Beranda » belajar » Emas » 6 Cara Investasi Emas Bagi Pemula yang Mudah dan Aman!

6 Cara Investasi Emas Bagi Pemula yang Mudah dan Aman!

oleh | Mei 20, 2024

Cara investasi emas bagi pemula

Buat kamu yang baru mau mulai berinvestasi emas, ada beberapa langkah penting yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Tentukan tujuan

2. Sesuaikan dengan kemampuan finansial

3. Beli emas di tempat terpercaya

4. Selalu pantau perkembangan emas

5. Pilih tempat penyimpanan emas

6. Mulai konsisten dalam berinvestasi

Saat ini, ada banyak cara memulai investasi emas yang mudah dan aman bagi pemula. Emas adalah salah satu instrumen investasi yang ramah bagi pemula dan memiliki risiko rendah.

Selain itu, aset ini cenderung memiliki nilai yang selalu naik dalam jangka panjang. Hal itu membuat emas terkenal dengan asset safe haven.

Seandainya nilai emas turun, nilainnya tidak akan turun signifikan. Investasi ini juga dapat menghindari risiko perubahan tingkat inflasi, memiliki suku bunga yang tinggi  dan likuiditas yang tinggi.

Untuk itu, alternatif investasi ini cocok sebagai tempat dana daruratmu. Selain itu, cara investasi emas sangatlah mudah, praktis, dan aman sehingga ramah bagi pemula. Berikut merupakan penjelasannya.

Cara Investasi Emas

Ada beberapa tahap jitu untuk memulai investasi logam mulia. Banyak orang bertanya, berapa lama investasi emas bisa untung?

Kamu bisa mendapatkan imbal hasil optimal dalam jangka panjang lebih dari 5 tahun. Seiring berjalanna waktu, nilai instrumen ini cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Para pemula perlu menentukan strategi khusus untuk instrumen ini dapat membawa banyak keuntungan di masa yang akan datang. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan saat berinvestasi logam mulia.

1. Tentukan Tujuan 

Kamu ingin berinvestasi untuk biaya pernikahan? Membeli rumah? Biaya pendidikan? Atau mengumpulkan dana darurat?

Investasi ini cocok sekali untuk investasi jangka menengah hingga jangka panjang. Sebelum mulai berinvestasi, kamu perlu menentukan tujuan investasi emas.

Hal ini dapat memudahkan kamu dalam menyesuaikan jangka waktu dan besaran jumlah investasi setiap bulan. 

2. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Kamu bisa mengalokasikan sebagian uangmu untuk membeli emas secara digital dengan nominal kecil, lho!

Pertama, kamu perlu membuat perencanaan keuangan dan alokasi pendapatan sehingga dapat berinvestasi sesuai dengan kemampuan finansial.

Ingat, instrumen investasi ini bukanlah tempat penyimpanan seluruh pendapatmu! Investor dapat menyisihkan dana lebih dari pengeluaran sehari-hari dan dana darurat setiap bulannya walaupun harga emas sedang turun.

Bahkan, investor pemula sudah bisa investasi mulai dari 10 ribu. Jadi, jangan menunda investasi, ya!

3. Beli Emas di Tempat Terpercaya

Kini, banyak layanan online yang menawarkan jual-beli emas digital dengan mudah dan aman melalui aplikasi investasi.

Di samping itu, kamu harus memastikan bahwa aplikasi yang kamu pilih itu memberikan sertifikat asli sehingga terjamin keaslian produknya.

Jangan sampai situs investasi bodong buat kamu gagal investasi. Di aplikasi tanamduit, kamu bisa mendapatkan koleksi cetaknya lengkap dengan sertifikat asli, lho!

4. Pantau Perkembangan Emas

Harga emas dapat mengalami fluktuasi yang dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran di pasar global.

Selain itu, harga instrumen investasi ini mengacu pada harga pasar dunia dengan satuan US Dollar yang terus berubah.

Manfaatkanlah momen saat harga emas turun untuk membeli aset berkilau ini. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh keuntungan dari selisih buyback di masa yang akan datang saat harganya mengalami kenaikan.

Dari tahun ke tahun, harganya cenderung mengalami kenaikan sehingga instrumen ini cocok untuk investasi jangka panjang.

Untuk itu, kamu perlu investasi secara rutin sekaligus turut memantau dan analisa perkembangan harga. Dengan demikian, kamu bisa lebih bijak dalam mengantisipasi naik-turun harga emas. Hal ini juga dapat membantu kamu untuk memperkirakan keuntungan investasi dalam satu tahun.

5. Pilih Tempat Penyimpanan Emas

Kamu bisa menyimpan emas di brankas pribadi di rumah yang dilengkapi dengan pin dan sidik jari. Namun, cara tersebut masih beresiko pencurian. Sebagai alternatif, kamu bisa menyimpannya secara digital di aplikasi. Jadi, kamu gak perlu ribet simpan asetmu, deh.

Sekarang, beli dan jual emas bisa via aplikasi sehingga investor pemula lebih fleksibel saat melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja. 

6. Mulai Investasi dan Terus Menabung

Ada banyak cara investasi emas yang mudah bagi pemula. Investasi emas digital melalui sebuah aplikasi penyedia layanan jual-beli emas menjadi alternatif yang mudah, praktis, dan aman.

Setelah melakukan tahapan cara investasi emas bagi pemula, kamu bisa mulai berinvestasi secara berkala sesuai dengan kemampuan finansial.

Investor pemula dapat mulai berinvestasi dengan download aplikasi tanamduit! Pembelian emas di tanamduit itu gak ada batasan jumlah yang akan dijual ataupun biaya transaksi secara digital.

Mulai dari 10 ribu, kamu bisa melakukan transaksi dengan metode pembayaran ShopeePay, LinkAja, GoPay, Dana, OneKlik (BCA), dan Virtual Account.

Keuntungan Investasi Emas

1. Likuiditas Terjamin

Jika suatu saat kamu membutuhkan uang tunai, maka kamu dapat mencairkan aset ini dengan mudah dan praktis. Saat kamu membeli produk ini, kamu dapat memproses penjualan dalam waktu singkat.

Berbeda dengan investasi properti seperti rumah atau tanah yang membutuhkan waktu lama untuk menjualnya, kamu dapat melakukan transaksi jual-beli emas secara offline maupun online.

2. Pilihan Tepat untuk Investasi Jangka Panjang

Produk ini menjadi pilihan tepat pagi investor yang ingin mempersiapkan dana darurat, dana pensiun, atau tujuan keuangan lainnya dalam jangka panjang. Berdasarkan grafik perkembangan emas dari tahun ke tahun, harganya cenderung naik signifikan.

Meskipun instrumen ini kurang cocok untuk investasi jangka pendek, kamu akan merasakan banyak keuntungannya dalam jangka panjang lebih dari 5 tahun.

Saat kamu membutuhkan uang tunai, kamu juga dapat melakukan penjualan dengan mudah dan praktis.

3. Melindungi Kekayaan dari Inflasi

Selanjutnya, jenis investasi ini dapat melindungi kekayaan investor dari inflasi. Pergerakan nilai atau harga logam mulia ini berubah seiring naik-turunnya kondisi keuangan.

Jika krisis ekonomi terjadi, maka harga aset ini akan meningkat. Berbeda dengan tabungan biasa atau menyimpan uang tunai, nilai mata uang dapat mengalami penurunan. Untuk itu, aset ini menjadi pilihan investasi yang sangat aman.

Bagaimana Cara Investasi Emas di tanamduit?

Sebelum melakukan transaksi, kamu harus download aplikasi tanamduit terlebih dahulu. Selanjutnya, ikuti tahapan berikut ini untuk melakukan pendaftaran hingga melakukan transaksi pembelian pertama.

1. Buka aplikasi tanamduit dan lakukan pendaftaran

Di saat melakukan pendaftaran, jangan lupa masukkan kode referral “TANAMEMAS” untuk mendapatkan bonus dari transaksi emas pertama.

Kamu bisa mendapatkan bonus emas 0,01 gram saat melakukan transaksi pembelian Koleksi Emasku pertama minimal 0,1 gram.

masukkan-kode-referral-tanamemas

Kemudian, lakukan proses pendaftaran hingga berhasil masuk ke halaman dashboard aplikasi tanamduit.

2. Pilih produk emas di aplikasi tanamduitpilih-menu-emas-di-aplikasi-tanamduit

3. Pilih produk emas

pilih-produk-emas-digital-atau-cetak

4. Pilih desain kartu emas favoritmu atau beli emas sesuai nominal pembelian  

Jika kamu ingin membeli emas cetak atau membeli emas dengan desain menarik untuk dicetak nanti, maka kamu bisa pilih “Beli Emas Fisik”.

pilih-desain-kartu-emas

Mau beli emas dengan nominal pembelian sesukamu mulai dari Rp10 ribu? Mau beli simpan emas? Pilih “Beli Emas Digital”.

beli emas mulai dari 10 ribu

5. Tentukan besaran gramasi emas yang akan kamu beli

pilih-gramasi-kartu-emas-pilihanmu

6. Klik jumlah pesanan kartu emasmu

masukkan-jumlah-pembelian-emas

7. Cek tampilan emas cetak dan masukkan pesan khusus

masukkan-tambahan-pesan-pada-kartu-emas

8. Masukkan alamat pengiriman kartu emas dan selesaikan transaksi

masukkan-alamat-pengiriman-emas

9. Pilihlah metode pembayaran emas

pilih-metode-pembayaran-emas

Setelah melakukan pembayaran, kamu sudah berhasil membeli emas di aplikasi tanamduit. Proses cetak emas paling lama 3 hari kerja. Emas cetak akan dikirim ke alamat tujuanmu.

Kesimpulan

Bagaimana cara investasi emas bagi pemula? Pertama, tentukan tujuan. Kemudian, sesuaikan alokasi dana beli emas dengan kondisi finansial dan beli di tempat terpercaya.

Lalu, pantau harga terbarunya untuk mendapatkan harga terbaik saat membelinya. Jangan lupa pilih tempat penyimpanan yang aman. Nah, di aplikasi tanamduit, kamu bisa cek harga terbaru serta grafik harga terbaru, lho. 

Ketika kamu butuh tabungan emas untuk dana darurat, kamu bisa langsung klik jual dan hasil penjualan akan segera masuk ke rekeningmu, lho!

Apalagi, kamu bisa beli dan jual emas kapan saja dan dimana saja. Sekarang, kamu bisa investasi emas dengan mudah, aman, dan praktis di aplikasi tanamduit, lho.

Investasi di tanamduit, Aja!

Dapatkan emas 24K lengkap sertifikat keasliannya mulai dari Rp10 ribu atau gramasi 0,01 gram di aplikasi tanamduit. Kamu harus tahu bahwa harga emas itu dapat berubah setiap harinya.

Untuk mengetahui harga emas terbaru, kamu bisa cek di aplikasi tanamduit. Ada grafik harga yang selalu update setiap harinya.

Kamu bisa dapatkan bonus 0,01 gram setiap transaksi pembelian emas fisik Koleksi Emas minimal 0,1 gram di aplikasi tanamduit. Jangan lupa, pakai kode referral TANAMEMAS saat melakukan pendaftaran, ya. Periode promo berlangsung mulai 1 Januari s.d. 31 Desember 2024.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi tanamduit dan jangan lupa cek syarat dan ketentuan promo dengan klik banner di bawah ini!

tanamemas

tanamduit Team
tanamduit Team

tanamduit adalah aplikasi penyedia beragam produk investasi reksa dana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan asuransi yang telah berizin dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile