Beranda » belajar » Emas » Kenapa Harus Investasi Emas? Ini Alasan Wajib Investasi Emas

Kenapa Harus Investasi Emas? Ini Alasan Wajib Investasi Emas

oleh | Mar 20, 2024

Kenapa harus investasi emas? Logam mulia terkenal dengan sebutan aset safe haven. Mengapa emas disebut dengan istilah safe haven? 

Logam mulia adalah komoditas fisik yang nilainya tidak akan terpengaruh kondisi kurs, suku bunga, dan inflasi. Bahkan, nilainya stabil cenderung naik dalam jangka panjang. 

Selain nilainya yang stabil, kemudahan transaksinya juga membuat instrumen ini cocok untuk pemula. Transaksi pembelian dan penjualannya bisa dilakukan secara online dan offline. 

7 Alasan Kenapa Harus Investasi Emas

Sekarang, semua orang punya kesempatan untuk investasi logam mulia dengan mudah. Jangan sampai menyesal telat mulai investasi!

Kenali alasan kenapa harus mulai punya aset logam mulia melalui penjelasan berikut.

1. Harga Naik dari Tahun ke Tahun

Dalam jangka pendek, harga emas cenderung naik turun, sangat fluktuatif. Namun, harganya cenderung selalu naik dari tahun ke tahun. Itulah kenapa instrumen ini menjadi andalan untuk investasi jangka panjang lebih dari 5 tahun.

Hal ini terlihat dari grafik harga selama 20 tahun terakhir yang selalu menunjukkan kenaikan. Apalagi, di awal tahun 2024, harganya mencapai All Time High. Kemungkinan, tahun-tahun berikutnya pun akan mengalami kenaikan harga logam mulia. 

Berikut adalah grafik harga emas 2024 (per 20 Maret 2024).

kenapa-harus-investasi-emas-harga-emas-naik-dari-tahun-ke-tahun

Pada 20 tahun yang lalu, harganya Rp118.117 per gram. Kini, harganya mencapai All time high Rp1.091.781per gram. Menarik, bukan?

Baca juga: Harga Emas Naik, Ini Potensi Keuntungan Investasi Emas

2. Andalan Investasi Jangka Panjang

Logam mulia menjadi aset investasi terpercaya sejak zaman nenek moyang. Harganya yang cenderung selalu naik dari tahun ke tahun membuat banyak investor percaya bahwa emas mampu memberikan imbal hasil optimal dalam jangka panjang.

Biasanya, investor yang punya tujuan investasi lebih dari 5 tahun seperti menabung haji, menyiapkan dana pensiun, menabung beli rumah, dan sebagainya itu melalui investasi logam mulia. 

Apalagi, orang-orang yang seringkali takut uang tabungannya terpakai cenderung pilih logam mulia untuk mengamankan dan mengoptimalkan asetnya.

3. Nilainya Tahan Terhadap Inflasi

Di tengah situasi perekonomian yang tidak stabil, nilai logam mulia justru stabil cenderung naik. Hal ini terbukti saat adanya perang antara Ukraina-Rusia yang menyebabkan  krisis pangan, keterbatasan energi, dan inflasi dunia. 

Saat terjadinya perang tersebut, harga logam mulia justru naik. Hal ini menjadi bukti bahwa gejolak ekonomi dan politik justru membuat harganya stabil cenderung naik.

Baca juga: Perang Rusia VS Ukraina Bikin Harga Emas Naik Tinggi

4. Aset Untuk Menjaga Kekayaan

Nilainya yang mampu bertahan stabil di tengah gejolak kondisi ekonomi membuat logam mulia mampu menjaga aset kekayaan. 

Saat nilai mata uang menurun, nilai emas tidak akan turun. Bahkan, cenderung naik. Itulah mengapa instrumen investasi ini menjadi aset safe haven. 

5. Minim Risiko, Ramah Pemula

Nilainya yang relatif stabil membuat instrumen ini minim risiko. Apalagi, dalam jangka panjang lebih dari 5 tahun cenderung selalu naik, cocok untuk pemula. Selama investasi, kamu gak perlu khawatir rugi.

Bagi kamu yang masih ragu untuk mulai investasi dan mau menyiapkan dana untuk jangka panjang, emas menjadi pilihan terbaik. Proses pembeliannya pun mudah secara online atau offline. 

6. Bisa Menjadi Warisan

Emas memiliki nilai tinggi dalam jangka panjang. Nilainya aman, tidak akan tergerus inflasi. Oleh sebab itu, aset berharga ini juga menjadi andalan sebagai warisan generasi ke generasi. 

7. Modal Investasi Terjangkau

Sekarang, beli emas tidak perlu menunggu punya modal besar. Mulai dari Rp10 ribu atau 0,01 gram, kamu bisa berinvestasi emas dengan mudah dan aman di aplikasi tanamduit.

Proses pembelian dan penjualannya pun bisa kapan saja dan di mana saja secara online. Beli emas fisik di tanamduit, produknya akan dikirim langsung ke alamatmu.

Produknya lengkap dengan sertifikat keaslian emas 24K atau setara dengan 99,9% logam mulia. Bahkan, kamu bisa beli untuk koleksi sekaligus dengan custom desain kartu emas atau pilih desain edisi khusus. 

pilih-desain-kartu-emas

Baca juga: Cara Investasi Emas Untuk Pemula

Kesimpulan

Kenapa harus investasi emas? Sejak zaman nenek moyang, logam mulia terkenal sebagai aset mampu menjaga kekayaan seseorang. Apalagi, nilainya cenderung selalu naik dalam jangka panjang. Bahkan, nilainya tahan terhadap gejolak kondisi perekonomian dunia yang tidak stabil.

Oleh sebab itu, emas menjadi andalan investasi jangka panjang yang stabil dan cocok untuk pemula. Mulai dari modal terjangkau, kamu sudah bisa mulai berinvestasi logam mulia dengan aman.

Investasi di tanamduit, Aja!

Dapatkan emas 24K lengkap sertifikat keasliannya mulai dari Rp10 ribu atau gramasi 0,01 gram di aplikasi tanamduit. Kamu harus tahu bahwa harga emas itu dapat berubah setiap harinya.

Untuk mengetahui harga emas terbaru, kamu bisa cek di aplikasi tanamduit. Ada grafik harga yang selalu update setiap harinya.

Kamu bisa dapatkan bonus 0,01 gram setiap transaksi pembelian emas fisik Koleksi Emas minimal 0,1 gram di aplikasi tanamduit. Jangan lupa, pakai kode referral TANAMEMAS saat melakukan pendaftaran, ya. Periode promo berlangsung mulai 1 Januari s.d. 31 Desember 2024.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi tanamduit dan jangan lupa cek syarat dan ketentuan promo dengan klik banner di bawah ini!

tanamemas

tanamduit Team

tanamduit Team

tanamduit adalah aplikasi penyedia beragam produk investasi reksa dana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan asuransi yang telah berizin dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile