Home » Emas Logam vs Emas Perhiasan, Mana Yang Lebih Baik ?

Emas Logam vs Emas Perhiasan, Mana Yang Lebih Baik ?

oleh | Jun 10, 2020

Emas tidak hanya kita gunakan sebagai perhiasan namun juga telah menjadi salah satu produk investasi yang umumnya kita ketahui serta sering dibicarakan oleh orang-orang terdahulu bahwa selain menabung, kita dianjurkan untuk berinvestasi untuk jangka panjang dengan cara membeli emas.

Mungkin sebagian temanduit bertanya, “Mendingan saya investasi di emas perhiasan atau emas logam ya ?”. Terlepas dari hal itu, memang ada beberapa perbedaan yang harus kita ketahui sebelum membeli emas untuk berinvestasi.

Apakah perbedaannya ? Yuk simak!

Daya Guna

Jika kita membicarakan seputar investasi, emas logam mau pun emas perhiasan bisa digunakan juga untuk berinvestasi. Namun dari segi daya guna, dua jenis emas ini memiliki perbedaan.

Ketika kita membeli emas perhiasan, emas tersebut bisa kita gunakan untuk menunjang penampilan, terutama bagi kaum hawa yang suka sekali mengoleksinya.

Selain itu kita juga dapat memilih bentuk-bentuk perhiasan sesuai dengan yang kita mau.

Lain halnya ketika kita membeli emas logam untuk berinvestasi, bentuk emasnya sangat terbatas. Tidak mungkin dong, kalau digunakan seperti halnya emas perhiasan seperti cincin, gelang atau kalung, yang malah keliatan seperti rapper lagi.

Keasliannya Lebih Terjamin

Ketika kita membeli emas logam, kita akan mendapatkan bukti sertifikat dari emas tersebut. Di dalam sertifikat itu terdapat keterangan berdasarkan dari tingkat kemurnian emas (99,99%), dan keterangan bentuk serta berat emasnya.

Sedangkan jika kita membeli emas perhiasan, sebagian besar yang kita dapat hanyalah bukti pembayaran saja. Walaupun kita sangat yakin bahwa emas itu asli, tapi kita tidak pernah tau berapa persen kadar emas yang ada didalam perhiasan kita, karena biasanya komposisi emas murni pada perhiasan tidak lebih dari 80 persen disebabkan teksturnya yang lunak. Emas murni tersebut kemudian dicampur dengan tembaga, perak atau seng dengan persentase berbeda-beda untuk membuat tekstur dan warna perhiasan sesuai keinginan produsen.

Risiko Kehilangan dan Kerusakan

Salah satu yang menjadi concern bagi para investor emas adalah risiko terjadinya kehilangan dan juga kerusakan pada emasnya. Dari segi risiko kehilangan dan juga kerusakan, dua-duanya  bisa memiliki risiko yang hampir sama namun dalam kadar yang berbeda.

Dalam segi keamanan penyimpanan, temanduit bisa menyimpan emas tersebut di dalam sebuah brankas atau menggunakan layanan Safe Deposit Box yang telah disediakan oleh bank-bank besar.

Tetapi dari segi kerusakan, emas perhiasan lebih berisiko rusak. Karena selain kita membeli emas tersebut untuk berinvestasi, kita juga dapat menggunakan emas perhiasan itu sebagai pelengkap penampilan. Adanya risiko terjadinya benturan terhadap benda keras lain yang dapat menyebabkan kerusakan pada emas tersebut.

Selain itu dalam segi keamanan, emas perhiasan juga lebih berisiko dan berpotensi dapat “memancing” pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil atau merampas perhiasan tersebut dari diri kita.

Biaya Pengeluaran

Dari segi biaya, kedua jenis emas ini memiliki sebuah perbedaan. Jika temanduit membeli emas berbentuk logam, patokan atau besaran biaya yang dikeluarkan dapat sesuai dengan acuan harga emas saat ini. Misalnya pada tanggal 30 April 2020 harga 1 gram emas sebesar Rp 928.000 (www.logammulia.com), maka dana yang akan dikeluarkan untuk membeli emas logam sebesar Rp 928.000.-

Sedangkan pada emas berjenis perhiasan, terdapat biaya lain yang dikenakan oleh pembeli, yaitu biaya pembuatan yang cukup tinggi jumlahnya. Besaran biayanya berkisar antara 15%-20% dari nilai emas itu sendiri. Apalagi biaya pembuatan tersebut tidak akan dihitung ketika temanduit akan menjual emasnya kembali.

Dengan kata lain, toko atau lokasi yang temanduit datangi untuk menjual emas perhiasan itu hanya membayar sesuai dengan nilai emas itu yang kalian miliki tanpa ditambahkan dengan biaya perhitungan dalam pembuatan emas sebelumnya yang sebesar 15% hingga 20% tersebut.

Mudah Dimiliki

Untuk berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan, banyak sekali toko-toko yang menjual emas tersebut dan sangat muda bagi temanduit dalam mencarinya.

Namun lain hal terhadap emas logam. Temanduit harus mencari informasi yang tepat untuk berinvestasi dan membeli emas pada tempat tertentu. Kesulitan dalam mencari emas logam seringkali membuat kita jadi lebih malas untuk berinvestasi pada instrumen emas.

Eh’ tapi tau gak, ternyata sekarang temanduit dapat berinvestasi dan membeli emas serta mencetak emas logam melalui platform digital dalam aplikasi tanamduit loh. Selain mudah untuk proses pembeliannya, temanduit juga dapat mengoleksi jenis-jenis gambar yang dikhususkan untuk para investor tenamduit di aplikasi tanamduit.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak berinvestasi pada emas. Dari segi kemudahan dan juga keamanan serta harga yang terjangkau, sekarang emas bisa dibeli di dalam aplikasi tanamduit.

Yuk buka aplikasinya sekarang dan beli serta koleksi emasnya!

banner-download-mobile