Home » Apa itu Emas Digital? Simak Perbedaannya dengan Emas Batangan Yuk

Apa itu Emas Digital? Simak Perbedaannya dengan Emas Batangan Yuk

oleh | Feb 24, 2022

Apa itu Emas Digital?

Emas digital adalah salah satu jenis emas 24 karat yang memungkinkan investor membelinya secara online tanpa beban penyimpanan. Di tengah perkembangan teknologi, kamu tidak hanya dapat membeli aset logam mulia berupa produk fisik di toko. Investor dapat melakukan beli simpan emas digital secara online. Aplikasi penyedia layanan investasi logam mulia menawarkan pembelian produk ini dengan mudah, aman, dan praktis. 

Aset logam mulia menjadi salah satu instrumen investasi jangka panjang terpercaya karena nilainya selalu naik setiap tahunnya. Di samping itu, masyarakat dari berbagai kalangan sudah mulai menabung emas digital secara rutin melalui sebuah aplikasi. Kini, siapa pun bisa memiliki aset logam mulia karena minimal pembeliannya itu terjangkau. Mulai dari Rp10 ribu, kamu sudah bisa menabung logam mulia digital. 

Baca juga: Pengertian Emas, Jenis, Manfaat, dan Cara Membedakan Emas Asli

Untuk itu, aset ini menjadi alternatif yang tepat bagi kamu yang ingin berinvestasi dengan mudah dan menguntungkan di masa depan. Sebelum mulai berinvestasi, kamu harus mengenali perbedaan logam mulia digital dengan logam mulia batangan melalui penjelasan berikut.

Perbedaan Emas Digital dengan Emas Batangan

1. Waktu Pembelian 

Dahulu, kamu hanya bisa membeli logam mulia fisik di toko tradisional. Sekarang, kamu dapat melakukan transaksi pembelian hanya melalui satu aplikasi dengan mudah, cepat, dan aman. Kamu bisa melakukan transaksi dalam waktu singkat setelah mengunduh aplikasi dan mendaftarkan diri sebagai nasabah. Proses verfisikasi juga hanya membutuhkan waktu singkat. Selanjutnya, proses transaksi pembelian dapat berlangsung secara online.  Jadi, kamu bisa melakuan transaksi pembelian di mana saja dan kapan saja dengan aman.

2. Nilai Jual-Beli Emas

Jika kamu ingin memiliki aset logam mulia fisik, maka kamu harus melakukan pembelian produk tersebut dengan ukuran 0,1 gram, 0,5 gram, hingga 100 gram. Sementara itu, kamu bisa membeli emas digital mulai dari ukuran 0,01 gram atau dengan nominal terjangkau. Setiap perusahaan menawarkan minimal pembelian yang beragam. Namun, kamu bisa mulai membeli aset logam mulia digital melalui aplikasi tanamduit mulai dari Rp10 ribu. Jadi, kamu bisa mulai menabung aset logam mulia secara rutin melalui aplikasi penyedia layanan investasi logam mulia dengan mudah dan terjangkau.

3. Biaya Penyimpanan

Umumnya, investor menyimpan aset logam mulia di brankas pribadi atau Safe Deposit Box (SDB). Namun, brankas memiliki risiko kehilangan, kerusakan, atau kebakaran. Sementara itu, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar biaya administrasi penyimpanan di SDB. Untuk itu, produk beli simpan logam mulia digital menjadi alternatif investasi logam mulia yang aman. Investor tidak perlu memusingkan tempat penyimpanan yang aman. 

Beberapa penyedia layanan investasi logam mulia menyediakan jasa penitipan logam mulia digital dengan harga terjangkau. Namun, kamu bisa beli simpan emas digital di aplikasi tanamduit tanpa biaya penyimpanan. 

Baca juga: Kenali Emas Batangan dan Keuntungannya, Wajib Tahu!

Keuntungan Investasi Emas Digital

1. Modal Terjangkau

Kini, modal investasi logam mulia tidak harus menunggu punya harta berlimpah. Kamu bisa melakukan transaksi beli simpan emas digital mulai dari Rp 10 ribu atau gramasi 0,01 gram. Jadi, seluruh kalangan masyarakat bisa mulai mengalokasikan sebagian penghasilannya untuk investasi jangka panjang ke dalam aset ini.

2. Memiliki Risiko Rendah

Selain modal terjangkau, instrumen investasi ini juga memiliki risiko yang rendah sehingga cocok sekali untuk investor pemula. Di samping itu, aset berharga ini juga memiliki nilai yang cenderung naik dalam kurung waktu  lebih dari 5 tahun Dengan risiko minim, kamu dapat memperoleh imbal hasil atau keuntungan maksimal di masa yang akan datang. Instrumen investasi ini cocok sekali bagi investor yang  ingin mempersiapkan dana pensiun, dana pendidikan anak, atau tujuan keuangan lainnya.

3. Transaksi Jual-Beli Emas Secara Online

Dalam hal ini, investor sudah bisa melakukan pembelian emas melalui aplikasi secara online. Investor dapat memilih produk logam mulia dengan gramasi atau nominal uang tertentu dan melakukan transaksi pembayaran dapat berlangsung secara online. Kamu juga bisa memliih berbagai metode pembayaran terbaik. Setelah melakukan proses pembelian, kamu akan mendapatkan faktur digital sebagai bukti pembelian produk logam mulia.

4. Likuiditas Terjamin

Jika kamu ingin menjual emas digital, maka kamu dapat melakukan proses penjualan dengan mudah melalui satu aplikasi. Dalam hal ini, investor tidak perlu pergi ke toko atau mencari calon pembeli aset logam mulia karena transaksi penjualan bisa berlangsung secara online. Umumnya, proses penjualan logam mulia di aplikasi hanya membutuhkan waktu 1-2 hari di hari kerja. Setelah itu, hasil pejualan akan otomatis masuk ke rekeningmu. 

5. Investasi Sekaligus Koleksi

Di samping berinvestasi, investor juga dapat sekaligus melakukan koleksi produk logam mulia. Sekarang, kamu bisa memilih desain kartu emas dengan beragam pilihan desain menarik atau desain sesukamu dalam bentu emas digital maupun cetak. Kamu dapat mengoleksinya dalam bentuk logam mulia digital tanpa biaya penyimpanan. Namun, kamu juga bisa mencetak bentuk fisik koleksi logam mulia digital dengan biaya cetak terjangkau. Jadi, aset investasi yang berharga ini juga bisa menjadi aset koleksi menarik.

6. Tempat Penyimpanan Aman

Umumnya, aplikasi penyedia layanan investasi emas digital bekerja sama dengan perusahaan yang sudah diawasi oleh BAPPEBTI sehingga seluruh proses transaksi jual-beli hingga penyimpanan aset logam mulia terjamin keamanannya. Kamu tidak perlu memusingkan tempat penyimpanan yang aman tanpa mengeluarkan biaya tambahan. 

Meskipun ada beberapa aplikasi yang menetapkan biaya penitipan logam mulia, kamu bisa berinvestasi emas digital dengan mudah dan aman di aplikasi tanamduit tanpa biaya tambahan, lho. tanamduit adalah salah satu aplikasi penyedia layanan investasi emas digital terbaik dan bekerja sama dengan perusahaan logam mulia yang sudah diawasi oleh BAPPEBTI. Investor bisa membeli produk Emas Suka-suka (PT Antam) dan Koleksi Emasku (PT Bersama Inovasi Gemilang) mulai dari Rp10 ribu. 

Saat kamu ingin menjual produk emas digital, kamu bisa mencetak kartu emasmu dengan desain menarik sesukamu dengan harga terjangkau dan emas fisik akan dikirim ke alamat rumahmu. Investasi emas di tanamduit praktis dan aman, bukan? Kamu juga bisa cetak desain emas dari 0,1 gr aja~ Klik di sini untuk dapatkan emasmu sekarang!

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile