Home » Wajib Tahu! Ini Cara Menghitung Harga Emas dan Biaya Potongnya

Wajib Tahu! Ini Cara Menghitung Harga Emas dan Biaya Potongnya

oleh | Jun 28, 2022

Di era serba canggih seperti sekarang, emas masih cukup populer sebagai aset berharga untuk dijadikan koleksi ataupun investasi. Harganya dalam jangka panjang (>5 tahun) relatif mengalami kenaikan. Namun, masih banyak yang tidak mengetahui cara menghitung harga emas ketika ingin menjualnya. Khusus perhiasan, kamu akan dikenakan biaya pemotongan dari harga jualnya.

Yuk, kita cari tahu cara menghitungnya melalui artikel berikut!

Tujuan Penggunaan Emas

Tidak semua orang menjadikan aset berkilau satu ini sebagai instrumen investasi. Penggunaan aset berkilau satu ini cukup beragam, mulai dari konsumsi jadi perhiasan hingga mata uang. Berikut adalah tujuan penggunaannya yang paling umum.

1. Konsumsi Sebagai Perhiasan

Di negara padat penduduk seperti Cina dan India, penggunaan emas sebagai bahan utama perhiasan mencapai 52%, lho. Hal ini dikarenakan jenis logam satu ini paling mudah dibentuk dan tahan di berbagai suhu dan kelembapan.

2. Investasi

Seringkali banyak orang salah kaprah menjadikan perhiasan sebagai investasi. Padahal, ketika menjualnya kembali, toko akan mengenakan biaya potongan berupa ongkos pembuatannya sekitar 20-30% dari harga jualnya. Alhasil, keuntunganmu bisa berkurang atau bahkan bisa alami kerugian.

Berbeda halnya dengan berinvestasi pada emas batangan atau logam mulia (LM). Harga jual (buyback) logam mulia sangatlah transparan dan dapat diakses di mana pun dan kapan pun. Terlebih lagi, kemajuan teknologi seperti sekarang memudahkan kita untuk berinvestasi instrumen ini secara digital, jadi, kamu dapat mengakses harganya secara real-time melalui platform tersebut. Salah satu platform investasi logam mulia berbasis aplikasi adalah tanamduit. Kamu bisa berinvestasi emas ANTAM mulai dari Rp10 ribu saja, lho, serta bebas biaya pembelian dan penjualan!

Baca juga:  5 Perbedaan Emas Antam dan UBS, Wajib Kamu Ketahui!

    3. Mata Uang

    Saat belum ada uang kertas dan digital seperti sekarang, emas menjadi alat tukar dalam transaksi ekonomi. Keberadaan uang dalam bentuk logam sendiri (khususnya emas dan perak) pertama kali tercetus oleh Bangsa Lydia yang hidup di wilayah Turki pada abad ke-6 SM. Uang tersebut mereka namai elektrum. 

    Cara Menghitung Harga Emas Perhiasan

    Bagi kamu yang belum tahu, logam satu ini bersifat lunak dan mudah dibentuk. Akan tetapi, butuh campuran logam lainnya seperti perak dan tembaga, untuk menjadikannya perhiasan. Oleh karena itu, kadar kemurniannya tidak 99,9% seperti logam mulia sehingga cara perhitungannya juga berbeda. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk menghitung harga perhiasan di antaranya:

    1. Ketahui harga emas terkini melalui website atau platform jual-beli LM
    2. Kalikan harga dengan kadar karatnya (%)

    cara-menghitung-harga-emas-perhiasan

    Sebagai contoh, pada 2 Agustus 2020 kamu membeli gelang 18 karat seberat 4,5 gram dengan kode 750 senilai Rp3.500.000. Lalu, kamu berencana menjualnya pada Juni 2022. Harga LM (kadar 99,9%) per tanggal tanggal 28 Juni 2022 adalah Rp929.654,-

    Baca juga: Ketahui Kadar Emas Sebelum Membeli!

    perhitungan-harga-emas

    Berdasarkan perhitungan di atas, harga gelangmu mengalami penurunan 10% dari saat kamu membeli, tetapi belum termasuk biaya potong dari ongkos pembuatan. Ongkos pembuatan berkisar 20–30% harganya, tergantung kebijakan dari masing-masing toko.

    Tips Investasi Emas Menguntungkan

    Setelah mengetahui cara menghitung harga emas perhiasan, kamu jadi tahu, kan, kalau berinvestasi pada perhiasan kurang menguntungkan, terlebih jika kadar emasnya rendah. Nah, kalau kamu ingin berinvestasi, berinvestasilah pada logam mulia sekaligus yang tingkat kemurniannya 24K.  Kamu juga dapat memantau update harganya secara real-time di mana pun dan kapanpun.Kamu dapat berinvestasi emas melalui aplikasi tanamduit, baik digital maupun fisik. Tersedia dua pilihan produk, yaitu Koleksi Emasku dan Emas Suka-suka yang dapat kamu beli mulai dari Rp10 ribu.

    perbandingan-emas-tanamduit

    Yuk, download tanamduit sekarang dan mulai investasi emas sekarang!

    Syafira Maulida
    Syafira Maulida

    Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

    banner-download-mobile