Home » Kenali Keunikan Emas Putih Sebelum Kamu Membelinya

Kenali Keunikan Emas Putih Sebelum Kamu Membelinya

oleh | Feb 23, 2022

Emas Putih adalah jenis emas berwarna putih keperakan berkilau yang mengandung campuran logam lainnya, seperti palladium atau perak. Campuran logam mulia kuning dengan logam lainnya berfungsi untuk menambah kekuatan dan daya tahannya. Emas murni merupakan logam yang sangat lunak sehingga mudah melengkung. Untuk itu, campuran logam yang keras dapat membantu produk ini tetap kaku dalam waktu yang lama. 

Logam mulia ini menjadi salah satu produk investasi terpercaya dan populer dari masa ke masa. Hal ini menyebabkan instrumen investasi ini selalu mengalami kenaikan dari setiap tahunnya dan cocok untuk investasi jangka panjang. Seorang investor dapat memilih produk logam mulia terbaik dan sesuai dengan tujuan investasi. Produk logam mulia berdasarkan jenisnya dapat berupa emas kuning dan emas putih yang berbentuk batangan, koin, maupun perhiasan.

Baca juga: Pengertian Emas, Jenis, Manfaat, dan Cara Membedakan Emas Asli

Sebelum memilih produk yang ideal, kamu perlu mengenali tentang ciri-ciri dan keuntungan logam mulia keperakan melalui penjelasan berikut.

Ciri Emas Putih

1. Warna Cerah

Produk emas putih memiliki warna keperakan berkilau yang terang dan tidak mencolok. Jenis logam mulia ini berupa perhiasan dengan tampilan yang indah. Selain itu, produk ini tidak mengandung tingkat kemurnian 100%, berbeda dengan logam mulia kuning. Umumnya, warna keperakan ini berasal dari campuran rhodium, perak, dan paladium sehingga menghasilkan warna putih berkilau. Seiring berjalannya waktu, lapisan rhodium ini dapat luntur karena faktor pemakaian, penyimpanan, atau usia produk sehingga warna produk ini dapat kembali berubah menjadi keemasan.

2. Memiliki Daya Pantul

Kamu bisa melihat bahwa emas putih memiliki kilau yang lebih cerah dan cemerlang daripada perak. Hal ini disebabkan oleh kandungan logam mulia putih yang kompleks sehingga menghasilkan daya pantul yang khas. Selain itu, warna keperakan yang berkilau itu tidak bertahan lama karena lunturnya rhodium di permukaan perhiasan. Untuk itu, kamu bisa melapisi kembali perhiasanmu dengan rhodium. Meskipun terlihat mirip, perak memiliki daya kilau mengkilat dengan warna pantulan cahaya keabu-abuan. Perak juga mudah kusam karena kotoran selama pemakaian jangka panjang.

3. Memiliki Daya Tahan yang Kuat

Pada dasarnya, logam mulia murni dengan kadar 24 karat itu bersifat lunak. Untuk itu, produk logam mulia putih ini memiliki daya tahan yang lebih baik daripada logam mulia murni karena mengandung logam lainnya yang mampu bertahan lama dan tidak mudah bengkok. Hal itu membuat produk ini cocok sekali sebagai bahan pembuatan perhiasan. Umumnya, produk perhiasan itu memiliki tingkat kemurnian 9 karat sampai dengan 18 karat. Perhiasan 18 karat mengandung 75% emas dan 25% perak. Campuran terkecil itu berupa perak dan platinum sehingga menghasilkan perhiasan berkualitas. Namun, ada juga pengrajin perhiasan yang menggunakan logam mulia 24 karat.

4. Ada Tanda Verifikasi

Produsen emas putih memberikan tanda verifikasi yang menunjukkan keasliannya. Tanda verifikasi tersebut dapat berupa keterangan bentuk fisik, tingkat kemurnian logam mulia, berat produk, nomor seri, tahun pembuatan, ukuran perhiasan. Dalam hal ini, setiap perusahaan memberikan tanda khusus pada produk dan sertifikat setiap pembelian produk.

Baca juga: Ketahui Kadar Karat Emas Sebelum Membeli!

Keuntungan Investasi Emas Putih

1. Cocok untuk Jangka Panjang

Logam mulia menjadi salah satu instrumen investasi jangka panjang yang populer di tengah masyarakat karena nilainya cenderung naik setiap tahunnya. Nilai emas putih juga bergantung pada kesan yang menawan. Selain berinvestasi, kamu juga dapat mempercantik diri dengan mengenakan perhiasan ini. Namun, harga produk ini cenderung lebih mahal daripada logam mulia kuning karena adanya biaya pembuatan perhiasan yang lebih rumit. Meskipun begitu, produk perhiasan emas putih hadir dengan kesan modern dan anggun sehingga memiliki daya tarik tersendiri.

2. Bentuk Fisik Lebih Ringan dan Tahan Lama

Setiap produk logam mulia putih memiliki bentuk fisik ringan dan mudah dibentuk. Hal ini membuatnya menjadi bahan produksi perhiasan ideal. Di samping itu, kandungan emas kuning dan logam lain, seperti perak, timah, dan nikel dalam produk ini juga membuatnya lebih daya lebih kuat. Selain itu, perawatan produk ini lebih mudah daripada logam mulia kuning. Hal itu membuat perhiasan emas putih juga menjadi pilihan favorit masyarakat sebagai aksesoris sehari-hari.

3. Bisa Membuat Perhiasan Lebih Bersinar

Bentuk fisik emas putih tampil lebih modern dan berkilau. Untuk itu, jenis logam mulia ini cocok untuk perhiasan berlian karena akan memberikan kesan mewah dan bersinar. Namun, produk ini berisiko akan luntur warna putihnya karena memudarnya lapisan rhodium. Jangan khawatir, kamu bisa memoleskan kembali rhodium untuk mengembalikan warna keperakannya itu.

Baca juga: Belajar Investasi Emas dari Awal untuk Pemula serta Cara Memulainya

Berdasarkan penjelasan di atas, emas putih maupun kuning berupa batangan atau perhiasan menjadi instrumen investasi yang cocok untuk jangka panjang. Namun, investor perlu mengenali tujuan investasi sehingga dapat memilih produk yang tepat sesuai dengan profil risiko. Setelah itu, kamu bisa mulai mengalokasikan sebagian penghasilanmu untuk membeli aset logam mulia terbaik. 

Jika kamu ingin berinvestasi logam mulia tanpa biaya perawatan atau biaya penyimpan, maka kamu bisa melakukan beli simpan emas di aplikasi tanamduit. Investor bisa mendapatkan produk emas batangan terbaik mulai dari Rp10 ribu atau 0,01 gram logam mulia.

Kamu juga dapat melakukan transaksi beli simpan produk Koleksi Emasku (Big Gold) atau Emas Suka-suka (PT Antam) atau mencetak produk fisiknya dengan desain kartu emas sesukamu secara online. Bahkan, semua orang bisa cetak desain emas menarik mulai dari 0,1 gr aja~ Cocok jadi kado orang terkasih juga, lho! Klik di sini untuk dapatkan kartu emasmu.

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile