Home » Belajar Investasi Emas dari Awal untuk Pemula Serta Cara Memulainya

Belajar Investasi Emas dari Awal untuk Pemula Serta Cara Memulainya

oleh | Feb 10, 2022

Investasi emas adalah salah satu instrumen investasi yang praktis, mudah, dan menguntungkan dalam jangka panjang. Meskipun sudah memiliki penghasilan yang stabil, kamu juga perlu mempersiapkan masa depan yang lebih baik dengan mengelola keuangan secara optimal. Untuk itu, mulai belajar investasi emas menjadi salah satu usaha untuk menjamin keuangan di masa depan. Untuk mempersiapkan dana simpanan dalam jangka panjang, kamu tidak perlu ragu untuk mengalokasikan sebagai penghasilan ke aset emas. 

Aset ini tidak hanya menjadi favorit sebagai perhiasan, tetapi jenis logam mulia berupa koin atau batangan dengan karakteristik kadar karat emas yang beragam juga menjadi alternatif aset yang membawa banyak keuntungan. Umumnya, toko penjualan aset ini baik toko offline maupun online menyediakan emas 18 karat, 20 karat hingga 24 karat.

Emas memiliki nilai yang cenderung naik dalam jangka waktu lebih dari 5 tahun. Saat nilai emas turun, nilainya tidak akan menurun secara signifikan. Bahkan, logam mulia ini menghasilkan imbal hasil yang cukup tinggi dalam jangka panjang sehingga instrumen ini terkenal dengan aset safe haven. Bahkan, Warren Buffet, seorang pengusaha dan investor sukses asal Amerika Serikat, mempercayakan emas sebagai aset yang sangat ideal yang aman di seluruh dunia dan mampu bertahan di tengah kehancuran pasar modal.  Agar kamu lebih yakin untuk berinvestasi aset ini, kamu perlu mengetahui pentingnya investasi emas seperti penjelasan berikut. 

Pentingnya Investasi Emas

pentingnya-investasi-emas

Kini, masyarakat cenderung mempercayakan aset ini sebagai instrumen investasi andalan sebagai tempat menyiapkan dana darurat sehingga popularitas aset ini semakin tinggi. Selain itu, belajar investasi emas itu sangat mudah bagi para pemula. Hal itu membuat emas menjadi alternatif terbaik bagi investor pemula. 

Logam mulia ini menjadi aset yang praktis dan aman sehingga emas menjadi pilihan terbaik bagi semua kalangan usia mulai dari generasi milenial hingga orang tua. Instrumen investasi ini tidak pernah lekang oleh waktu. Hal ini membuat banyak orang mulai merasakan manfaat emas untuk masa depan.

Jika kamu rutin menabung emas di masa muda, maka kamu akan menikmati keuntungan yang optimal dalam jangka panjang. Untuk itu, logam mulia menjadi pilihan tepat bagi generasi muda yang ingin mempersiapkan kebebasan finansial di masa yang akan datang. Sebelum mulai berinvestasi, kamu perlu belajar investasi emas agar menguntungkan.

Bagaimana Cara Investasi Emas

1. Tentukan Tujuan Investasi Emas

Hal pertama dalam tips belajar investasi emas, kamu dapat menentukan tujuan berinvestasi beserta jangka waktunya agar dapat mencapai kebebasan finansial di masa yang akan datang. Dengan menentukan tujuan, kamu dapat lebih konsisten dan semangat mencapai tujuan keuanganmu. Selain itu, tujuan tersebut akan memudahkan kamu dalam mengatur keuangan bulanan agar rutin menyisihkan sebagian penghasilan untuk membeli emas dengan besaran yang sesuai dengan kemampuan finansialmu.

2. Pastikan Beli Emas di Tempat Terpercaya

Sebagai antisipasi tertipu investasi bodong, kamu harus memastikan membeli emas di tempat terpercaya. Selain membelinya di Pegadaian atau toko emas tradisional, kamu juga dapat membeli di aplikasi penyedia layanan investasi yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga terjamin keamanannya. 

tanamduit menjadi salah satu aplikasi investasi emas terbaik yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi emas secara online baik beli digital maupun cetak dengan mudah dan praktis. Mulai dari 10 ribu, kamu sudah bisa melakukan transaksi pembelian emas hanya melalui satu aplikasi saja.

3. Pilih Tempat Penyimpanan Emas yang Terbaik

Cara investasi emas selanjutnya, kamu dapat memastikan tempat penyimpanan yang aman dan praktis. Biasanya, orang menyimpan aset investasinya di dalam brankas di rumah atau menyimpannya di Safe Deposit Box atau SDB di bank. Namun, investor harus menanggung biaya tambahan untuk bisa menggunakan SDB. Besaran biaya tersebut berbeda di setiap bank.

Sebagai alternatif, kamu dapat melakukan transaksi beli simpan emas digital di aplikasi investasi sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk tempat penyimpanan. Di aplikasi tanamduit, kamu juga bisa beli simpan emas digital dengan mudah dan praktis, lho!

4. Perhatikan Perkembangan Harga Emas

Sekarang, kamu dapat memperhatikan perkembangan harga emas melalui situs online. Bahkan, ada aplikasi yang menyediakan update perkembangan harga logam mulia tersebut. Saat harga emas sedang tinggi, kamu dapat mempertimbangkan untuk menjualnya. Namun, instrumen investasi akan lebih optimal dalam kurun waktu 5-10 tahun. Umumnya, harga logam mulia cenderung stabil. Jika mengalami penurunan, maka aset ini tidak akan mengalami penurunan yang drastis.

5. Rutin Investasi dan Fokus pada Tujuan

Setelah berhasil melakukan transaksi pembelian dan memilih tempat penyimpanan terbaik yang aman, kamu dapat menabung rutin dengan membeli emas secara rutin dan fokus pada tujuan keuanganmu. Hal ini akan memudahkan kamu dalam membiasakan diri konsisten berinvestasi hingga berhasil mengelola keuangan dengan optimal.

Keuntungan Investasi Emas

1. Likuiditas Terjamin

Jika suatu saat kamu membutuhkan uang tunai, maka kamu dapat mencairkan aset ini dengan mudah dan praktis. Saat kamu membeli produk ini, kamu dapat memproses penjualan dalam waktu singkat. Berbeda dengan investasi properti seperti rumah atau tanah yang membutuhkan waktu lama untuk menjualnya, kamu dapat melakukan transaksi jual-beli emas secara offline maupun online.

2. Pilihan Tepat untuk Investasi Jangka Panjang

Produk ini menjadi pilihan tepat pagi investor yang ingin mempersiapkan dana darurat, dana pensiun, atau tujuan keuangan lainnya dalam jangka panjang. Berdasarkan grafik perkembangan emas dari tahun ke tahun, harganya cenderung naik signifikan. Meskipun instrumen ini kurang cocok untuk investasi jangka pendek, kamu akan merasakan banyak keuntungannya dalam jangka panjang lebih dari 5 tahun. Saat kamu membutuhkan uang tunai, kamu juga dapat melakukan penjualan dengan mudah dan praktis.

3. Melindungi Kekayaan dari Inflasi

Selanjutnya, jenis investasi ini dapat melindungi kekayaan investor dari inflasi. Pergerakan nilai atau harga logam mulia ini berubah seiring naik-turunnya kondisi keuangan. Jika krisis ekonomi terjadi, maka harga aset ini akan meningkat. Berbeda dengan tabungan biasa atau menyimpan uang tunai, nilai mata uang dapat mengalami penurunan. Untuk itu, aset ini menjadi pilihan investasi yang sangat aman.

Kenapa Harus Investasi Emas?

grafik-harga-emas-naik

Bagi kamu yang berencana investasi dalam jangka panjang, kamu dapat mengalokasikan dana ke aset emas. Dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun, nilai atau harga emas selalu menunjukan grafik yang naik secara signifikan. Berdasarkan datra grafik harga emas per 17 Februari 2022, grafik harga logam mulia mengalami kenaikan sampai 72,40%. Ketika kondisi perekonomian stabil, maka harga emas cenderung stabil. Di samping itu, aset ini juga mampu menghindari risiko perubahan tingkat inflasi sehingga instrumen ini sangat aman bagi segala kalangan. 

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Jual atau Beli Emas?

alasan-kenapa-harus-investasi-emas

Sekarang adalah waktu yang tepat bagi kamu untuk mengalokasikan dana untuk aset ini. Jika kamu memiliki uang dengan jumlah cukup yang sudah kamu sisihkan dari penghasilan, maka saat itu menjadi waktu yang tepat untuk investasi emas. Saat harga emas turun, kamu dapat membeli logam mulia dan menjualnya di saat harga emas mengalami kenaikan.

Namun, kamu dapat membeli aset logam mulia ini dengan jumlah gramasi atau nominal tertentu tanpa harus menunggu harga emas naik atau turun. Harga emas itu cenderung fluktuatif sehingga imbal hasilnya akan maksimal dan stabil dalam jangka panjang. Untuk itu, kamu perlu berinvestasi secara rutin agar dapat mencapai tujuan keuanganmu.

Jadi, waktu yang tepat untuk mencairkan emas itu saat kamu mencapai tujuan investasimu setelah 5-10 tahun berinvestasi secara rutin. Oleh karena itu, kamu harus konsisten mengalokasikan sebagai penghasilan untuk membeli emas sehingga kamu dapat menikmati keuntungan yang maksimal dalam jangka panjang.

Di tanamduit, kamu bisa membeli produk emas mulai dari Rp10 ribu, lho! Bahkan,  kamu bisa cetak produk Koleksi Emasku dengan desain menarik hingga mencetak produk Emas Suka-Suka dengan desain sesuai karaktermu. Yuk, mulai investasi emas di tanamduit!

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile