Beranda » belajar » Emas » Mengenal Keuntungan, Kerugian, dan Cara Membuat Tabungan Emas

Mengenal Keuntungan, Kerugian, dan Cara Membuat Tabungan Emas

oleh | Apr 1, 2024

Tabungan emas adalah salah satu alternatif untuk menyiapkan dana di masa yang akan datang. Dari masa ke masa, investasi emas terkenal dengan nilainya yang cenderung selalu naik meski kondisi perekonomian dunia tidak stabil. Tidak heran kalau instrumen investasi ini memiliki sebutan safe haven. 

Untuk itu, kamu bisa menyiapkan tabungan emas untuk menyiapkan tujuan finansial jangka panjang lebih dari 5 tahun. Yuk, simak keuntungan, kekurangan, dan cara membuka tabungan logam mulia melalui penjelasan berikut.

Keuntungan Tabungan Emas

1. Cocok Untuk Siapkan Dana Masa Depan

Aset emas cocok untuk mengoptimalkan sebagian penghasilanmu di masa depan. Hal ini karena nilai logam mulia cenderung naik dari tahun ke tahun dalam jangka panjang. Misalnya, kamu ingin mempersiapkan dana pendidikan anak, biaya ibadah haji, dana pensiun, dan tujuan finansial lainnya.

tabungan-emas-harga-emas-27-oktober-2022

Sebagai contoh, kamu bisa melihat grafik perkembangan harga selama 15 tahun terakhir (per tanggal 27 Oktober 2022). Melalui grafik di bawah ini, harga logam mulia mengalami kenaikan yang menjanjikan dari tahun ke tahun.

2. Bisa Diuangkan Kapan Saja

Jika kamu ingin mencairkan tabungan emas digital, maka kamu bisa langsung melakukan transaksi penjualan secara online di aplikasi. Lalu, hasil penjualan akan otomatis masuk ke rekening yang terdaftar. Jadi, aset ini sangat mudah diuangkan. Penjualan logam mulia fisik pun dapat berlangsung di setiap toko emas.

3. Minimal Tabungan Terjangkau

Sekarang, kamu bisa mengalokasikan dana tabungan emas 24 Karat dengan modal terjangkau. Di aplikasi tanamduit, kamu bisa melakukan transaksi pembelian mulai dari Rp10 ribu atau gramasi 0,01 gram.

Jadi, semua orang dari berbagai kalangan juga bisa menyiapkan aset logam mulia untuk mencapai tujuan finansial di masa yang akan datang. Proses registrasi sampai transaksi pembelian berlangsung secara online dengan mudah, aman, dan praktis.

4. Nilainya Cenderung Stabil 

Tabungan emas terpercaya memiliki nilai yang cenderung stabil dari masa ke masa. Hal ini karena adanya permintaan dan penawaran di pasar yang jelas. Oleh sebab itu, instrumen logam mulia mampu mengamankan nilai kekayaan seseorang.

5. Mampu Melindungi Aset Di tengah Inflasi

Saat terjadi inflasi, harga emas cenderung mengalami kenaikan. Jadi, tabungan emas milikmu bisa menjadi salah satu alternatif untuk melindungi asetmu di tengah inflasi. Meskipun terjadi krisis ekonomi, nilai tabunganmu akan tetap aman nilainya.

6. Aset Diversifikasi Investasi Terbaik

Umumnya, investor melakukan diversifikasi investasi sebagai strategi meminimalkan risiko investasi. Nah, logam mulia menjadi salah satu aset yang berisiko rendah dan mampu mengamankan nilainya. Oleh karena itu, tabungan emas milikmu bisa menjadi aset diversifikasi investasi terbaik.

7. Proses Jual Beli Mudah

Proses jual beli logam mulia juga mudah. Secara online, semua orang bisa melakukan memilih produk logam mulia beli-simpan dan beli-cetak, seperti transaksi jual beli produk tanamduit. Saat ingin menjualnya, kamu bisa menjual emas digital dengan mudah secara online melalui aplikasi

Kamu juga bisa menjual aset logam mulia fisik di toko emas dengan mudah. Namun, pastikan kamu membeli logam mulia di tempat yang terjamin keasliannya, seperti tanamduit. Setiap produk emas tanamduit sudah dilengkapi oleh sertifikat resmi logam mulia 24 Karat. Jadi, proses penjualan juga bisa berlangsung lancar.

Kerugian Tabungan Emas

1. Kurang Cocok Untuk Tabungan Jangka Pendek

Harga emas sangat fluktuatif dalam jangka pendek. Oleh sebab itu, instrumen ini kurang cocok bagi kamu yang ingin menyiapkan tabungan dalam jangka pendek atau menengah.

2. Ada Biaya Administrasi

Jika kamu menyimpan aset logam mulia di safe deposit box, maka kamu harus menanggung biaya administrasi sebagai jasa penitipan dalam periode tertentu. Saat masa berlaku penitipan sudah berakhir, biaya penitipan otomatis memotong saldo tabungan emas milikmu. Selain itu, ada beberapa agen penjual yang menetapkan biaya cetak.

3. Terdapat Nilai Spread 

Transaksi jual beli logam mulia identik dengan adanya spread. Setiap produsen atau agen penjual menetapkan spread yang berbeda. Umumnya, agen penjual menetapkan besaran nilai spread tidak lebih dari 10%.

4. Pertumbuhan Nilai Emas Relatif Kecil

Meskipun nilai emas dapat terjaga di tengah krisis ekonomi, pertumbuhan logam mulia relatif kecil saat kondisi perekonomian stabil. Untuk itu, pertumbuhan imbal hasilmu cenderung kecil dalam jangka pendek.

5. Ada Risiko Kehilangan 

Jika kamu memilih tabungan emas fisik, maka kamu harus menyimpan bentuk fisiknya di tempat yang sangat aman. Jika kamu menyimpan aset logam mulia di brankas rumah, maka kamu akan menghadapi risiko kehilangan cukup tinggi saat ada pencuri ke rumahmu. 

Sebagai alternatif menghadapi risiko ini, kamu bisa memilih beli simpan di aplikasi tanamduit. Selain bebas risiko kehilangan, proses penjualan juga dapat berlangsung online kapan saja dan di mana saja.

Cara Membuat Tabungan Emas

Sekarang, kamu dapat mulai menabung aset logam mulia dengan mudah dan aman secara online. Di aplikasi tanamduit, kamu bisa mulai menabung aset logam mulia secara rutin. Lalu, bagaimana cara membuka tabungan emas? Berikut caranya!

1. Download aplikasi tanamduit di Playstore atau Appstore.

download-aplikasi-tanamduit-playstore

download-aplikasi-tanamduit-appstore

2. Setelah berhasil unduh aplikasi tanamduit, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran.

3. Lakukan pendaftaran sesuai dengan data diri kamu.

daftar-aplikasi-tanamduit-pakai-kode-referal-tanamemas

Nah, kamu bisa pakai kode referral TANAMEMAS untuk mendapatkan bonus 0,01 gram emas saat transaksi pembelian min. 0,1 gram. Periode promo berlangsung mulai 1 Januari – 31 Desember 2023.

Eits.. jangan khawatir, semua produk emas di tanamduit memiliki sertifikasi logam mulia 24 Karat sampai dengan 99,9%. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi tanamduit dan kepoin syarat dan ketentuan promo dengan klik banner di bawah ini!

promo-tanamemas-januari-2023

4. Setelah berhasil melakukan rangkaian pendaftaran, kamu bisa klik “Emas” untuk memilih produk emas.

buka-aplikasi-tanamduit

5. Pilih produk investasi terbaikmu.

pilih-produk-emas-suka-suka

Produk Koleksi Emasku kalau kamu ingin menyiapkan tabungan emas fisik mulai dari 0,01 gram. Lalu, pilihlah produk Emas Suka-suka kalau kamu ingin melakukan transaksi pembelian emas mulai dari Rp10 ribu. Jadi, kamu bisa memilih bentuk logam mulia cetak atau digital. 

6. Lanjutkan transaksi pembelian dengan metode pembayaran yang tersedia

pilihlah-metode-pembayaran-logam-mulia-antam

Setelah memilih produk pilihamu, kamu bisa langsung melanjutkan transaksi pembelian dengan berbagai metode pembayaran. Mulai dari bank transfer hingga beragam e-wallet.

7. Mulai menabung secara rutin

Lakukanlah transaksi pembelian secara rutin agar tabungan emas milikmu semakin optimal di masa yang akan datang. Misalnya, setiap waktu gajian kamu langsung mengalokasikan sebagian penghasilanmu ke tabungan ini.

Kesimpulan

Tabungan emas adalah adalah salah satu alternatif mengoptimalkan dana untuk tujuan finansial jangka panjang lebih dari 5 tahun. Tentunya, jenis tabungan ini memiliki berbagai keuntungan dan kemudahan dalam proses pencairan. Meskipun ada pula kekurangannya, kamu bisa mengoptimalkan jenis tabungan ini untuk mempersiapkan dana di masa depan. 

Untuk memulainya, kamu bisa membuka tabungan emas di aplikasi tanamduit dengan mudah dan aman. Tenang saja, semua produk emas di tanamduit memiliki sertifikasi logam mulia 24 Karat sampai dengan 99,9%.

Biar kamu gak ragu lagi, yuk kenalan dengan produk tanamduit melalui tabel berikut. Di bawah ini merupakan perbandingan emas di tanamduit vs emas di platform lain.

Koleksi Emasku Emas Suka-suka Emas di Platform Lain
Min. Pembelian 0,01 gram 0,1 gram 0,5 gram
Kadar Karat 24K 24K 24K
Desain tersedia pilihan desain menarik + bisa custom desain sendiri desain default emas Antam desain default emas Antam dan pilihan desain lainnya
Harga Spread* 3,47% 5,50% 3.52% – 9.75%
Min. Penjualan 0,1 gram 0,5 gram 1 gram
Biaya Cetak** Rp63.567 Rp89.500 Rp89.573 – Rp125.000
Waktu Transaksi transaksi kapan saja dan di mana saja transaksi kapan saja di mana saja transaksi di jam operasional
Cara jual emas digital dan cetak fisik emas digital dan cetak fisik  cetak emas fisik
Cocok untuk Tujuan investasi jangka panjang, kado, THR, koleksi desain emas investasi jangka panjang dengan nominal terjangkau investasi atau kado

*harga spread berdasarkan pada harga beli dikurangi harga jual (data per tanggal 2 Januari 2023).

**biaya cetak mengacu pada data per tanggal 2 Januari 2023.

Kamu harus tahu bahwa harga emas itu dapat berubah setiap harinya. Untuk mengetahui harga emas terbaru, kamu bisa cek di aplikasi tanamduitAda grafik harga yang selalu update setiap harinya.

Investasi di tanamduit

Selain investasi, kamu bisa koleksi emas mulai dari gramasi kecil. Ada kesempatan emas untuk pengguna baru aplikasi tanamduit! Kamu bisa mendapatkan bonus 0,01 gram setiap transaksi pembelian emas minimal 0,1 gram Koleksi Emasku di aplikasi tanamduit.

Jangan lupa, pakai kode referral TANAMEMAS saat melakukan pendaftaran, ya. Periode promo berlangsung mulai 1 Januari s.d. 31 Desember 2023. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi tanamduit sekarang!

tanamduit Team
tanamduit Team

tanamduit adalah aplikasi penyedia beragam produk investasi reksa dana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan asuransi yang telah berizin dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile