Home » Ajarkan Manfaat Menabung Pada Anak Dengan Cara Ini!

Ajarkan Manfaat Menabung Pada Anak Dengan Cara Ini!

oleh | Feb 16, 2022

Sebagai orang tua, kamu dapat mulai mengajarkan cara menabung untuk anak. Dengan begitu, buah hatimu tidak merasa kesulitan menyisihkan uang tabungan karena sudah memiliki kebiasaan menabung sejak dini. Kebiasaan ini memiliki banyak manfaat bagi anak di masa depan. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter mereka yang lebih mandiri, mampu menghargai uang, dan menggunakan uang dengan bijak.

Orang tua memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kebiasaan menabung sejak dini. Kamu juga dapat menggunakan cara menyenangkan agar si kecil semangat belajar untuk mengumpuklan uang tabungan. Sebelum terlambat, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut.

1. Memberikan Pemahaman Tentang Uang

 

 

 

 

Sebelum menuju langkah yang lebih jauh, kamu dapat memberikan penjelasan tentang uang kepada anak. Kamu dapat mulai menjelaskan tentang apa yang, nominal uang, hingga manfaat uang di kehidupan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami oleh si buah hati. Jika anak sudah mendapatkan pemahaman tentang uang, maka kamu akan lebih mudah mengarahkan sang buah hati untuk mulai menabung.

Kamu tidak perlu merasa tergesa-gesa dalam memberikan pemahaman tentang uang, karena tingkat pemahaman anak berbeda. Jadi, kamu harus menyesuaikannya dengan usia dan kemampuan buah hatimu sehingga ia merasa senang mempelajarinya.

2. Menjelaskan Manfaat Menabung Untuk Anak

 

 

 

 

Selanjutnya, kamu dapat memberikan penjelasan tentang manfaat menabung untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan buah hati sehingga anak lebih mudah memahaminya. Dengan begitu, anak akan memahami jerih payah dalam mengumpulkan uang.

Kamu bisa mengarahkan anak menabung untuk beli barang-barang yang mereka suka. Misalnya, sang anak bisa membeli boneka, robot, atau membeli mainan lainnya dengan hasil tabungannya. Dengan begitu, anak akan merasa lebih semangat menabung demi mendapatkan mainan impian.

3. Menghadiahkan Celengan Lucu

 

 

 

Kegiatan menabung tidak bisa lepas dari celengan. Celengan merupakan tempat menyimpan uang tradisional atau tempat kita dalam mengumpulkan uang tabungan. Sekarang, banyak celengan dengan bentuk menarik di pasaran seperti bentuk mobil, hewan, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memberikan hadiah celengan lucu ini agar anak semangat menabung. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan celengan lucu dengan karakter favorit si kecil.

4. Buka Tabungan di Bank

 

 

 

 

 

Selain celengan, kamu bisa menyimpan uang lebih mudah, aman, dan praktis dengan membuat rekening di bank. Seringkali, anak sangat bersemangat pergi ke bank.  Jadi, kamu bisa membuatkan rekening tabungan untuk anak.

Sekarang, sudah banyak layanan tabungan untuk anak-anak dari bank. Anak akan merasa semangat dengan melihat buku tabungan atau kartu ATM, anak akan lebih bersemangat. Cara ini dapat menjadi alternatif orang tua dalam mendorong semangat anak agar selalu menabung. Di samping itu, kamu juga dapat memperkenalkan lembaga keuangan ini kepada si kecil.

5. Kamu Adalah Role Model dari Anakmu!

 

 

 

 

Sang anak akan lebih mudah melakukan sebuah kegiatan baru dengan melihat kebiasaan orang tuanya. Dalam hal ini, anak belajar tidak hanya berasal dari perintah atau arahan verbal dari orang tua tetapi si kecil juga mencontoh perilaku orang tua. Untuk itu, kamu harus memiliki kebiasaan itu terlebih dahulu.

Kamu dapat memberikan contoh secara langsung, tidak hanya memberikan penjelasan mengenai manfaat menabung. Oleh karena itu, kamu harus memastikan anak melihat saat kamu memasukkan uang ke dalam celengan sekaligus memberikan penjelasan alasan kamu melakukan hal tersebut.

6. Menyisihkan Uang Jajan

 

 

 

Bagi anak yang belum bekerja, kamu bisa mengajarkan anak untuk menyisihkan uang jajan yang kamu berikan agar bisa ditabung. Mereka harus menyisihkan sebagian uang jajannya untuk mengisi celengan kesayangan.

Anak masih bisa menggunakan sebagian uangnya untuk jajan. Namun, kamu harus mengarahkan anak agar tidak menghabiskan uang sakunya karena mereka harus menabung dan mengumpulkan uang demi mewujudkan keinginannya.

7. Mulai Ajarkan Menabung untuk Anak

 

 

 

 

Jika usia anak sudah cukup untuk memahami konsep dan kebiasaan ini, maka kamu tidak boleh menunda pembelajaran menabung. Kamu bisa memulainya dari cara paling sederhana. Anak yang memperoleh arahan untuk menabung sejak dini akan memiliki kebiasaan baik ini hingga dewasa sehingga ia akan lebih bijak dalam mengelola keuangannya di masa depan. Jadi, jangan menunda untuk mengajarkan kebiasan ini.

Sekarang, kamu bisa mengajak anak ke toko celengan sehingga ia bisa mempraktikkan cara menabung secara langsung. Namun, kamu juga harus memperhatikan usia dan kondisi anak agar anak memahaminya dengan mudah.

Setelah itu, kamu juga bisa memperkenalkan investasi juga lho pada anak, sedikit demi sedikit. Kamu bisa mengenalkan konsep investasi mulai dengan membelikan koleksi kartu emas dengan desain lucu dan menarik bagi anak. Di samping itu, kamu bisa belikan koleksi kartu emas di tanamduit untuk buah hati tercinta. Seiring berjalannya waktu, kamu memberikan pemahaman bahwa ia harus menyimpan kartu emas itu dengan baik karena logam mulia memiliki nilai yang berharga dalam jangka panjang (> 5 tahun), akan terus bertumbuh.

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile