Home » Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun Berapa Ya? Ini Jawabannya

Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun Berapa Ya? Ini Jawabannya

oleh | Mar 29, 2022

Investasi emas adalah salah satu instrumen aset yang menguntungkan dalam jangka panjang. Instrumen ini menjadi aset favorit masyarakat yang dapat melindungi kekayaan investor dan meminimalisir risiko kerugian.  Logam mulia ini terkenal sebagai instrumen investasi berisiko rendah yang aman bagi seluruh kalangan masyarakat. Dalam jangka pendek, aset ini cenderung bersifat fluktuatif. Namun, investor dapat memperoleh imbal hasil maksimal dalam kurun waktu lebih dari satu tahun. Berapa ya keuntungan investasi emas dalam setahun? Yuk, simak penjelasan berikut!

Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun

grafik-keuntungan-investasi-emas-dalam-setahun

Berdasarkan data per tanggal 24 Maret 2022, grafik harga emas cenderung mengalami kenaikan. Sekalipun mengalami penurunan, nilai aset logam mulia ini tidak turun signifikan. Melihat hal ini, investor logam mulia dapat memperoleh keuntungan investasi emas dalam setahun hingga 11,77% dalam setahun terakhir. 

Pada tanggal 24 Maret 2021, harga emas antam menunjukkan harga Rp921.000,00 ribu per gram. Tanggal 9 Maret 2022, aset logam mulia ini tembus ke harga Rp1.036.000,00 per gram. Meski mengalami sedikit penurunan, harga logam mulia masih lebih tinggi daripada satu tahun sebelumnya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk memilih aset ini aman sebagai instrumen investasi jangka panjang. 

Jika kamu mulai berinvestasi produk ini sekarang, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan maksimal dalam jangka waktu 5–10 tahun ke depan karena nilainya cenderung selalu naik setiap tahunnya. Aset logam mulia ini sehingga cocok sekali untuk mengamankan kekayaanmu di masa depan. Investor pemula juga bisa mengoptimalkan keuntungan investasi emas dalam setahun hingga 10 tahun karena termasuk ke dalam instrumen berisiko rendah. Bagi pemula, kamu bisa mengenali cara investasi emas melalui artikel berikut: Belajar Investasi Emas dari Awal untuk Pemula serta Cara Memulainya.

Dari segi nilai logam mulia, aset ini juga memiliki julukan aset safe haven, yakni aset ideal yang aman dan mampu mempertahankan nilainya di tengah kehancuran pasar global. Harga aset logam mulia naik atau turun itu bergantung pada kondisi ekonomi, sosial, dan politik yang mempengaruhinya. Kamu bisa mengenali faktor penyebab harga emas melalui artikel berikut: 5 Faktor Umum yang Mempengaruhi Harga Emas.

Tips Investasi Emas yang Menguntungkan dalam Setahun

1. Kenali Kondisi Finansial

Sebelum melakukan berinvestasi, setiap orang harus mengenali kondisi finansialnya. Dengan begitu, kamu bisa melakukan perencanaan keuangan yang tepat. Sekarang, semua orang bisa membeli aset logam mulia mulai dari Rp 10 ribu, lho! Jadi, investor bisa menyisihkan dana untuk aset ini dengan harga terjangkau sesuai kemampuanmu. Tidak ada lagi alasan menunda investasi emas, ya!

2. Pantau Perkembangan Harga Emas

Dalam jangka pendek di bawah setahun, harga logam mulia cenderung fluktuatif karena penawaran di pasar global. Kenaikan harga ini mengacu pada harga di pasar global dan perubahan nilai satuan US Dollar yang terus berubah. Oleh sebab itu, investor harus memantau dan menganalisis perkembangan harga sehingga dapat lebih mudah memperkirakan keuntungan dalam satu tahun. Di samping itu, investor dapat lebih bijak menghadapi naik-turunnya harga logam mulia.

3. Pastikan Tempat Investasi yang Aman

Saat ini, semua orang dapat membeli aset logam mulia secara offline maupun online. Untuk membeli produk terbaik, investor juga harus memilih tempat pembelian yang aman. Jika membeli online, maka pilihlah aplikasi atau situs jual beli yang berizin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI. Selain itu, investor harus memastikan bahwa tempat penyedia produk logam mulia tersebut memberikan sertifikat resmi. Agar tidak salah pilih, kamu bisa mengetahui cara memilih tempat pembelian logam mulia online terbaik melalui artikel berikut: Tips Memilih Aplikasi Investasi Emas Terbaik yang Menguntungkan.

4. Pilih Produk Terbaik

Selain pilih tempat pembelian aset logam mulia yang aman, investor dapat memilih produk terbaik yang sesuai dengan tujuan finansial. Saat ini, ada banyak variasi bentuk dan ukuran logam mulia. Jika ingin berinvestasi emas secara online tanpa harus merawat bentuk fisiknya, maka kamu bisa memilih produk emas digital. Namun, investor juga dapat memilih produk fisik logam mulia. Di samping itu, beberapa penyedia aset logam mulia menyediakan produk fisik dengan desain kartu emas menarik. Bahkan, aplikasi tanamduit menawarkan kesempatan bagi investor untuk membeli produk fisik logam mulia dengan desain sesukamu.

5. Manfaatkan Turunnya Harga Emas

Saat harga emas turun, kamu bisa segera membeli produknya agar dapat mendapatkan keuntungan saat harganya mulai tinggi. Dengan begitu, investor dapat memperoleh imbal hasil dalam setahun. Selain memanfaatkan momentum penurunan harga logam mulia ini, investor juga dapat mengalokasikan dana investasi secara rutin agar memperoleh keuntungan optimal dalam setahun ke depan.

Kesimpulan

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai memperoleh keuntungan investasi emas dalam setahun. Bagi pemula, aset logam mulia ini menjadi pilihan terbaik untuk mengoptimalkan sebagian penghasilanmu di masa yang akan datang. Bahkan, keuntungan aset ini dapat mencapai 5 hingga 20 persen dalam setahun. Untuk itu, instrumen investasi ini cocok sekali bagi investor yang ingin melakukan penanaman modal berisiko rendah dengan keuntungan optimal. 

Untuk memulainya, semua orang berkesempatan investasi produk logam mulia dengan mudah, aman, dan praktis melalui satu aplikasi saja. Di aplikasi tanamduit, kamu bisa melakukan transaksi jual-beli emas digital atau membeli logam mulia fisik dengan desain menarik. Bahkan, kamu bisa menabung emas mulai dari besaran 0,01 atau Rp10 ribu. Yakin gak mau mulai investasi emas di tanamduit?

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile