Home » 5 Cara Menjaga Produktivitas Saat di Rumah

5 Cara Menjaga Produktivitas Saat di Rumah

oleh | Agu 25, 2021

Buat yang masih work from home (WFH), kamu bisa ikuti cara berikut untuk menjaga produktivitas selama bekerja dari rumah!

Setahun belakangan, sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, kita harus beradaptasi dengan cara kerja baru, yaitu kerja dari rumah (work from home) dan tetap menjaga produktivitas kita. Bekerja dari rumah terdengar menyenangkan, bukan? Mungkin saat masih aktif bekerja di kantor sering kali kita membayangkan nyamannya bekerja dari rumah, punya waktu yang fleksibel untuk melakukan hal lain selain bekerja, tapi terkadang kenyataan berkata lain. WFH nggak jarang bikin kita burnout dan mengurangi tingkat produktivitas kita, lho.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, simak baik-baik kelima cara berikut, ya~

1. Buatlah to do list dan goals harian

Buat kamu yang kesulitan mengatur dan mengingat jadwal harian untuk menyelesaikan pekerjaan, membuat to do list dan goals harian bisa jadi salah satu trik untuk menjaga produktivitas di rumah. Kamu bisa buat daftar pekerjaan yang akan kamu kerjakan hari ini pagi hari sebelum bekerja. Setelah menuntaskan satu pekerjaan, kamu bisa memberi checklist pada pekerjaan yang telah selesai. Dengan mengetahui pekerjaan mana yang sudah selesai dan belum selesai, kamu bisa jadi lebih termotivasi, lho, untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya.

2. Mulailah hari dengan baik

Memulai hari dengan baik dapat dilakukan dengan cara berolahraga pagi, sarapan cukup, dan menyisakan waktu untuk bersantai di pagi hari sebelum mulai bekerja. Jangan lupa mandi pagi dan dandan selayaknya kamu mau berangkat ke kantor. Kamu akan merasa lebih segar dan energik dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil tersebut sehingga dapat menjaga produktivitas kita setiap harinya.

3. Buat ruang kerjamu senyaman mungkin

Ruang kerja yang nyaman dan kondusif dapat mempengaruhi produktivitas kita dalam bekerja, lho. Akan tetapi, kamu harus bisa membedakan kenyamanan untuk bekerja dan kenyamanan untuk bermalas-malasan. Sebagai contoh, sofa di rumah memang terasa nyaman, tapi kenyamanan sofa justru bisa menghambat produktivitasmu, karena saking nyamannya, kamu bisa tertidur di sofa saat bekerja.

Kamu bisa menata ruang kerjamu sesuai dengan keinginanmu. Temukan spot favorit di rumah dengan pencahayaan yang baik. Setelahnya, kamu bisa mendekorasi spot tersebut sesuai selera. Tenang saja, inspirasi dan referensi dekorasi ruang kerja dapat kamu temukan dengan mudah di mana-mana di era canggih seperti sekarang~

4. Menjaga asupan makanan dan minuman

Bekerja dari rumah seringkali membuat kita lupa waktu. Sadar nggak sih, selama WFH kita sering ntar-ntarin makan dan minum karena sudah asyik bekerja? Padahal, menjaga asupan makan dan minum sangat penting bagi kesehatan, terutama untuk menjaga imun kita tetap kuat di masa pandemi seperti sekarang. Kamu bisa jadwalkan sarapan pagi dan makan siang seperti saat kamu ngantor dan selalu sediakan botol air minum di meja kerjamu agar tetap terhidrasi sepanjang hari~

5. Minimalisir penggunaan ponsel untuk bermedia sosial

Tidak dapat dipungkiri, ponsel dan media sosial sudah jadi kebutuhan primer pada zaman sekarang. Namun, penggunaannya yang berlebihan bisa jadi distraksi utama kita yang menghambat produktivitas, lho. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak terlalu sering menggunakan ponsel dan mengakses media sosial. Semisal kamu ingin berkomunikasi terkait pekerjaan dengan rekan kerjamu, kamu bisa membuka aplikasi tersebut melalui laptop. Jadi semua aktivitas pekerjaanmu dapat terfokus pada satu perangkat saja yang memungkinkan kamu menjaga produktivitas pekerjaanmu selama di rumah.

Kelima cara di atas bisa jadi trik buatmu untuk menjaga produktivitas selama WFH. Kamu bisa melakukannya secara rutin setiap harinya, karena kunci produktivitas di rumah adalah kedisplinan dan konsistensi. Kamu harus disiplin dan konsisten membenahi kemageran selama bekerja di rumah dengan cara-cara di atas supaya tetap produktif meskipun #dirumahaja! Akan tetapi, jangan sampai produktivitasmu membuat kamu lupa beristirahat dan jatuh sakit di kemudian hari, ya. Amit-amit, banget, deh~

Meskipun amit-amit banget kejadian, kamu tetap harus punya upaya preventif, dong, untuk mengantisipasi risiko jatuh sakit di kemudian hari. Salah satunya adalah dengan memiliki asuransi kesehatan. Di tanamduit, kamu bisa punya asuransi kesehatan mikro yang premi bulanannya sangat terjangkau, lho, mulai dari Rp50 ribu saja. Yuk, mulai asuransikan kesehatanmu di tanamduit mulai dari sekarang!

 Penulis: Syafira Maulida

 

banner-download-mobile