Home » Catat! 9 Persiapan Lebaran yang Wajib Kamu Lakukan

Catat! 9 Persiapan Lebaran yang Wajib Kamu Lakukan

oleh | Apr 6, 2022

Bulan suci Ramadhan telah tiba. Sering kali bulan ini rasanya berlalu begitu cepat tanpa kita sadari, tiba-tiba sudah jelang lebaran saja. Dalam menyambut Hari Raya Idulfitri, banyak persiapan lebaran yang harus kamu persiapkan dan nggak boleh terlewatkan. Apa saja, ya, yang perlu dipersiapkan? Simak selengkapnya pada artikel berikut!

Rangkaian Persiapan Lebaran Untuk Kamu Siapkan

Di Indonesia, lebaran menjadi momen sakral yang sarat perayaan, mengingat mayoritas masyarakat kita menganut agama Islam. Nggak heran kalau butuh persiapan khusus. Apa saja, ya?

1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib setiap Muslim bayarkan di bulan Ramadhan, menjelang Hari Raya Idulfitri. Selain mensucikan diri setelah menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan, zakat fitrah juga bisa kita maknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu serta berbagi kebahagiaan dan kemenangan di hari raya. Zakat fitrah bisa berupa beras 3,5 liter per jiwa atau dalam bentuk tunai setara harga tersebut. Jumlahnya memang tidak besar, tetapi persiapan lebaran satu ini jangan sampai terlupakan. Kamu bisa alokasikan dana untuk zakat fitrah setelah gajian mendekati awal puasa supaya nggak lupa.

2. Membersihkan Rumah

Hari Raya Idulfitri jadi momen berharga bagi kita untuk bersilaturahmi dengan mengunjungi rumah sanak saudara dan kerabat dekat. Agar suasana rumah menjadi lebih nyaman untuk bercengkrama, kita perlu membersihkan rumah beserta furniturnya. Mulai dari mengganti gorden, taplak meja, mengecat ulang dinding yang sudah lusuh, dan perbaikan lainnya.

3. Memasak Masakan Spesial Lebaran

Salah satu persiapan lebaran lainnya yang identik adalah kuliner khas lebaran. Biasanya, kaum ibu sibuk berburu bahan makanan seperti daging sapi dan ayam untuk membuat masakan khas hari raya seperti rendang, opor ayam, semur ayam, ketupat, say dll. Makanya, nggak heran kalau harga bahan makanan naik seiring dengan naiknya permintaan terhadap barang tersebut. Jangan lupa untuk mempersiapkan alat makan yang cukup untuk menjamu sanak saudara dan kerabat di hari raya.

4. Siapkan Kue Lebaran

Selain makan berat, biasanya kita juga menyiapkan kue lebaran seperti kastangel, nastar, putri salju, biji ketapang, sesuai selera. Jika kamu punya waktu, kue lebaran bisa dibuat sendiri. Akan tetapi, jika ingin lebih praktis, cukup beli langsung di toko kue saja, ya.

5. Siapkan Uang THR

Hari raya identik dengan memberikan THR atau angpao pada anak-anak uang masih kecil. Bagi kamu yang sudah bekerja, nggak ada salahnya untuk berbagi pada anak-anak. Mereka biasanya sangat bersemangat untuk ikut datang ke rumah saudara. Selain memberikan kebahagiaan, pemberian THR bisa memupuk tali silaturahmi pada anak-anak sedari dini.

6. Bingkisan (Hampers) Lebaran

Tradisi saling bertukar hampers menjelang Idulfitri sudah ada sejak lama. Biasanya saat berkunjung ke rumah kerabat, kita akan membawa bingkisan. Persiapan lebaran untuk berbagi hampers kepada sanak saudara tentu membutuhkan dana. Oleh karena itu, penting untuk membuat anggaran khusus untuk keperluan satu ini. Pastikan, kamu telah mempersiapkannya, ya, agar pengeluaran tidak membludak.

Kamu bisa berikan hampers unik berupa kartu emas edisi lebaran, lho. Hitung-hitung bisa sekaligus mengajarkan investasi emas pada orang tersayang.

7. Mencuci Alat Shalat

Di hari yang fitri, orang-orang pasti ingin tampil rapi dan bersih, termasuk saat ibadah shalat Idulfitri. Sebelum hari lebaran tiba, pastikan kamu sudah mencuci semua alat shalatmu agar nyaman dipakai saat shalat Ied nanti.

8. Biaya Mudik

Momen lebaran identik dengan tradisi mudik ke kampung halaman. Tradisi ini membutuhkan biaya cukup besar, terlebih jika mudik bersama anggota keluarga lainnya. Oleh karena itu, biaya mudik wajib masuk dalam daftar utama alokasi dana untuk persiapan lebaran.

9. Jaga Kesehatan

Segala kebutuhan dan persiapan hari raya tidak akan bisa kamu wujudkan, kalau kamu jatuh sakit. Jadi, jaga kesehatanmu dengan menjaga pola makan dan tetap rutin berolahraga selama bulan puasa, ya.

Susun Persiapan Lebaran dengan Investasi Reksadana!

Dalam menyambut hari raya, kita butuh persiapan yang matang, terutama terkait pengeluaran. Harga bahan pokok yang mengalami kenaikan, biaya mudik, uang THR, dan berbagai pengeluaran lainnya tentu butuh perencanaan keuangan yang matang. Jadi, pastikan kamu sudah membuat pos alokasi gaji tersendiri untuk pengeluaran persiapan lebaran.

Kamu bisa membuat rencana keuangan untuk mempersiapkan biaya untuk hari raya dengan alokasi gaji sederhana menggunakan metode 50-30-20. Rinciannya sebagai berikut:

  • 50% untuk kebutuhan selama bulan puasa, zakat fitrah, zakat mal (2,5%), dan kebutuhan lainnya.
  • 30% untuk berbagi THR ke keluarga, biaya mudik, kue lebaran, dll.
  • 20% untuk dana darurat dan investasi

Kamu bisa baca selengkapnya mengenai alokasi gaji 50-30-20 pada artikel berikut: Cara Jitu Mengatur Keuangan Pakai Metode 50/30/20, Gampang!

Setelah menentukan alokasi gaji, barulah kamu bisa simpan uang kamu dalam bentuk reksadana pasar uang di tanamduit. Selain lebih menguntungkan, dana persiapan lebaran tidak akan terpakai untuk kebutuhan lain, karena reksadana tidak bisa dicairkan langsung seperti uang di rekening. Butuh waktu sekitar 1–2 hari untuk mencairkan kepemilikan reksadana pasar uangmu. Jadi, lebih aman, bukan?

Selain reksadana, kamu juga bisa berinvestasi emas dan Surat Berharga Negara di aplikasi tanamduit, lho. Yuk, download tanamduit dan mulai investasimu sekarang!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile