Home » Wajib Tahu, Keuntungan Investasi Emas Serta Kekurangannya!

Wajib Tahu, Keuntungan Investasi Emas Serta Kekurangannya!

oleh | Jan 6, 2022

Pada era serba canggih seperti sekarang emas masih cukup populer di kalangan masyarakat untuk dijadikan aset investasi. Sifat emas sebagai aset penjaga nilai (safe haven) menjadikan emas tahan terhadap inflasi. Emas juga bisa jadi penyelamat nilai aset saat suatu negara mengalami krisis. Kira-kira apa lagi, ya, keuntungan investasi emas lainnya? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini!

Keuntungan Investasi Emas

Ada beberapa keuntungan investasi emas yang wajib kamu tahu sebelum mulai berinvestasi.

1. Emas Gampang Dicairkan

Salah satu keunggulan dari investasi emas adalah dapat dengan mudah kita cairkan kapan pun dan di manapun. Jadi, sewaktu-waktu kita membutuhkan uang untuk kebutuhan mendesak, kita dapat menjual emas yang kita miliki.

2. Keuntungan Investasi Emas Dalam Jangka Panjang yang Menjanjikan

keuntungan-investasi-emas

Sudah rahasia umum, kalau nilai emas dalam jangka panjang (>5 tahun), terus mengalami kenaikan. Berdasarkan data harga emas logam mulia 20 tahun terakhir per 5 Januari 2022, nilainya sudah mengalami kenaikan 802,46%, lho. Angka yang sangat fantastis, bukan?

3. Pelindung Aset Saat Inflasi

Emas menjadi satu-satunya komoditas yang dapat mempertahankan nilainya dalam jangka panjang dan bisa jadi “penakluk” inflasi. Biasanya, saat tingkat inflasi di suatu negara tinggi dan perekonomian sedang krisis, harga emas justru melonjak. Kemampuan emas untuk melindungi aset inilah yang menjadi keuntungan investasi emas yang tidak boleh kamu lewatkan.

4. Investasi Emas Sebagai Diversifikasi

Don’t put your eggs in one basket”. Pepatah investasi yang nggak pernah lekang oleh waktu ini sudah selayaknya jadi pegangan kamu dalam berinvestasi. Dengan menaruh aset di berbagai produk investasi, kamu bisa meminimalisir risiko investasimu. Salah satunya dengan berinvestasi emas. Investasi emas bisa meminimalisir risiko investasimu. Jadi, kalau sewaktu-waktu pasar saham anjlok saat perekonomian krisis, harga emas justru akan naik dan jadi asset savior kamu di tengah krisis.

Baca juga: Tips Diversifikasi Investasi Untuk Pemula Untuk Minimalkan Risiko

5. Penyeimbang Devaluasi Mata Uang

Keuntungan investasi emas lainnya adalah emas bisa menjadi penyeimbang devaluasi mata uang. Ketidakpastian kondisi perekonomian dapat berdampak pada hilangnya nilai mata uang. Saat mata uang dapat dicetak “sesuka hati”, emas tidak. Emas sebagai aset berwujud tidak dapat dengan mudah diproduksi dengan mesin seperti uang sehingga nilainya bisa tetap terjaga. Oleh karena itu, emas dipercaya dapat melindungi investor dari devaluasi mata uang.

6. Bisa Kita Beli dengan Nominal Terjangkau

Seringkali banyak orang berasumsi untuk berinvestasi emas membutuhkan dana yang besar. Padahal, zaman sudah jauh berkembang dan investasi emas bisa kita mulai dari nominal yang sangat terjangkau, lho, mulai dari Rp10 ribu saja.

7. Mudah Diperjualbelikan

Keuntungan investasi emas yang terakhir adalah kemudahan emas untuk dapat kita perjualbelikan. Terlebih lagi, dengan perkembangan teknologi yang pesat, kita bisa membeli emas tanpa harus datang langsung ke toko. Sekarang, kita bisa membeli emas secara online menggunakan aplikasi, salah satunya melalui tanamduit. Dalam aplikasi tanamduit, terdapat opsi beli-simpan dan beli-cetak yang bisa kamu pilih. 

Kalau kamu memilih opsi beli simpan, kamu bisa membeli dan menjual emas yang kamu miliki di aplikasi dengan lebih efisien, karena transaksi sepenuhnya kamu lakukan dalam aplikasi. Sementara itu, jika kamu memilih opsi beli cetak, kamu bisa memegang emasnya secara fisik dan menyimpannya sendiri. Misalnya sewaktu-waktu kamu ingin menjual emasmu, kamu bisa datang langsung ke toko emas terdekat atau menjualnya ke kerabatmu.

Kekurangan Investasi Emas

Selain memberikan keuntungan, ada beberapa kekurangan investasi emas yang perlu kamu ketahui.

1. Risiko Kehilangan Cukup Tinggi

Emas fisik memiliki risiko kehilangan yang cukup tinggi, terlebih kalau kamu menyimpannya di tempat yang mudah ditemukan. Jadi, kalau amit-amitnya rumah kamu kedatangan pencuri, emas pasti jadi salah satu barang incaran mereka.

Kamu bisa memilih opsi beli simpan di tanamduit untuk meminimalisir risiko kehilangan. Selain itu, kamu bisa menjual emas kamu kapan pun, tanpa harus datang langsung ke toko untuk menjualnya.

2. Harga Emas Fluktuatif dalam Jangka Pendek

Meskipun dalam jangka panjang, harga emas hampir selalu mengalami kenaikan yang signifikan, dalam jangka pendek harganya justru fluktuatif (naik-turun). Oleh karena itu, investasi emas rasanya kurang cocok untuk kamu yang memiliki tujuan keuangan jangka pendek dan menengah. Untuk tujuan keuangan jangka pendek dan menengah ada baiknya kamu pilih produk reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan saja.

3. Pertumbuhan Harga Emas Lambat Saat Perekonomian Stabil

Emas mungkin bisa jadi aset penyelamat bagi kita saat perekonomian sedang krisis. Namun, saat perekonomian sedang stabil, pertumbuhan harga emas justru melambat, bahkan bisa saja mengalami penurunan.

Kesimpulan

Emas bisa jadi salah satu pilihan investasi yang menguntungkan dalam jangka panjang. Meskipun begitu, kamu perlu untuk memahami, kalau tidak semua tujuan keuangan bisa kita capai dengan hanya berinvestasi emas. Kamu juga perlu mendiversifikasikan portofolio investasimu ke produk investasi lainnya seperti reksa dana dan Surat Berharga Negara (SBN). Di aplikasi tanamduit kamu bisa berinvestasi pada tiga jenis produk sekaligus sesuai dengan kebutuhan dan tujuan keuanganmu di masa mendatang. Yuk, mulai investasi di tanamduit sekarang!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile