Home » 6 Cara Investasi Emas Bagi Investor Pemula yang Mudah dan Aman

6 Cara Investasi Emas Bagi Investor Pemula yang Mudah dan Aman

oleh | Des 15, 2021

Cara investasi emas bagi pemula

Buat kamu yang baru mau mulai berinvestasi emas, ada beberapa langkah penting yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Tentukan tujuan

2. Sesuaikan dengan kemampuan finansial

3. Beli emas di tempat terpercaya

4. Selalu pantau perkembangan emas

5. Pilih tempat penyimpanan emas

6. Mulai konsisten dalam berinvestasi

Saat ini, ada banyak cara memulai investasi emas yang mudah dan aman bagi pemula. Emas adalah salah satu instrumen investasi yang ramah bagi pemula dan memiliki risiko rendah. Selain itu, aset ini cenderung memiliki nilai yang selalu naik dalam jangka panjang. Hal itu membuat emas terkenal dengan asset safe haven. Seandainya nilai emas turun, nilainnya tidak akan turun signifikan. Investasi ini juga dapat menghindari risiko perubahan tingkat inflasi, memiliki suku bunga yang tinggi  dan likuiditas yang tinggi. Untuk itu, alternatif investasi ini cocok sebagai tempat dana daruratmu. Selain itu, cara investasi emas sangatlah mudah, praktis, dan aman sehingga ramah bagi pemula. Berikut merupakan penjelasannya.

Cara Investasi Emas

1. Tentukan Tujuan 

tujuan-investasi-emas
Kamu ingin berinvestasi untuk biaya pernikahan? Membeli rumah? Biaya pendidikan? Atau mengumpulkan dana darurat? Investasi ini cocok sekali untuk investasi jangka menengah hingga jangka panjang. Sebelum mulai berinvestasi, kamu perlu menentukan tujuan investasi emas. Hal ini dapat memudahkan kamu dalam menyesuaikan jangka waktu dan besaran jumlah investasi setiap bulan. 

2. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

investasi-emas-digital
Kamu bisa mengalokasikan sebagian uangmu untuk membeli emas secara digital dengan nominal kecil, lho! Pertama, kamu perlu membuat perencanaan keuangan dan alokasi pendapatan sehingga dapat berinvestasi sesuai dengan kemampuan finansial. Ingat, instrumen investasi ini bukanlah tempat penyimpanan seluruh pendapatmu! Investor dapat menyisihkan dana lebih dari pengeluaran sehari-hari dan dana darurat setiap bulannya walaupun harga emas sedang turun. Bahkan, investor pemula sudah bisa investasi mulai dari 10 ribu. Jadi, jangan menunda investasi, ya!

3. Beli Emas di Tempat Terpercaya

 investasi-emas
Kini, banyak layanan online yang menawarkan jual-beli emas digital dengan mudah dan aman melalui aplikasi investasi. Di samping itu, kamu harus memastikan bahwa aplikasi yang kamu pilih itu memberikan sertifikat asli sehingga terjamin keamanannya dan memberikan layanan produk investasi yang diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Kementerian Perdagangan (BAPPEBTI). Jangan sampai situs investasi bodong buat kamu gagal investasi. Di aplikasi tanamduit, kamu bisa mendapatkan koleksi cetaknya lengkap dengan sertifikat asli, lho!

4. Pantau Perkembangan Emas

Harga emas dapat mengalami fluktuasi yang dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran di pasar global. Selain itu, harga instrumen investasi ini mengacu pada harga pasar dunia dengan satuan US Dollar yang terus berubah. Untuk itu, kamu perlu investasi secara rutin sekaligus turut memantau dan analisa perkembangan harga. Dengan demikian, kamu bisa lebih bijak dalam mengantisipasi naik-turun harga emas. Hal ini juga dapat membantu kamu untuk memperkirakan keuntungan investasi dalam satu tahun.

5. Pilih Tempat Penyimpanan Emas

 
Kamu bisa menyimpan emas di brankas pribadi di rumah yang dilengkapi dengan pin dan sidik jari. Namun, cara tersebut masih beresiko pencurian. Sebagai alternatif, kamu bisa menyimpannya secara digital di aplikasi. Jadi, kamu gak perlu ribet simpan asetmu, deh. Sekarang, beli dan jual emas bisa via aplikasi sehingga investor pemula lebih fleksibel saat melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja. 

6. Mulai Investasi dan Terus Menabung

Ada banyak cara investasi emas yang mudah bagi pemula. Investasi emas digital melalui sebuah aplikasi penyedia layanan jual-beli emas menjadi alternatif yang mudah, praktis, dan aman. Setelah melakukan tahapan cara investasi emas bagi pemula, kamu bisa mulai berinvestasi secara berkala sesuai dengan kemampuan finansial.

Investor pemula dapat mulai berinvestasi dengan download aplikasi tanamduit! Pembelian emas di tanamduit itu gak ada batasan jumlah yang akan dijual ataupun biaya transaksi secara digital. Mulai dari 10 ribu, kamu bisa melakukan transaksi dengan metode pembayaran ShopeePay, LinkAja, GoPay, Dana, OneKlik (BCA), dan Virtual Account.

Bagaimana Cara Investasi Emas di tanamduit?

1. Pilih ikon produk emas 

invetasi-emas-tanamduit

2. Pilih produk emas

produk-emas-tanamduit

3. Masukkan jumlah rupiah atau gramasi emas

pilih-gramasi-harga-emas

4. Lakukan konfirmasi pembelian emas

pembelian-emas-tanamduit

5. Pilihlah metode pembayaran emas

metode-pembayaran-investasi-emas

Di aplikasi tanamduit, kamu bisa investasi emas mulai dari 10 ribu, lho! Jadi, kamu bisa masukkan sejumlah Rp10.000,00 dan rutin investasi setiap bulannya.

Ketika kamu butuh tabungan emas untuk dana darurat, kamu bisa langsung klik jual dan hasil penjualan akan segera masuk ke rekeningmu, lho! Kamu bisa beli dan jual emas kapan saja dan dimana saja. Cara investasi di tanamduit mudah, aman, dan praktis, bukan?  Yuk, mulai investasi di tanamduit dari sekarang, terus menabung, dan capai tujuan investasimu!

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile