Home » Ajarkan Manfaat Menabung Pada Anak Dengan Cara Ini!

Ajarkan Manfaat Menabung Pada Anak Dengan Cara Ini!

oleh | Jul 7, 2021

Manfaat menabung sejak dini sangat banyak, makanya nggak heran kalau banyak orang tua mengajarkan kebiasaan ini. Meskipun begitu, nggak jarang, lho, orang-orang merasa kesulitan melakukan kebiasaan ini, bahkan ketika mereka sudah beranjak dewasa.

Buat kamu yang punya anak, sudah seharusnya mengajarkan kebiasaan menabung ini sejak dini, karena nanti bisa bermanfaat untuk masa depan. Namun, mengajarkan kebiasaan tersebut kenyataannya, nggak semudah yang kita bayangkan.

Kalau kamu masih kesulitan dalam mengajarkan kebiasaan menabung pada anak, kamu bisa coba untuk lakukan beberapa hal berikut:

 

1. Memberikan Pemahaman Tentang Uang

Teaching via Freepik

Sebelum menuju langkah yang lebih jauh, ada baiknya kamu berikan penjelasan terlebih dahulu mengenai uang kepada anak. Penjelaskan perlu diberikan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh si buah hati. Manfaat menabung akan lebih jelas jika anak sudah paham tentang apa itu uang dan kegunaannya. kamu bisa menjelaskan tentang jenis uang, jumlah atau nominal dan manfaat dari uang itu sendiri agar lebih mudah mengajarkan kebiasaan menabung.

Tidak perlu tergesa-gesa dalam memberikan pemahaman tentang uang, karena tingkat pemahaman anak tentu berbeda. Jadi, kamu harus menyesuaikannya dengan usia dan kemampuan buah hatimu dalam memahami penjelasan.

 

2. Memberikan Penjelasan dan Contoh Manfaat Menabung

Savings via Freepik

Jika anak sudah memahami konsep uang dengan benar, maka langkah selanjutnya adalah memberikan penjelasan tentang manfaat menabung untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan buah hati sehingga anak lebih mudah memahaminya.

Kamu bisa memberi contoh menabung kepada anak dimulai dari barang-barang yang mereka sukai, misalnya menabung untuk membeli boneka, robot, liburan, dll. Anak biasanya akan lebih semangat menabung jika tujuannya adalah sesuatu yang disukainya.

3. Menghadiahkan Celengan Lucu

Piggy bank via Freepik

Menabung memang tidak bisa dipisahkan dari yang namanya celengan. Celengan merupakan tempat menyimpan uang tradisional atau tempat kita dalam mengumpulkan uang tabungan. Sekarang ini, banyak bentuk dan model celengan yang bisa kita jumpai di pasaran, misalnya bentuk mobil, hewan, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memberikan hadiah celengan lucu ini pada anak untuk memberinya semangat menabung.

Apabila anak sudah memahami manfaat menabung dan memiliki tempat lucu untuk menabung, maka anak akan lebih semangat dalam membiasakan diri menabung. Oleh karena itu, siapkan celengan lucu yang disukai anakmu.

 

4. Buka Tabungan di Bank

Kids thoughts via Freepik

Selain celengan, kamu bisa menyimpan uang lebih mudah, aman, dan praktis dengan membuat rekening di bank. Sebagian anak lebih bersemangat saat ia diajak ke bank. Jadi nggak ada salahnya kalau kamu membuatkan rekening tabungan untuk anak.

Sekarang, sudah banyak layanan tabungan untuk anak-anak dari bank. Dengan melihat buku tabungan atau kartu ATM, anak akan lebih bersemangat. Membuka tabungan di bank juga menjadi salah satu cara orang tua untuk mendorong semangat bagi anak untuk selalu menabung sekaligus memperkenalkan lembaga keuangan ini.

 

5. Kamu Adalah Role Model dari Anakmu!

Role model via Freepik

Memberi perintah memang lebih mudah daripada melakukannya sendiri padahal anak belajar bukan pada verbal saja, tapi juga mencontoh perilaku orang tua. Kalau kamu ingin anakmu gemar menabung, tentu kamu harus memiliki kebiasaan itu terlebih dahulu.

Oleh karena itu, jangan hanya memberikan penjelasan mengenai manfaat menabung, tapi berikan contohnya secara langsung pada anak. Pastikan anak melihat saat kamu memasukkan uang ke dalam celengan dan berikan sedikit penjelasan mengapa kamu melakukan hal tersebut.

 

6. Menyisihkan Uang Jajan

Snacks via Freepik

Untuk bisa menabung maka kita harus memiliki pendapatan atau penghasilan terlebih dahulu. Tapi, bagi anak yang belum bekerja, tentu mereka tidak bisa menyisihkan uang dari gaji. Kamu bisa mengajarkan pada anak untuk menyisihkan uang jajan yang kamu berikan agar bisa ditabung. Ajarkan pada anak bahwa uang jajan tersebut harus disisihkan sebagian agar bisa ditabung di celengan favoritnya.

Anak masih bisa menggunakan sebagian uangnya untuk jajan, tapi tidak menghabiskan semuanya karena mereka harus menabung. Anda bisa sambil menjelaskan manfaat menabung agar anak lebih paham.

 

7. Mulai Sekarang Juga

Start now via Pexels

Jika dirasa usia anak sudah cukup untuk memahami konsep dan kebiasaan ini, maka tidak ada alasan lagi untuk menunda pembelajaran menabung. Kamu bisa memulainya dari cara paling simpel dan mudah bagi usia anak. Semakin dini kamu mengajarkan kepada anak tentang pentingnya menabung, maka kebiasaan ini akan selalu dibawanya hingga dewasa. Jangan menunda lagi untuk mengajarkan kebiasaan ini pada anak karena akan bermanfaat untuk masa depan. Kamu juga bisa mengajak anak ke toko yang menjual celengan, jadi anak sudah bisa mempraktikkan ajaran menabung yang kamu berikan.

Dalam memberikan arahan kepada anak untuk menabung, kamu juga harus memperhatikan usia dan kondisi anak agar ajaran tidak sia-sia. Dengan begitu, anak akan memahami manfaat menabung dan segera melakukan kebiasaan ini.

Oh, iya, selain kebiasaan menabung, kamu juga bisa memperkenalkan investasi juga lho pada anak, sedikit demi sedikit. Pengenalan konsep investasi bisa dimulai dengan membelikan koleksi kartu emas dengan desain lucu dan menarik bagi anak. Kamu bisa belikan koleksi kartu emas di tanamduit untuk buah hati tercinta sambil pelan-pelan memberikan pemahaman kalau kartu emas tersebut harus disimpan baik-baik, karena terdapat logam mulia di dalamnya yang nilainya dalam jangka panjang (> 5 tahun), akan terus bertumbuh.

 

Penulis: Syafira Maulida

banner-download-mobile