternatif investasi yang memiliki nilai cenderung selalu naik dalam jangka panjang pada rentang waktu 5 sampai 10 tahun. Berdasarkan grafik harga emas per 15 Februari 2022, aset ini memiliki kenaikan harga hingga 45,81% dalam waktu 5 tahun. Jika kamu mulai berinvestasi sekarang, maka kamu akan memperoleh keuntungan yang optimal di masa yang akan datang. 

Untuk itu, instrumen investasi ini menjadi pilihan tepat untuk memperoleh imbal hasil yang menuntungkan di masa depan. Bagi kamu yang mempersiapkan dana pensiun, dana pembangunan rumah atau dana pendidikan anak, investasi emas menjadi pilihan terbaik yang mampu memberikan imbal hasil optimal dalam jangkka panjang.

2. Likuiditas Terjamin dan Mudah Diperjualbelikan

Seiring berjalannya waktu, harga emas cenderung naik dan keberadaan logam mulia selalu memiliki nilai tinggi sehingga kamu dapat mencairkan aset ke dalam bentuk uang tunai dengan mudah. Di samping itu, logam mulia juga mampu mempertahankan nilainya dalam jangka panjang meskipun kondisi perekonomian dunia bergejolak. Hal tersebut membuat aset ini bersifat likuid dan mudah diperjualbelikan.

Setiap orang mampu melakukan transaksi jual-beli logam mulia dengan mudah tanpa memerlukan proses panjang. Seorang investor juga dapat melakukan investasi emas secara online dalam bentuk koin, batangan hingga perhiasan. Jadi, kamu dapat berinvestasi dengan mudah dan praktis.

Baca juga: Belajar Investasi Emas dari Awal Untuk Pemula Serta Cara Memulainya

3. Sebagai Penyeimbang Devaluasi Mata Uang

Emas berfungsi sebagai penyeimbang devaluasi mata uang. Kondisi perekonomian dunia yang tidak stabil dapat memicu penurunan nilai mata uang. Namun, logam mulia berwujud sebagai penyeimbang devaluasi mata uang karena pencetakan logam mulia ini tidak bisa dicetak dengan mudah seperti uang. Hal tersebut membuat nilai logam mulia stabil dan mampu melindungi kekayaan investor dari devaluasi mata uang.

4. Mengamankan Kekayaan dari Inflasi

Logam mulia atau emas menjadi komoditas yang mampu mempertahankan nilainya dalam jangka panjang walaupun menghadapi situasi krisis ekonomi. Saat terjadi inflasi dan pergolakan kondisi perekonomian dunia, aset ini justru mengalami kenaikan harga. Investor sukses dunia pun mempercayakan emas sebagai aset yang mampu mengamankan kekayaan dalam jangka panjang sehingga aset kekayaanmu aman untuk masa depan.

5. Investasi Emas sebagai Diversifikasi Investasi

Istilah “Dont put your eggs in one basket” berkaitan erat dengan diversifikasi investasi atau menaruh dana investasimu ke berbagai instrumen investasi. Salah satu tips dalam berinvestasi, kamu harus berusaha mengoptimalkan keuntungan dan mengurangi risiko investasimu dengan diversifikasi investasi.  Dengan begitu, kamu mampu melindungi portofolio investasi dari risiko penurunan nilai aset investasi. Jika salah satu instrumen asetmu anjlok, maka emas dapat menjadi asset savior yang menyelamatkan portofoliomu di tengah krisis ekonomi sehingga kamu dapat memperoleh imbal hasil yang optimal.

Kesimpulan

Investor logam mulia dapat memperoleh berbagai manfaat investasi emas untuk masa depan karena instrumen ini sangat menguntungkan dalam jangka waktu lebih dari 5 tahun. Jenis logam mulia ini mampu mempertahankan nilainya di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil. Jika investor ingin mempersiapkan dana di masa depan seperti dana pensiun atau dana biaya pendidikan anak, maka ia dapat memilih emas sebagai alternatif investasi. Untuk itu, kamu perlu mengenali tujuan keuanganmu sehingga mampu memperoleh imbal hasil yang optimal.

Baca juga: Wajib Tahu, Keuntungan Investasi Emas Serta Kekurangannya 

Di samping berinvestasi emas, kamu dapat mulai mendisversifikasi portofolio investasi ke berbagai instrumen investasi seperti reksa dana dan Surat Berharga Negara (SBN) di aplikasi tanamduit. Sekarang, kamu dapat berinvestasi ke dalam tiga produk investasi sekaligus dalam satu aplikasi. Jadi, kamu dapat mengoptimalkan keuntungan di masa depan dengan mencapai tujuan keuanganmu bersama tanamduit. Yuk, download aplikasi tanamduit sekarang!

 

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile