Home » Wajib Tahu, 9 Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu!

Wajib Tahu, 9 Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu!

oleh | Jul 8, 2022

Emas masih jadi primadona di masyarakat sebagai salah satu produk investasi yang menguntungkan, baik perhiasan maupun logam mulia. Dalam jangka panjang (>5 tahun), harga emas biasanya terus mengalami kenaikan. Nah, sebelum kamu mulai investasi pada produk ini, kamu wajib banget tahu cara mengetahui emas asli atau palsu. Jangan sampai investasimu jadi sia-sia karena berinvestasi barang palsu.

Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu

cara-mengetahui-emas-asli-atau-palsu

Mengetahui keaslian emas sekilas memang sulit untuk dibedakan, terutama buat para pemula. Meskipun sulit, ternyata kamu bisa membuktikan keasliannya melalui beberapa cara sederhana, lho. Simak artikel ini sampai tuntas, ya~

1. Perhatikan dengan Saksama Fisiknya

Cara mengetahui emas asli atau palsu yang pertama adalah dengan melihat fisiknya secara teliti. Logam mulia biasanya punya tanda khusus pada fisiknya seperti cap yang menunjukkan kadar karatnya. Tanda ini menggunakan satuan fineness yang lebih kita kenal menggunakan satuan karat mulai dari 10K, 18K, 24K.

Baca juga: Ketahui Kadar Karat Emas Sebelum Membeli 

2. Gigit Emas

Cara paling sederhana untuk mengecek keaslian emas adalah dengan menggigitnya. Mungkin cara ini cukup familiar, karena pernah melihat para atlet menggigit medali emasnya. Selain jadi tradisi, selebrasi tersebut jadi cara untuk membuktikan keaslian kandungannya pada medali tersebut.

Emas memiliki karakteristik yang unik. Semakin tinggi kadarnya, maka akan semakin lunak. Nggak heran kalau yang asli akan meninggalkan bekas gigitan ketika kita gigit. Akan tetapi, cara ini tidak berlaku untuk perhiasan, ya. Perhiasan biasanya sudah dicampur dengan jenis logam lain sehingga saat digigit tidak akan meninggalkan bekas apa pun. Jadi, kamu bisa menggunakan cara lainnya ya untuk mengecek perhiasanmu asli atau palsu.

3. Menggosoknya

Kamu juga bisa mengetahui emas asli atau palsu dengan cara menggosoknya. Kalau setelah digosok, warnanya memudar dan jadi nggak merata, bisa dipastikan kalau itu palsu.

4. Dekatkan ke Magnet

Emas merupakan logam yang sifatnya nonmagnetis, artinya nggak bisa ditarik oleh magnet. Akan tetapi, buat kamu yang punya perhiasan, perlu kamu ingat kalau ada kandungan logam lain dalam perhiasanmu. Jadi, pengujian ini hanya bisa kita lakukan pada logam mulia, ya.

5. Goreskan pada Keramik atau Kertas

Kamu bisa ambil kertas atau keramik yang ada di sekitarmu untuk menggoresnya. Kalau tidak meninggalkan bekas, maka logam mulia tersebut terjamin keasliannya. Meskipun begitu ini bisa jadi cara mengecek keaslian yang cukup berisiko, karena bisa merusak.

6. Meneteskan Asam Nitrat

Uji coba kimia untuk mengetahui keaslian logam mulia bisa kita lakukan dengan asam nitrat. Cukup teteskan asam nitrat, kalau tidak ada perubahan warna, artinya asli. Akan tetapi, kamu harus ekstra hati-hati melakukan uji coba ini karena asam nitrat mengandung senyawa yang bisa membahayakan tubuh dan pernapasan.

7. Cek Keaslian dengan Sertifikat

Cara mengetahui emas asli atau palsu dengan mengecek sertifikatnya. Biasanya terdapat hologram pada sertifikat yang bisa kamu cek di bawah sinar matahari. Apabila sertifikat tersebut asli, maka akan memantulkan warna-warni dari hologramnya.

8. Uji Keaslian dengan Suara

Kamu bisa menguji keaslian logam mulia dengan menjatuhkan atau mengetukkannya pada logam. Jika asli, akan mengeluarkan suara dering yang panjang dan bernada tinggi jika beradu dengan logam lain.

9. Datang ke Toko Terdekat

Kamu bisa datang ke toko emas terdekat untuk mengetahui keaslian logam mulia milikmu. Biasanya, petugas akan bantu mengecek dan menentukan keaslian emasmu. Tenang saja, mereka sudah terbiasa mengenalinya.

Beli di Tempat Terpercaya

Cara memastikan keaslian produk emas paling gampang adalah dengan membelinya di tempat terpercaya, baik online maupun offline. Salah satu aplikasi penyedia layanan jual beli emas adalah tanamduit. Di tanamduit terdapat dua pilihan produk yang bisa dipilih:

  • Koleksi Emasku, yaitu produk logam mulia produksi PT Bersama Investasi Gemilang (BIG GOLD) yang dikemas dalam bentuk kartu dengan berbagai pilihan desain menarik sehingga cocok untuk hadiah berkesan untuk orang tersayang. Kamu bisa membelinya mulai dari 0,1 gram.
  • Emas Suka-suka, yaitu produk logam mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk. yang dapat kamu beli dengan nominal terjangkau, mulai dari Rp10 ribu. Kamu juga bisa mencetak Emas Suka-suka mulai dari 0,5 gram.

Sekarang, kamu bisa investasi emas dengan mudah, aman, dan praktis di aplikasi tanamduit, lho. Kamu bisa beli emas digital atau kartu emas dengan desain menarik sesukamu dengan harga terjangkau! Ada produk Emas Suka-Suka (PT ANTAM) mulai dari Rp10 ribu atau Koleksi Emasku (BIGGOLD) mulai dari 0,1 gram. Kenali perbedaan kedua produknya melalui gambar berikut.

perbandingan-koleksi-emasku-vs-emas-suka-suka

Mulai investasi emas di tanamduit mudah dan aman, bukan? Yuk, download aplikasi tanamduit sekarang dan capai tujuan investasimu!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile