Home » Tips Memilih Aplikasi Investasi Emas Terbaik yang Menguntungkan

Tips Memilih Aplikasi Investasi Emas Terbaik yang Menguntungkan

oleh | Feb 18, 2022

Kini, berbagai aplikasi investasi emas terbaik menawarkan berbagai fitur menarik yang mampu memudahkan investor dalam berinvestasi logam mulia. Aplikasi ini menjadi salah satu alternatif andalan masyarakat dalam berinvestasi logam mulia dengan mudah dan praktis. Investor tidak perlu datang langsung ke toko secara langsung karena transaksi jual-beli logam mulia dapat berlangsung secara online. Melalui satu aplikasi, kamu dapat menabung emas secara rutin dalam bentuk emas digital maupun fisik. 

Investor pemula juga dapat melakukan transaksi dengan mudah dan aman melalui aplikasi ini. Namun, kamu harus memastikan pilih aplikasi investasi emas terbaik agar dapat menabung emas atau bertransaksi jual-beli logam mulia hingga memperoleh imbal hasil optimal dengan praktis. Berikut tips yang wajib kamu ketahui sebelum mulai investasi emas secara online. 

Tips Memilih Aplikasi Investasi Emas Terbaik

1. Kenali Tujuan Investasi

Seorang investor harus mengetahui tujuan investasi sebelum memulainya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengatur alokasi gaji dengan besaran dana investasi logam mulia setiap bulannya. Instrumen investasi ini cocok untuk mempersiapkan dana pensiun, dana pendidikan anak, biaya pembelian rumah, biaya haji, dan tujuan keuangan lainnya. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui jumlah dana investasi setiap bulan agar bisa rutin menabung emas.

Investasi emas menjadi salah satu instrumen investasi jangka panjang lebih dari 5 tahun dengan risiko yang rendah. Harga logam mulia cenderung selalu naik setiap tahunnya dan mampu mempertahankan nilainya di tengah kondisi perekonomian dunia yang tidak stabil. Oleh karena itu, masyarakat mempercayakan aset ini sebagai instrumen investasi jangka panjang yang menguntungkan di masa depan.

2. Sesuaikan dengan Kondisi Finansial

Investor perlu menyesuaikan jumlah dana investasi dengan kondisi finansial. Jadi, kamu perlu mengatur alokasi gaji bulanan agar dapat menabung emas secara rutin setiap bulannya. Sekarang, kamu bisa mulai investasi emas dengan bersaran modal yang terjangkau. Mulai dari Rp10 ribu, kamu sudah bisa memiliki aset logam mulia, lho. Jadi, kamu tidak perlu beralasan bahwa investasi logam mulia itu mahal dan hanya berlaku untuk orang kaya. 

Investasi rutin adalah salah satu tips jitu investasi emas dan menjadikan aset berharga ini sebagai tabungan. Cara ini dapat menjadi strategi investasi yang ramah pemula karena kamu hanya perlu mengalokasikan sebagian penghasilan untuk membeli logam mulia setiap bulan dengan besaran yang sesuai dengan kondisi finansialmu.

3. Ketahui Harga Emas Terbaru

Selanjutnya, investor harus mengetahui harga emas terbaru. Dalam jangka pendek, harga logam mulia dapat naik dan turun. Namun, harga aset ini cenderung naik secara signifikan dalam jangka panjang. Momentum harga emas turun menjadi waktu yang tepat untuk membelinya sehingga kamu dapat menjualnya saat harganya mengalami kenaikan. Idealnya, kamu dapat menjual aset logam mulia saat mencapai tujuan investasimu.

Namun, kamu tidak perlu menunggu momentum saat harga turun karena keuntungannya dapat maksimal dalam jangka panjang lebih dari 5 tahun. Saat ini, kamu dapat mengalokasikan dana investasi secara rutin ke aset logam mulia agar memperoleh keuntungan maksimal di masa yang akan datang. Sekarang, kamu dapat mengetahui grafik perkembangan harga logam mulia melalui berbagai situs online yang menyajikan infromasi terbaru setiap harinya.

4. Pastikan Membeli Produk yang Tepat

Kamu harus memastikan pilih produk yang tepat agar bisa segera mencapai tujuan investasimu. Untuk itu, investor perlu mengetahui jenis, kadar karat, bentuk fisik, hingga kode emas sebelum mulai membelinya. Semakin besar kadar karat emas dan ukurannya, semakin mahal harganya. Namun, kamu juga bisa membeli emas mulai dari ukuran 0,01 gram atau Rp10 ribu. 

Umumnya, aplikasi penyedia layanan investasi logam mulia juga memungkinkan kamu untuk berinvestasi emas digital maupun emas fisik. Jika kamu ingin berinvestasi dengan mudah dan praktis, maka kamu dapat memilih produk emas digital karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk biaya penyimpanan dan dapat mencetaknya dengan mudah. 

Investor juga bisa membeli logam mulia fisik melalui aplikasi investasi emas. Di samping itu, kamu juga harus memastikan bahwa perusahaan penyedia layanan investasi memberikan sertifikat emas yang menjelaskan tingkat kemurnian dan deskripsi produk fisik logam mulia. Sertifikat tersebut menjadi salah satu ciri produk emas asli.

5. Pilih Aplikasi Investasi Terpercaya

Saat ini, banyak pilihan aplikasi investasi emas yang beragam. Namun, kamu harus memilih tempat transaksi jual-beli yang aman sehingga terhindar dari investasi bodong. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa aplikasi tersebut mendapatkan pengawasan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

tanamduit adalah salah satu aplikasi penyedia layanan investasi emas terbaik yang memungkinkan investor berinvestasi logam mulia secara online. Dalam hal ini, tanamduit bekerja sama dengan PT Cipta Optima Digital dan PT Tamasia Global Sharia yang sudah diawasi oleh BAPPEBTI. Sistem penyimpanan emas itu setiap produk tersimpan di Pegadaian sehingga terjamin keamanannya. 

Melalui aplikasi tanamduit, kamu dapat melakukan investasi emas  Antam (Produk Emas Suka-suka) dan logam mulia BIGGOLD (Koleksi Emasku) mulai dari Rp10 ribu, lho. Semua produk tersebut 100% asli 24 karat. Kamu juga bisa melakukan pembelian logam mulia digital maupun fisik secara online dengan mudah dan aman. Bahkan, investor juga bisa menjualnya kapan pun.

6. Metode Pembayaran Mudah dan Aman

Aplikasi penyedia layanan investasi logam mulia tentu menyediakan beragam metode pembayaran yang dapat memudahkan investor. Dengan begitu, investor dapat melakukan transaksi pembelian dengan mudah dan aman. Selain metode transfer, kamu juga bisa menggunakan metode pembayaran dompet digital seperti GoPay, OVO, LinkAja, ShopeePay, atau DANA. Jadi, kamu dapat bertransaksi kapan saja dan di mana saja. Seringkali, aplikasi investasi menawarkan promo menarik setiap transaksi dengan metode pembayaran tertentu.

7. Punya Fitur Menarik dan Menguntungkan

Umumnya, setiap aplikasi penyedia layanan investasi emas terbaik menyediakan berbagai fitur menarik dan menguntungkan. Selain transaksi online, investor juga dapat melakukan pembelian dengan harga terjangkau sehingga semua kalangan masyarakat bisa memulai investasi. 

Di aplikasi tanamduit, kamu bisa berinvestasi logam mulia mulai dari Rp 10 ribu berupa emas digital maupun fisik. Investor juga dapat mencetak bentuk fisik aset logam mulia dengan biaya pencetakan yang terjangkau. Bahkan, kamu dapat mencetak kartu emas dengan desain menarik sesukamu mulai dari gramasi 0,1 gram, lho. Produk cetak tersebut bisa langsung diantar ke alamatmu. Yuk download aplikasi tanamduit dan dapatkan kartu emasmu sekarang! 

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile