Home » 11 Cara Gampang Mendapatkan Passive Income

11 Cara Gampang Mendapatkan Passive Income

oleh | Nov 15, 2021

Adakah di antara kamu yang merasa pendapatan bulanannya masih kurang dan sedang mencari cara untuk menambah penghasilan? Salah satu cara untuk mendapatkan tambahan penghasilan adalah dengan memiliki passive income. Keberadaan penghasilan pasif seolah ngasih kesempatan buat uang kamu “bekerja” buat kamu. Jadi, nggak cuma kamu aja yang capek kerja untuk mendapatkan uang.

Memiliki passive income membuat kamu nggak bergantung sama satu sumber penghasilan saja. Hal ini jadi penting kalau sewaktu-waktu kamu kehilangan pekerjaan utama, kamu masih memiliki sumber-sumber penghasilan lainnya yang bisa kamu andalkan.

Pada artikel ini, kita akan membahas pengertian passive income dan beragam cara untuk mendapatkannya.

1. Apa itu passive income?

Passive income adalah penghasilan yang tidak kamu dapat secara langsung. Artinya, kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan, bahkan saat kamu tidak lagi aktif bekerja. Berbeda halnya dengan active income, kamu harus bekerja setiap harinya untuk kemudian menerima gaji di akhir bulan.

Apakah se-effortless itu untuk mendapatkannya? Tentu tidak, temanduit. Pada dasarnya, passive income membutuhkan usaha terlebih dahulu untuk membangun sumber-sumber penghasilan. Sebagai contoh, kamu ingin menghasilkan pendapatan tambahan dengan berinvestasi. Untuk mendapatkan imbal hasil dari investasimu di kemudian hari, kamu harus rutin menyisihkan sebagian gaji bulananmu untuk diinvestasikan.

passive-income

Sumber gambar: Imgflip

Butuh konsistensi dan kesabaran untuk membangun passive income. Terkadang, butuh waktu yang nggak sebentar untuk memanen hasilnya. Akan tetapi, yakinlah kalau usahamu nggak akan mengkhianati hasil di kemudian hari.

2. Cara mendapatkan passive income

Sebagaimana banyak jalan menuju Roma, ada berbagai cara untuk mendapatkan passive income yang bisa kamu coba mulai dari sekarang.

2.1. Menjadi seorang vlogger di YouTube

Pada era digital seperti sekarang, kita bisa melakukan apapun untuk mengekspresikan diri, salah satunya dengan membuat konten video di YouTube. Kamu bisa membuat konten vlog, ulasan barang, podcast, streaming game, dan masih banyak lagi. Meskipun begitu, mendapatkan jumlah views, subscriber, dan adsense membutuhkan keuletan kita dalam membuat konten yang menarik dan sesuai dengan audiens sasaran.

Seiring waktu, ketika jumlah views dan subscriber kamu sudah memenuhi standar yang ditentukan Google, barulah kamu bisa mendapatkan uang dari YouTube. Uang yang akan kamu dapatkan dari YouTube bersumber dari tiga hal:

    • Pendapatan langsung dari jumlah viewers;
    • Adsense;
    • Paid promote dari brand tertentu

2.2. Ikut program afiliasi e-commerce

Di era pandemi seperti sekarang, program afiliasi dari berbagai platform belanja online menjadi salah satu jalan ninja seseorang untuk mendapatkan passive income. Kamu cukup mendaftar pada program afiliasi dari salah satu e-commerce, kalau kamu memenuhi kriteria, biasanya kamu langsung bisa memulai misimu. 

Misi dari program afiliasi sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mempromosikan suatu produk atau layanan. Promosi tersebut dapat kamu lakukan melalui platform media sosial, blog, hingga e-mail. Nah, kalau promosimu berhasil dan berujung pembelian, kamu akan mendapatkan komisi. Semakin banyak barang yang terjual, semakin banyak juga komisi yang kamu dapatkan.

Meskipun begitu, dalam mempromosikan barang dibutuhkan strategi kreatif dalam pembuatan konten. Kamu harus membuat konten yang menarik perhatian banyak orang dan membuat mereka tergerak untuk membeli barang tersebut.

2.3. Suka fotografi? Kamu bisa uangkan stok fotomu!

passive-income

Buat orang-orang yang suka foto, baik itu cuma iseng atau memang dijadikan profesi, ternyata kamu bisa lho, menjual foto-foto kamu pada platform online seperti Shutterstock, iStock, 500px, dan masih banyak lagi. Foto-foto yang kamu unggah pada platform tersebut dapat dibeli oleh para pembuat konten yang membutuhkan konten visual tambahan. Ini bisa jadi ide passive income yang mudah dan menguntungkan, bukan?

2.4. Mendapatkan passive income dengan membuat e-book

Menulis menjadi salah satu wadah seseorang untuk menuangkan pikiran dan perasaannya. Mempublikasikan tulisan kita ke dalam bentuk buku untuk kemudian dibaca oleh orang lain adalah langkah baru yang bisa kamu coba. Sebagai contoh, kamu bisa mengawali karir kepenulisanmu dengan menulis cerita bersambung di blog atau platform menulis seperti wattpad. 

Setelah mendapatkan banyak pembaca setia, kamu bisa menyelesaikan cerita tersebut dan merilisnya dalam bentuk e-book. Barulah setelahnya kamu mengirimkan pada platform penerbit seperti Amazon KDP (Kindle Direct Publishing) atau Nulisbuku. Kamu juga bisa menjualnya secara independen melalui platform wordpress milikmu dengan menggunakan plug in seperti Sell Digital Downloads. Hasil penjualan e-book-mu bisa kamu jadikan sumber passive income. 

2.5. Sewa properti, cara mendapat passive income paling legenda

Salah satu sumber penghasilan pasif yang sudah ada sejak zaman baheula adalah sewa-menyewa properti. Buat kamu yang punya aset properti ngganggur seperti rumah, toko, dll., kamu bisa jadikan properti tersebut sebagai passive income, lho! Semisal kamu punya lima unit toko, satu toko disewakan dengan harga Rp20 juta per tahun. Artinya, kalau semua unit tokomu disewakan, otomatis kamu akan mendapat Rp100 juta dalam setahun hanya dari uang sewa toko.

2.6. Jual karya seni secara online

Apakah kamu berprofesi sebagai seniman atau punya passion pada dunia seni? Kamu bisa, lho, menjual karya senimu secara online. Misalnya kamu punya kemampuan untuk menciptakan musik, kamu bisa lho menjual karya-karya musikmu di platform seperti Tunecore, Bandcamp, Fiver, dan masih banyak lagi. Hasil penjualan karya musikmu bisa jadi salah satu sumber passive income yang menjanjikan juga.

2.7. Investasi

Berinvestasi merupakan salah satu cara menghasilkan passive income paling effortless jika dibandingkan cara lainnya. Investasi memberikan ruang pada uang agar dapat bekerja untuk kita. Namun, hal terpenting yang perlu kamu lakukan sebelum berinvestasi adalah menentukan tujuan investasi dan target waktu investasi. Barulah kamu bisa tentukan pilihan produk investasi yang cocok dengan tujuan investasi dan target waktu investasimu.

passive-income

Salah satu aplikasi investasi dengan ragam pilihan produk adalah tanamduit. Dalam aplikasi tanamduit, terdapat pilihan produk seperti reksa dana, emas, dan Surat Berharga Negara. Kamu tinggal sesuaikan tujuan investasi dan target waktu investasi dengan pilihan produk di tanamduit. Misalnya kamu punya tujuan jangka panjang (>5 tahun) membeli rumah/hunian apartemen, kamu bisa memilih produk reksa dana saham. Dalam jangka panjang, imbal hasil dari tabungan reksa dana saham kamu bisa jadi sumber passive income yang menjanjikan juga, lho.

Baca juga: Tutorial Lengkap: Cara Investasi Reksa Dana Untuk Pemula

2.8. Memasang iklan di blog

Kamu tahu nggak sih kalau unggahan kontenmu di blog bisa mendatangkan uang dengan memasang iklan? Yes, kamu bisa menghubungkan Google AdSense dengan situs blog kamu. Cara kerja dari AdSense cukup mudah. Kamu akan mendapatkan penghasilan setiap orang mengklik banner iklan yang muncul di postingan kamu. 

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menampilkan iklan pada postingan di blogmu:

  • Auto-ads: Google akan secara otomatis memilihkan tipe iklan yang cocok dengan postingan kamu
  • Ad-units: Untuk opsi ini, kamu bisa menyesuaikan sendiri tipe, ukuran, dan posisi iklan dalam postingan.

2.9. Buka online course

Adakah keahlian khusus yang kamu kuasai seperti copywriting, graphic design, public speaking, dll.? Kamu bisa lho, berbagi ilmu sekaligus mendapatkan penghasilan dari keahlianmu. Nggak usah khawatir dengan course gratis yang berseliweran di YouTube, kamu bisa tonjolkan paid course kamu dengan mengemas materi dengan sudut pandang menarik dan lebih mendalam. Fokuslah pada sesuatu yang praktikal dibanding fokus pada teori.

Tertarik menghasilkan passive income dengan cara ini? Kamu bisa memulai kursus online-mu pada platform seperti Udemy, Coursera, dsb.

2.10. Bisnis dropship/reseller

Dropshipping merupakan salah satu cara mendapatkan passive income secara online dengan menjual barang tanpa memiliki produk. Sistem kerjanya cukup sederhana. Kamu cukup mencari supplier barang daganganmu dan mempromosikan barang tersebut di akun e-commerce, media sosial, maupun website pribadimu. Jika ada pelanggan yang membeli, kamu langsung order produk tersebut dan supplier kamu akan mengirimkan barang pesanan langsung ke alamat pembeli. Dropshipper akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga dari supplier dengan harga yang ia pasarkan ke pelanggan.

Bisnis dropship jadi salah satu cara mendapatkan pendapatan tambahan tanpa modal yang bisa kamu coba. Kamu hanya perlu mencari supplier terpercaya dan memasarkan barang pada calon pembeli.

2.11. Jasa Sewa Kendaraan

Kamu punya mobil atau motor nganggur di garasi rumah? Cuanin aja! Kamu bisa sewakan motor atau mobilmu untuk didaftarkan sebagai mitra kendaraan online. Buat syarat dan ketentuan serta tarif sewa yang detail untuk penyewa yang akan jadi driver taksi atau ojek online. Setelah itu, kamu bisa memasarkan jasa sewa kendaraanmu pada platform online seperti OLX, Jualo, dll. Kamu juga bisa memasarkan jasamu melalui orang-orang terdekatmu juga. Meskipun begitu, sebaiknya kamu berhati-hati dalam memilih penyewa. Pastikan betul, kamu membuat kesepakatan yang detail dan memiliki kekuatan hukum yang kuat. Jadi, sewaktu-waktu terjadi masalah yang dapat merugikanmu, kamu punya bukti hukum yang kuat.

3. Pilih sumber passive income andalanmu!

Semua pilihan passive income di atas mungkin sangat menggiurkan, namun, kita juga harus cermat dalam menentukan cara yang cocok untuk mendapatkannya. Nggak semua orang punya waktu lebih untuk membangun sumber pendapatan pasifnya. Kalau kamu salah satunya, mungkin investasi bisa jadi jalan ninjamu untuk memperoleh passive income di masa mendatang, salah satunya dengan investasi reksa dana. Investasi reksa dana tidak memerlukan waktu atau effort lebih, karena dana investasi kita dikelola oleh manajer investasi profesional. Kamu hanya perlu menjadikan investasi reksa dana sebagai rutinitas pasca gajian, dengan menyisihkan sebagian gajimu untuk langsung diinvestasikan.

Yuk, mulai bangun passive income kamu dengan  investasi reksa dana di tanamduit!

Penulis: Syafira Maulida

 

banner-download-mobile