Home » Kenali Jenis Emas Batangan dan Keuntungannya, Wajib Tahu!

Kenali Jenis Emas Batangan dan Keuntungannya, Wajib Tahu!

oleh | Feb 22, 2022

Sebelum berinvestasi, investor logam mulia perlu mengetahui jenis emas batangan berdasarkan ukuran dan fungsinya. Emas batangan (gold bullion) adalah jenis logam mulia berbentuk batangan yang tidak berupa mata uang. Jenis emas yang tidak berupa mata uang ini memiliki sebutan emas lantakan. Umumnya, produk ini mengandung emas murni dengan tingkat kemurnian 24 Karat. Harga emas batangan cenderung fluktuatif dalam jangka pendek, sesuai dengan kekuatan harga pasar. 

Aset logam mulia ini menjadi salah satu alternatif instrumen investasi yang ideal untuk jangka panjang. Investor akan memperoleh sertifikat emas batangan setiap pembelian yang menjelaskan deskripsi informasi ukuran, berat, dan kadar karat logam mulia. Selain itu, ada kode emas berupa nomor seri khusus yang terukir di setiap produk fisiknya. Kode atau cap tersebut menjadi salah satu ciri emas asli.

Jenis Emas Batangan 

Berikut merupakan jenis emas batangan berdasarkan ukurannya.

1. Gold Bar Cast

Jenis produk ini adalah emas batangan berukuran kecil yang memiliki berat mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Produk yang memiliki sebutan small bar ini memiliki kadar karat emas murni sebesar 24 karat. Umumnya, perusahaan logam mulia di Indonesia memproduksi produk ini berukuran 1 gram, 2 gram, 2.5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50, gram, dan 100 gram.

2. Gold Bar Minted

Produk gold bar minted atau gold casting adalah jenis emas batangan berukuran besar. Umumnya, produk ini menjadi bahan baku pembuatan emas perhiasan sehingga memiliki kadar karat yang bervariasi, mulai dari 14 karat sampai dengan 24 karat. Gold casting ini memiliki ukuran yang beragam, diantaranya 250 gram, 1.000 gram, dan 12.500 gram. PT Antam merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi produk logam mulia ini. Jika kamu mencari aset investasi logam mulia yang memiliki nilai keindahan, produk ini bukan pilihan yang tepat karena bentuknya sangat sederhana. Oleh karena itu, logam mulia ini kerap digunakan sebagai bahan pembuatan perhiasan. 

Setiap perusahaan penyedia logam mulia batangan menawarkan produk berkualitas yang khas. Di Indonesia, banyak perusahaan yang menawarkan aset investasi ini seperti PT Antam, PT Bersama Inovasi Gemilang, Perusahaan Lotus Lingga Pratama, PT Pegadaian, dan sebagainya.

Berikut merupakan jenis emas batangan berdasarkan mereknya.

1. Antam

PT Aneka Tambang atau PT Antam adalah salah satu perusahaan penyedia logam mulia batangan yang menjadi favorit masyarakat investor. Emas Antam memiliki bentuk yang beragam, mulai dari 0,1 gram hingga 100 gram. Produk berukuran 0,1 gram, 5 gram, 10 gram, dan 50 gram menjadi variasi bentuk yang populer. Sebagai pemula, kamu dapat mulai membeli produk ini dalam mulai dari ukuran yang kecil.

Investor akan mendapatkan serifikat berisi deksripsi fisik emas berupa tingkat kemurnian, nomor seri,hingga keterangan tahun produksi produknya sebagai tanda keaslian logam mulia. Bahkan, investor juga dapat mencetak kartu emas dengan pilihan desain sesukamu. Di aplikasi tanamduit, kamu bisa membeli emas Antam mulai dari Rp10 ribu berupa beli simpan atau beli produk fisik dengan desain kartu emas sesukamu.

2. Big Gold 

PT Bersama Inovasi Gemilang atau Big Gold menyediakan produk logam mulia dengan tingkat kemurnian 24 karat dengan beragam ukuran. Big Gold menawarkan produk berukuran 0,1 gram, 0,5 gram, 1 gram, 2,5 gram, 5 gram, dan 10 gram. Investor juga bisa mencetak kartu emas dengan  pilihan desain menarik. Kamu bisa membeli produk ini  secara offline di toko resmi atau beli secara online di aplikasi investasi, seperti aplikasi tanamduit.

3. Lotus Archi

Sejak tahun 1975, Lotus Lingga Pratama sudah berdiri dan menyediakan produk logam mulia terbaik dengan tingkat kemurnian 24 karat. Untuk itu, investor pemula tidak perlu meragukan kualitas produk ini. Sekarang, kamu bisa mendapatkan produk ini melallui toko tradisional maupun toko online terpercaya. Namun, investor harus berhati-hati sebelum membeli produk logam mulia batangan karena rawan penipuan berkedok investasi. Sebelum membeli, investor harus mengetahu cara membedakan emas asli dan palsu.

4. UBS

Merek UBS adalah salah satu merek ternama yang menyediakan produksi emas batangan sejak tahun 1981. PT Untung Bersama Sejahtera menawarkan produk dengan ciri khas berbeda. Investor bisa mencetak aset investasinya dengan karakter desain yang beragam. Bahkan UBS juga memiliki desain karakter emas yang lucu, seperti karakter Disney, Hello Kitty, dan karakter lucu lainnya.

Selain menyediakan produk berbentuk batangan, UBS juga menghadirkan berbagai produk perhiasan. Merek Venus dan Basic Chain menjadi bagian dari brand perusahaan di bawah naungan UBS. Dalam hal ini, UBS menyediakan produk perhiasan dengan desain klasik dan unik. Jadi, kamu bisa membeli instrumen investasi yang tepat dan sesuai dengan tujuan keuanganmu.

5. Galeri24 

Logam mulia Galeri 24 adalah bagian dari PT Pegadaian yang menyediakan beragam jenis produk emas. Galeri24 menyediakan produk logam mulia dengan ukuran dan kadar emas yang beragam. Kini, kamu dapat membeli produk ini di kantor cabang Pegadaian terdekat. 

Keuntungan Investasi Emas Batangan

1. Cocok untuk Investasi Jangka Panjang

Instrumen investasi ini menjadi salah satu alternatif investasi ideal untuk jangka panjang. Jika kamu berencana mempersiapkan dana pensiun, dana pendidikan anak, biaya haji, beli rumah, atau tujuan keuangan lainnya, maka kamu dapat mengalokasikan sebagian penghasilanmu untuk membeli emas batangan. Dalam kurun waktu 5 sampai dengan 10 tahun, harga logam mulia cenderung naik signifikan. Jadi, kamu dapat memperoleh keuntungan optimal di masa yang akan datang.

2. Mampu Melindungi Kekayaan dari Inflasi

Logam mulia ini dapat melindungi kekayaan investor dari inflasi. Saat terjadi krisis ekonomi, harga instrumen investasi ini justru dapat mengalami kenaikan. Aset ini dapat instrumen yang lebih aman daripada menyimpan uang tunai yang berisiko mengalami penurunan nilai. Dengan begitu, investor dapat melindungi aset kekayaan dengan berinvestasi emas batangan.

3. Likuiditas Terjamin

Investor dapat mencairkan aset logam mulia batangan dengan mudah dan praktis. Selain itu, logam mulia menjadi aset bernilai tinggi sehingga investor dapat menjualnya dengan mudah. Jika kamu berinvestasi properti, maka kamu membutuhkan waktu lama untuk melakukan penjualan. Sementara itu, kamu dapat mencairkan aset logam mulia saat kamu membutuhkan uang tunai di masa yang akan datang.

Kini, investor dapat memilih jenis emas batangan yang tepat sebagai instrumen investasimu. Sekarang, kamu bisa beli emas batangan mulai dari Rp10 ribu secara online di aplikasi tanamduit, lho. Kini, investor pemula dapat membeli produk Koleksi Emasku (Big Gold) dan Emas Suka-Suka (PT Antam) dengan harga terjangkau dengan praktis dan aman. Kamu bisa beli simpan secara digital maupun produk fisik.

Bahkan, kamu bisa cetak desain kartu emasmu dengan desain sesukamu! Jangan khawatir, tanamduit bekerja sama dengan perusahaan penyedia logam mulia yang sudah diawasi oleh BAPPEBTI sehingga terjamin kemanannya. Di tanamduit, kamu juga bisa beli emas batangan berukuran kecil mulai dari 0,1 gram dengan mudah dan aman. Yuk, klik di sini untuk dapatkan kartu emasmu sekarang!

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile