Home » Ketahui Keuntungan dari Investasi Emas Online dan Emas Fisik

Ketahui Keuntungan dari Investasi Emas Online dan Emas Fisik

oleh | Feb 15, 2022

Apa itu Investasi Emas Online?

Investasi emas online adalah salah satu alternatif investasi emas yang memungkinkan investor melakukan transaksi secara online. Saat berinvestasi emas online, investor dapat melakukan pembelian atau penjualan produk dengan mudah dan praktis kapan saja dan di mana saja.

Saat ini, instrumen investasi ini menjadi aset andalan banyak orang. Logam mulia menjadi aset investasi yang populer dan terpercaya dari masa ke masa hingga memiliki julukan aset safe haven. Berbeda dengan instrumen yang lainnya, logam mulia mampu bertahan di tengah kondisi perekonomian yang tidak stabil sehingga mampu mengamankan kekayaan seseorang. 

Seiring berkembangnya teknologi, kegiatan investasi ini dapat berlangsung secara online melalui sebuah aplikasi atau situs daring tertentu. Kini, ada beberapa aplikasi yang menyediakan layanan investasi emas digital. Alternatif investasi tersebut semakin populer karena investor dapat melakukan transaksi pembelian kapan pun dengan mudah. Saat melakukan transaksi pembelian, investor pemula dapat memilih untuk membeli emas fisik atau emas digital. Instrumen investasi ini memiliki berbagai keuntungan menarik sebagai berikut.

Keuntungan Investasi Emas Online

1. Transaksi Mudah dan Praktis

Adanya kemudahan transaksi logam mulia secara online ini mampu memudahkan investor dalam berinvestasi. Sekarang, investor tidak perlu datang ke toko logam mulia tradisional untuk melakukan pembelian atau penjualan karena transaksi tersebut dapat berlangsung melalui satu aplikasi saja.

Pertama, calon investor logam mulia hanya perlu mengisi formulir pembukaan rekening dan melengkapi prosedur pendaftaran data diri. Lalu, proses verifikasi data pendaftaran akan berlangsung dalam waktu singkat. Setelah itu, kamu dapat langsung melakukan transaksi pembelian logam mulia dengan mudah. Dengan demikian, proses jual-beli ini dapat berlangsung dengan mudah, praktis, dan aman.

2. Cocok untuk Investasi Jangka Panjang

Logam mulia yang berkilau ini menjadi alternatif terbaik untuk investasi jangka panjang. Dalam kurun waktu lebih dari 5 tahun, kamu dapat memperoleh imbal hasil yang optimal. Meskipun pergerakan harga emas fluktuatif dalam jangka pendek, kamu dapat menikmati keuntuntungannya di masa yang akan datang sehingga instrumen ini menjadi pilihan tepat untuk mempersiapkan dana pensiun, dana pendidikan anak, atau mempersiapkan dana lainnya di masa depan.

3. Bisa Cetak Emas dengan Mudah

Tidak hanya nabung emas digital, investor juga dapat mencetak aset tersebut dalam bentuk emas fisik. Jika suatu saat ingin mencetak emas, maka kamu dapat langsung mencetaknya dengan biaya yang terjangkau. Bahkan, kamu dapat mencetaknya mulai dari besaran koin 0,1 gram.

Di samping itu, investor juga dapat mencetaknya dengan pilihan desain menarik atau cetak dengan desain buatanmu, lho! Adanya fitur ini cocok sekali bagi kamu yang ingin mempersiapkan kado ulang tahun, mahar pernikahan, hadiah perayaan Imlek, atau sekadar koleksi di rumah. 

4. Tempat Penyimpanan Terjamin Aman

Seringkali, orang merasa khawatir untuk menyimpan aset logam mulia di rumah karena memiliki risiko pencurian. Meskipun ada Safe Deposit Box (SDB) yang aman, investor harus mengalokasikan biaya tambahan secara berkala. Untuk itu, investasi emas digital menjadi alternatif karena investor tidak perlu memusingkan tempat yang aman untuk menyimpan semua asetmu.

Penyedia jasa investasi logam mulia online memiliki brankas khusus yang terjamin keamanannya. Namun, investor juga harus memastikan tempat pembelian aset logam muliamu mendapat pengawasan dari BAPPEBTI dan OJK. 

5. Nabung Emas Mulai dari 10 Ribu

Untuk memiliki logam mulia, kamu tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Mulai dari 10 ribu, kamu sudah bisa membeli logam mulia secara online. Oleh karena itu, instrumen ini cocok sekali untuk para pemula yang ingin memulai investasi dengan mudah dan aman. Jadi, investor logam mulia dapat menyesuaikan besaran dana investasi sesuai dengan kemampuan finansial.

Di aplikasi tanamduit, kamu dapat melakukan transaksi pembelian emas mulai dari nominal Rp10 ribu atau 0,01 gram, lho! Bahkan, kamu juga dapat memilih berbagai metode pembayaran seperti OVO, ShopeePay, LinkAja, GoPay, Dana, BCA OneKlik, dan Virtual Account. 

Baca juga: Wajib Tahu, Keuntungan Investasi Emas Serta Kekurangannya!

Bedanya Investasi Emas Online dengan Investasi Emas Langsung ?

1. Minimal Pembelian 

Pertama, pembelian logam mulia digital memiliki minimal pembelian dengan besaran yang tidak besar. Saat ini, investor dapat membeli emas secara online mulai dari 0,01 gram atau Rp10 ribu melalu aplikasi penyedia investasi logam mulia. Berbeda dengan pembelian logam mulia fisik, kamu hanya dapat membelinya dengan minimal pembelian 0,5 gram.

2. Waktu Pembelian

Berbeda dengan pembelian emas secara langsung di toko, kiamu dapat melakukan transaksi pembelian kapan saja sehingga waktu pembelian lebih fleksibel. Kemudahan ini juga membuat investor pemula dapat menabung logam mulia digital berulang kali. Sebagai strategi mengoptimalkan keuntungan, kamu dapat menentukan waktu untuk menabung emas setiap bulannya dengan nominal tertentu sehingga kamu dapat menikmati imbal hasilnya di waktu yang tepat.

3. Tempat Penyimpanan

Jika berinvestasi logam mulia fisik, maka kamu harus memikirkan tempat penyimpanan yang aman seperti brankas atau Safe Deposit Box (SDB). Namun, setiap bank menetapkan biaya tambahan untuk penyimpanan aset logam mulia di Safe Deposit Box sehingga kamu perlu menyiapkan dana tambahan. Saat berinvestasi emas digital, kamu tidak perlu menyiapkan biaya tambahan untuk menyimpan aset logam mulia karena penyimpanannya terjamin aman.

Meskipun ada beberapa perusahaan yang menetapkan biaya penitipan tabungan logam mulia digital, kamu tidak perlu mengeluarkan dana yang besar. Di samping itu, ada risiko kebakaran atau kerusakan saat menyimpan emas fisik sehingga kamu dapat meminimalisir risiko tersebut dengan menyimpan aset logam mulia secara digital.

Amankah Beli Emas Online?

Di tengah berkembangnya teknologi, kegiatan transaksi jual-beli dapat berlangsung di mana saja dan kapan saja. Hal tersebut juga mendukung kemudahan investasi emas dengan mudah praktis, dan aman. Sekarang, ada sejumlah aplikasi penyedia layanan investasi menawarkan fitur transaksi pembelian dan penjualan emas secara online.

Agar keamanannya terjamin, investor harus memastikan bahwa kamu membeli aset investasimu di tempat terpercaya. tanamduit adalah salah satu aplikasi investasi emas yang sudah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Setelah melakukan transaksi pembelian, aset investasimu otomatis masuk ke portofolio investasi emas di aplikasi. Melalui satu aplikasi, investor dapat menabung rutin dan melihat jumlah asetmu melalui deskripsi portofolio. Aset logam mulia tersebut akan tersimpan aman di brankas yang aman. Jadi, investor tidak perlu mengkhawatirkan tempat penyimpanan karena emas digital berada di tempat terbaik yang terjamin keamanannya. 

Meskipun nabung emas digital, kamu tetap bisa mencetak aset logam mulia milikmu dalam bentuk fisik. Biaya cetak emas juga relatif lebih murah. Bahkan, kamu dapat mencetak aset emas sesuai dengan desain pilihanmu. Saat mencetaknya, investor hanya perlu membayar biaya pencetakan yang relatif terjangkau dan logam mulia milikmu akan diantar ke alamat tujuan.

Cara Investasi Emas Online Bagi Pemula

1. Kenali Tujuan Investasi 

Sebelum mulai berinvestasi emas, kamu harus menentukan tujuanmu. Jenis investasi ini menjadi salah satu instrumen yang cocok untuk jangka panjang lebih dari 5 tahun. Jika kamu ingin mempersiapkan dana beli rumah, dana pensiun atau dana pendidikan, maka aset ini menjadi pilihan yang tepat.

Dengan menentukan tujuan, kamu dapat menyesuaikan besaran alokasi dana operasional sehari-hari, dana darurat, dan dana investasi setiap bulan sesuai dengan kondisi finansialmu. Jadi, kamu dapat mengatur strategi pengelolaan keuangan sehingga dapat mencapai tujuan keuangan dengan keuntungan optimal.

2. Transaksi di Tempat yang Terpercaya

Saat ini, hadir aplikasi penyedia layanan investasi emas digital yang memungkinkan investor membelinya dengan praktis. Agar tidak terjebak penipuan investasi bodong, kamu harus memastikan bahwa aplikasi atau situs tempat pembelian emas itu terjamin keamanannya oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Kementerian Perdagangan (BAPPEBTI). Sebelum melakukan transaksi, kamu dapat mencari tahu kredibilitas sebuah perusahaan penyedia layanan jual-beli logam mulia agar bebas dari penipuan.

3. Pilih Produk yang Tepat

Selain memilih tempat transaksi terpercaya, kamu juga dapat memilih produk logam mulia yang tepat sesuai dengan tujuan keuanganmu. Dalam lingkup investasi logam mulia secara online, kamu dapat memilih untuk berinvestasi dalam bentuk aset digital atau bentuk fisik. Jika ingin menyimpan aset logam mulia secara mandiri, maka kamu dapat berinvestasi emas fisik melalui transaksi pembelian online. Namun, kamu harus menghadapi risiko pencurian. 

Jika kamu berinvestasi emas digital, maka kamu hanya perlu menabung secara rutin tanpa memusingkan tempat penyimpanan yang aman. Setiap jenis investasi ini memiliki keuntungan dan risikonya sehingga kamu perlu mempertimbangkannya sesuai dengan tujuan keuanganmu. Dengan demikian, kamu dapat memaksimalkan keuntunganmu.

4. Pantau Perkembangan Harga Emas

Dalam jangka pendek, harga emas cenderung fluktuatif, dapat naik atau turun. Lalu, kenapa harga emas turun? Kondisi perekonomian secara global, penawaran dan permintaan logam mulia, inflasi, hingga kebijakan moneter berpengaruh terhadap pergerakan harga logam mulia. Untuk itu, kamu harus memantau harga emas secara berkala. Hal tersebut akan memudahkan kamu dalam menentukan waktu yang tepat untuk melakukan penjualan emas. Ketika harga emas naik, kamu dapat menjual aset investasimu. 

5. Rutin Investasi Emas

Agar memperoleh imbal hasil yang optimal dalam jangka panjang, kamu dapat menabung logam mulia secara rutin. Saat harga emas sedang turun, kamu juga dapat memanfaatkan momen tersebut untuk membeli aset tersebut dan menjualnya kembali di waktu terbaik. Namun, kamu dapat mengalokasikan sebagai penghasilanmu setiap bulan. Dengan konsisten menabung logam mulia, kamu dapat mencapai tujuan investasimu dan memperoleh imbal hasil yang optimal dalam kurun waktu 5 tahun atau lebih. 

6. Investasi Emas Online di tanamduit

Sekarang, banyak aplikasi penyedia layanan jual-beli logam mulia. tanamduit adalah salah satu aplikasi investasi emas terbaik yang sudah mendapatkan izin dan diawasi  oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Melalui satu aplikasi, investor dapat membeli logam mulia fisik maupun digital secara online kapan saja dan di mana saja. Jadi, kamu dapat melakukan transaksi pembelian logam mulia dengan praktis, mudah, dan aman. Bagaimana cara berinvestasi emas online di tanamduit? Untuk mengetahui langkah-langkahnya, kamu bisa baca artikel cara investasi emas bagi pemula.

Kesimpulan 

Berdasarkan  penjelasan di atas, investasi emas online adalah salah satu cara investasi emas yang memungkinkan investor melakukan transaksi jual-beli emas secara online. Instrumen ini dapat menjadi pilihan terbaik bagi pemula yang ingin mempersiapkan dana beli rumah, dana pensiun, dana pendidikan, atau tujuan keuangan lainnya dalam jangka panjang lebih dari 5 tahun. 

Baca juga: Belajar Investasi Emas Dari Awal Untuk Pemula Serta Cara Memulainnya

Di aplikasi tanamduit, investor dapat melakukan transaksi tersebut dengan mudah, praktis, dan aman. Dengan menabung emas digital secara rutin, kamu dapat memperoleh imbal hasil yang optimal di masa yang akan datang. Bahkan, kamu dapat berinvestasi mulai dari 10 ribu, menabung rutin dengan praktis, dan menjualnya kapan saja dengan mudah. 

tanamduit juga memberikan pilihan beragam desain kartu emas cetak menarik dan membuka kesempatan bagi kamu untuk mencetak desain sesukamu. Kamu dapat memilih produk Koleksi Emasku dan Emas Suka-Suka (PT Antam, Tbk). Sekarang, kamu dapat langsung download aplikasi tanamduit, mulai menabung emas, dan optimalkan imbal hasil investasimu!

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile