Beranda » belajar » Emas » 10 Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu, Jangan Tertipu!

10 Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu, Jangan Tertipu!

oleh | Jun 27, 2024

Cara mengetahui emas asli atau palsu perlu kamu ketahui agar tidak terjebak dalam penipuan transaksi emas. Jangan sampai investasimu jadi sia-sia karena berinvestasi barang palsu.

Dalam jangka panjang (>5 tahun), harga emas biasanya terus mengalami kenaikan. Oleh sebab itu, penipuan kerap terjadi saat angka permintaannya meningkat.

Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu

Berikut adalah beberapa cara untuk mengecek keaslian emas:
1. Perhatikan fisiknya
2. Gigit emas
3. Menggosoknya
4. Dekatkan magnet
5. Goreskan pada keramik
6. Meneteskan asam
7. Uji dengan suara
8. Cek keaslian dengan sertifikat
9. Datang ke tempat terdekat
10. Beli di tempat terpercaya

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Beli Emas ANTAM Terbaik dan Terpercaya

Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu

Kenali cara membedakan keaslian logam mulia melalui penjelasan brikut.

1. Perhatikan dengan Saksama Fisiknya

Cara mengetahui emas asli atau palsu yang pertama adalah dengan melihat fisiknya secara teliti. Logam mulia biasanya punya tanda khusus pada fisiknya seperti cap yang menunjukkan kadar karatnya.

Tanda ini menggunakan satuan fineness yang lebih kita kenal menggunakan satuan karat mulai dari 10K, 18K, 24K.

Baca juga: Ketahui Kadar Emas, Fungsi, dan Cara Menghitungnya!

2. Gigit Emas

Cara mengetahui emas asli secara manual adalah dengan menggigitnya. Mungkin cara ini cukup familiar, karena pernah melihat para atlet menggigit medali emasnya.

Selain jadi tradisi, selebrasi tersebut jadi cara untuk membuktikan keaslian kandungannya pada medali tersebut.

Emas memiliki karakteristik yang unik. Semakin tinggi kadarnya, maka akan semakin lunak. Nggak heran kalau yang asli akan meninggalkan bekas gigitan ketika kita gigit. Akan tetapi, cara ini tidak berlaku untuk perhiasan, ya.

Perhiasan biasanya sudah dicampur dengan jenis logam lain sehingga saat digigit tidak akan meninggalkan bekas apa pun.

Jadi, kamu bisa menggunakan cara lainnya ya untuk mengecek perhiasanmu asli atau palsu.

3. Menggosoknya

Kamu juga bisa mengetahui emas asli atau palsu dengan cara menggosoknya. Kalau setelah digosok, warnanya memudar dan jadi nggak merata, bisa dipastikan kalau itu palsu.

4. Dekatkan ke Magnet

Emas merupakan logam yang sifatnya nonmagnetis, artinya nggak bisa ditarik oleh magnet.

Akan tetapi, buat kamu yang punya perhiasan, perlu kamu ingat kalau ada kandungan logam lain dalam perhiasanmu. Ini bisa jadi cara mengetahui emas asli atau imitasi paling gampang.

5. Goreskan pada Keramik atau Kertas

Kamu bisa ambil kertas atau keramik yang ada di sekitarmu untuk menggoresnya. Kalau tidak meninggalkan bekas, maka logam mulia tersebut terjamin keasliannya.

Meskipun begitu ini bisa jadi cara mengecek keaslian yang cukup berisiko, karena bisa merusak.

6. Meneteskan Asam Nitrat

Uji coba kimia untuk mengetahui keaslian logam mulia bisa kita lakukan dengan asam nitrat. Cukup teteskan asam nitrat, kalau tidak ada perubahan warna, artinya asli.

Akan tetapi, kamu harus ekstra hati-hati melakukan uji coba ini karena asam nitrat mengandung senyawa yang bisa membahayakan tubuh dan pernapasan.

7. Cek Keaslian dengan Sertifikat

Cara mengetahui emas asli atau palsu lainnya adalah dengan mengecek sertifikatnya.

Biasanya terdapat hologram pada sertifikat yang bisa kamu cek di bawah sinar matahari. Apabila sertifikat tersebut asli, maka akan memantulkan warna-warni dari hologramnya.

8. Uji Keaslian dengan Suara

Kamu bisa menguji keaslian logam mulia dengan menjatuhkan atau mengetukkannya pada logam.

Jika asli, akan mengeluarkan suara dering yang panjang dan bernada tinggi jika beradu dengan logam lain.

9. Datang ke Toko Terdekat

Kamu bisa datang ke toko emas terdekat untuk mengetahui keaslian logam mulia milikmu.

Biasanya, petugas akan bantu mengecek dan menentukan keaslian emasmu. Tenang saja, mereka sudah terbiasa mengenalinya.

10. Beli di Tempat Terpercaya

Cara memastikan keaslian produk emas paling gampang adalah dengan membelinya di tempat terpercaya, baik online maupun offline.

Salah satu aplikasi penyedia layanan jual beli emas adalah tanamduit. Di tanamduit terdapat dua pilihan produk yang bisa dipilih:

  • Koleksi Emasku, yaitu produk logam mulia produksi PT Cipta Optima Digital 
    (emasin) yang dikemas dalam bentuk kartu dengan berbagai pilihan desain menarik sehingga cocok untuk hadiah berkesan untuk orang tersayang. Kamu bisa membelinya mulai dari 0,1 gram.
  • Emas Suka-suka, yaitu produk logam mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk  oleh PT Emas Digital Global (Tamasia) dapat kamu beli dengan nominal terjangkau, mulai dari Rp10 ribu. Kamu juga bisa mencetak Emas Suka-suka mulai dari 0,5 gram.

Kesimpulan

Sekarang, kamu sudah tahu cara mengetahui emas asli atau palsu dengan mudah dengan menerapkan kesepuluh tips di atas. Jadi, jangan sampai tertipu membeli emas palsu. Jangan mudah tergiur juga dengan harga yang lebih murah.

Sebelum membeli, ada baiknya kamu mengecek harga logam mulia terkini. Biasanya, harga di toko seharusnya tidak jauh berbeda dengan acuannya.

Investasi di tanamduit, Aja!

Dapatkan emas 24K lengkap sertifikat keasliannya mulai dari Rp10 ribu atau gramasi 0,01 gram di aplikasi tanamduit. Kamu harus tahu bahwa harga emas itu dapat berubah setiap harinya.

Untuk mengetahui harga emas terbaru, kamu bisa cek di aplikasi tanamduit. Ada grafik harga yang selalu update setiap harinya.

Kamu bisa dapatkan bonus 0,01 gram setiap transaksi pembelian emas fisik Koleksi Emas minimal 0,1 gram di aplikasi tanamduit. Jangan lupa, pakai kode referral TANAMEMAS saat melakukan pendaftaran, ya. Periode promo berlangsung mulai 1 Januari s.d. 31 Desember 2024.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi tanamduit dan jangan lupa cek syarat dan ketentuan promo dengan klik banner di bawah ini!

tanamemas

tanamduit Team
tanamduit Team

tanamduit adalah penyedia layanan investasi reksa dana, emas, SBN, dan asuransi yang telah berizin dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile