Home » Waijb Coba! 7 Cara Menabung Emas di Rumah, Mudah dan Aman

Waijb Coba! 7 Cara Menabung Emas di Rumah, Mudah dan Aman

oleh | Apr 27, 2022

Investor pemula harus mengetahui cara menabung emas di rumah yang mudah dan aman. Sejak dulu, banyak orang yang mempercayakan logam mulia sebagai aset investasi jangka panjang. Meskipun nilainya fluktuatif dalam jangka pendek, aset logam mulia memiliki nilai yang cenderung naik dalam kurun waktu lebih dari 5 tahun. Aset ini juga mampu mempertahankan nilainya di tengah kondisi perekonomian dunia yang tidak stabil. Oleh sebab itu, kamu dapat mulai menabung emas di rumah dari sekarang agar bisa menikmati keuntungannya di masa yang akan datang.

Seiring berkembangnya teknologi, kamu bisa melakukan transaksi jual-beli logam mulia dengan mudah dan praktis. Dalam hal ini, kamu bisa menabung emas digital maupun fisik melalui satu aplikasi di ponsel pintar saja. Selain menabung, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan optimal di masa yang akan datang. Berikut merupakan cara menabung emas di rumah yang wajin kamu coba.

Cara Menabung Emas di Rumah

1. Tentukan Tujuan Menabung

Idealnya, orang yang sedang menabung itu memiliki tujuan finansial tertentu. Banyak orang yang memilih aset logam mulia untuk mempersiapkan keuangan dalam jangka panjang lebih dari lima tahun. Misalnya, seseorang ingin mempersiapkan dana pensiun, biaya pendidikan anak, atau biaya umroh. Adanya tujuan ini dapat memudahkan seseorang untuk konsisten dalam menabung. 

2. Pilih Aplikasi Investasi Emas Terbaik

Di rumah, kamu bisa melakukan pembelian logam mulia lewat aplikasi penyedia layanan investasi. Dalam hal ini, semua orang berkesempatan melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja lewat satu ponsel. Pastikan kamu memilih aplikasi terbaik dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta BAPPEBTI. Dengan begitu, kamu bisa melakukan transaksi dengan aman. Salah satu aplikasi penyedia investasi emas terbaik adalah tanamduit. 

Kamu bisa beli simpan emas digital atau cetak kartu emas fisik sesuai gramasi atau nominal tertentu. Bahkan, semua orang berkesempatan menabung emas mulai dari 10 ribu, lho. Masih bingung perbedaan keuntungan beli logam mulia digital atau fisik? Yuk, simak artikel berikut: Ketahui Keuntungan dari Investasi Emas Online dan Emas Fisik

3. Kenali Tempat Penyimpanan Paling Aman

Umumnya, aplikasi investasi yang menawarkan beli simpan atau cetak bentuk fisik logam mulia. Jika kamu lebih suka menyimpan emas fisik di rumah, maka kamu harus mengenali tempat penyimpanan paling aman. Bagi orang yang suka menyimpan logam mulia fisik atau suka mengoleksi kartu emas, kamu harus menyiapkan tempat penyimpanan yang aman.

Siapkan brankas khusus sebagai tempat penyimpanan logam mulia di rumah. Pastikan brankas tersebut menggunakan sistem perlindungan berlapis dan tersimpan di tempat khusus agar aman dari risiko pencurian. Kamu juga bisa menggunakan jasa penitipan logam mulia di bank, safe deposit box. Namun, kamu harus memenuhi biaya keamanan khusus dalam periode penyimpanan tertentu. Kenali tentang safe deposit box melalui artikel berikut: Apa itu Safe Deposit Box? Ini Keuntungan dan Kekurangannya

4. Hindari Simpan Emas di Lemari

Banyak orang menyimpan barang berharga di dalam lemari kamar saja. Padahal, lemari tidak cukup aman untuk menyimpan benda berharga termasuk logam mulia. Umumnya, para pencuri menjadikan lemari sebagai target pencurian. Untuk itu, kamu harus menyiapkan tempat penyimpanan aset logam muliamu di tempat yang sulit dijangkau dan penuh pengamanan ekstra. Jangan sampai menyimpannya di lemari, ya!

5. Nabung Emas Digital

Sebagai alternatif, kamu bisa menabung emas digital dengan mudah dan aman di aplikasi penyedia layanan investasi. Meskipun hanya mempunyai modal kecil, kamu tetap bisa menabung emas di rumah. Sekarang, semua orang berkesempatan beli aset logam mulia digital mulai dari 10 ribu atau 0,01 gram, seperti di aplikasi tanamduit. Selain itu, kamu tidak perlu memikirkan tempat penyimpanan di rumah atau mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa penyimpanan di safe deposit box. 

Penyedia layanan investasi emas digital memiliki tempat penyimpanan khusus yang terjamin keamanannya. Di aplikasi tanamduit, kamu tidak perlu membayar biaya penyimpanan aset logam muliamu. Kamu juga tetap bisa mencetak fisik tabungan emasmu sesuai keinginanmu. Jadi, investor pemula bisa mulai menabung emas digital di rumah dengan mudah, aman, dan praktis, deh!

6. Pantau Perkembangan Harga Emas

Di samping rutin menabung, kamu bisa memantau perkembangan harga secara berkala. Umumnya, harga emas itu memiliki pengaruh dari kondisi perekonomian dunia. Jadi, kegiatan ini bisa menjadi strategimu dalam mencapai target finansial. Jangan khawatir, semua orang bisa mengetahui grafik harga emas terkini secara online. Hal ini juga dapat memudahkanmu dalam memperkirakan jumlah keseluruhan dari tabungan  emasmu di masa yang akan datang.

7. Konsisten Menabung Emas

Ingat istilah, “sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit”? Nah, kamu bisa terus konsisten menabung emas dalam periode tertentu. Misalnya, setiap gajian rutin mengalokasikan Rp200 ribu untuk membeli logam mulia di aplikasi. Namun, kamu juga bisa menyesuaikan besaran alokasi tabungan emas sesuai dengan kondisi finansialmu. Jika sudah mencapai tujuan keuangan, maka kamu bisa mencairkan tabunganmu. Sekarang, semua orang juga bisa beli emas mulai dari 10 ribu sehingga tidak ada alasan lain untuk menunda beli logam mulia, bukan

Kesimpulan 

Di tengah perkembangan teknologi canggih, semua orang bisa menabung emas di rumah dengan mudah, aman, dan praktis. Seorang investor pemula dapat melakukan pembelian logam mulia kapan saja dan di mana saja melalui satu aplikasi saja. Dalam hal ini, investor bisa membeli emas digital maupun fisik mulai dari nominal terjangkau. 

Caranya, kamu harus menentukan tujuan menabung, memilih aplikasi investasi emas terbaik, menghindari simpan aset logam mulia fisik di lemari, dan menabung emas digital. Selanjutnya, investor perlu memantau perkembangan harga secara berkala dan terus konsisten menabung hingga mencapai tujuannya. Dengan begitu, cara menabung emas di rumah dapat berlangsung efektif dan kamu bisa mendapatkan keuntungan optimal di masa yang akan datang.

Kini, kamu bisa mulai menabung emas digital atau fisik di aplikasi tanamduit. Mulai dari 10 ribu, semua orang sudah bisa memiliki aset logam mulia. Bahkan, kamu juga bisa beli cetak logam mulia dengan pilihan desain kartu emas beragam atau pakai desain sesukamu! Yuk, download aplikasi tanamduit dan mulai menabung logam mulia sekarang!

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile