Home » 5 Perbedaan Emas Antam dan UBS, Wajib Kamu Ketahui!

5 Perbedaan Emas Antam dan UBS, Wajib Kamu Ketahui!

oleh | Jul 8, 2022

Sebelum berinvestasi logam mulia, kamu perlu mengetahui perbedaan emas Antam dan UBS. Kini, logam mulia menjadi instrumen investasi jangka panjang yang populer di tengah masyarakat. Jenis investasi ini memiliki risiko rendah, likuiditas terjamin dan nilai atau harganya cenderung selalu naik setiap tahunnya. Logam mulia juga dapat memberikan imbal hasil atau keuntungan yang optimal dalam kurun waktu 5–10 tahun. Hal itu membuat instrumen investasi ini menjadi andalan masyarakat investor. 

Baca juga: Pengertian Emas, Jenis, Manfaat, dan Cara Membedakan Emas Asli

Berdasarkan mereknya, emas batangan memiliki berbagai jenis, antara lain emas Antam, emas UBS, dan merek lainnya. Produk tersebut merupakan merek berkualitas yang terkenal di Indonesia.  Berikut penjelasan selengkapnya. 

Apa itu Emas Antam?

Emas Antam adalah produk logam mulia hasil produksi PT Aneka Tambang yang menyajikan emas batangan dengan ukuran beragam. Produk Antam juga menawarkan logam mulia berukuran kecil mulai dari 0.1 gram hingga 100 gram yang memungkinkan investor mencetaknya dengan desain kartu emas menarik. 

Apa itu Emas UBS?

Emas UBS adalah produk logam mulia ternama yang menyediakan logam mulia batangan hasil produksi PT untung Bersama Sejahtera. UBS menawarkan produk dengan desain karakter yang lucu, seperti karakter Disney, Hello Kitty, dan karakter lucu lainnya. Selain mencetak logam mulia batangan, UBS juga menyediakan perhiasan dengan desain klasik dan unik melalui merek Venus dan Basic Shain.

Baca juga: 7 Cara Investasi Emas Antam yang Menguntungkan Bagi Pemula

Perbedaan Emas Antam dan UBS

1. Produsen

Sejak 1986, emas Antam hadir dari hasil produksi PT Aneka Tambang (PT Antam). Dalam hal ini, PT Antam sudah melakukan kegiatan pengolahan logam mulia dan menawarkan berbagai produk menarik. Sementara itu, emas UBS merupakan hasil produksi PT Untung Bersama Sejahtera yang sudah mengelola berbagai produk logam mulia dan perhiasan sejak tahun 1981. Perusahaan asal Surabaya ini menghasilkan produk perhiasan dengan merek Venus dan Starshine.

2. Ukuran

PT Antam menawarkan produk logam mulia dengan ukuran beragam. Mulai dari 0,1 gram, 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram hingga 10 gram. Selain itu, Antam juga menyediakan produk berukuran besar mulai dari 25 gram, 50 gram, hingga 1 kg. Di sisi lain, UBS menawarkan produk berukuran mula dari 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram. 4 gram, hingga 10 gram. Untuk logam mulia berukuran besar, UBS menawarkan produk dengan ukuran sebesar 25 gram, 50 gram, hingga 100 gram. Berdasarkan penjelasan tersebut, logam mulia Antam memiliki bentuk ukuran yang lebih variatif. Namun, investor dapat memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasimu.

3. Sertifikat Emas

Jika kamu membeli logam mulia Antam, maka kamu akan mendapatkan sertifikat logam mulia di dalam kemasannya. Namun, ada emas Antam versi terdahulu dengan menyertakan sertifikat hologram terpisah dari kemasan produknya. Sertifikat tersebut merupakan sertifikat internasional dari London Bullion Market Association (LBMA) sehingga investor dapat menjual produk Antam di negara manapun. Dalam sertifikat tersebut, terdapat deskripsi tentang jenis, bentuk fisik logam mulia, kadar karat, keterangan tahun produksi hingga cap khusus yang menunjukkan keaslian logam mulia. 

Sementara itu, UBS hanya memberikan sertifikat nasional yang dibuat oleh perusahaan UBS sendiri sehingga cukup sulit untuk menjualnya di luar negeri. Di samping itu, pembelian emas UBS berukuran kecil di bawah 5 gram hanya mendapatkan sertifikat berupa kertas biasa yang melapisi produk logam mulia sehingga tampilannya seperti produk SIM Card. Namun, sertifikat produk UBS dengan berat lebih dari 5 gram berupa kertas hologram. Sertifikat hologram tersebut berada di luar kemasan produk logam mulia sehingga pembeli dapat memegang kertasnya secara langsung.

4. Harga

Aset berharga ini memiliki harga yang cenderung fluktuatif dalam jangka pendek karena pergerakan harga pasar yang dapat berubah. Nmaun, harga logam mulia menunjukkan kenaikan setiap tahunnya. Hal ini berlaku bagi emas Antam dan UBS, tetapi kedua produk ini memiliki harga yang berbeda. Berdasarkan situs resmi UBS, harga emas 0.1 gram per 24 Februari 2022 memiliki harga Rp134.900,00. Sementara itu, harga emas Antam berdasarkan aplikasi tanamduit per 24 Februari 2022 menunjukan harga Rp92.758,00.

5. Tempat Pembelian

Seorang investor dapat membeli emas UBS di berbagai toko tradisional, toko online, Pegadaian atau melalui situs resmi UBS. Di samping itu, pembeli dapat membeli produk Antam dengan mudah di Unit Bisnis Antam atau melalui toko online melalui marketplace atau berbagai aplikasi penyedia layanan investasi logam mulia. 

Salah satu aplikasi yang menawarkan emas Antam adalah tanamduit. Kamu bisa beli emas digital atau kartu emas dengan desain menarik sesukamu dengan harga terjangkau! Ada produk Emas Suka-Suka (PT ANTAM) mulai dari Rp10 ribu atau Koleksi Emasku (BIGGOLD) mulai dari 0,1 gram. Yuk, kenali perbedaan kedua produknya melalui gambar berikut.

perbandingan-koleksi-emasku-vs-emas-suka-suka

Mulai investasi emas di tanamduit mudah dan aman, bukan? Yuk, download aplikasi tanamduit sekarang dan capai tujuan investasimu!

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile