Home » Bolehkah Zakat Online? Begini Cara Membayar Zakat Online

Bolehkah Zakat Online? Begini Cara Membayar Zakat Online

oleh | Apr 26, 2022

Di tengah perkembangan teknologi, umat muslim juga berinovasi dalam melakukan kegiatan sedekah secara daring. Semua orang berkesempatan untuk bersedekah dan membayar zakat secara online. Zakat online adalah harta tertentu yang seseorang keluarkan untuk golongan yang membutuhkan dengan metode pembayaran online. Sekarang, ada banyak situs resmi yang dapat menjadi perantara seorang pemberi sedekah dengan penerima sedekah. Namun, banyak orang yang mempertanyakan, bolehkan zakat online? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Apa Boleh Zakat Online?

Semua orang bisa melakukan zakat online dengan mudah dan aman melalui situs penyalur sedekah wajib yang resmi. Kementerian Agama sudah menyatakan bahwa zakat fitrah atau infak secara online itu sah. Selama seorang muslim mengucapkan niat, ia bisa menunaikan ibadah ini secara daring. Jadi, seorang pemberi sedekah atau muzaki harus melantunkan niat agar tetap sah. Bagian penting dalam ibadah ini adalah muzaki, harta yang akan diberikan kepada golongan tertentu, penerima sedekah atau mustahik, dan doa penerima sedekah.

Cara Membayar Zakat Online

1. Pilih Situs Zakat Online Terbaik

Sekarang, ada banyak situs penyedia layanan sedekah berbasis daring. Dengan begitu, kamu bisa memilih laman pembayaran zakat terbaik sesuai dengan kebutuhanmu. Salah satu situs terbaik dan terpercaya yang bisa kamu pilih adalah BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional). Pastikan kamu memilih situs penyaluran sedekah resmi dan terjamin keamanannya, ya!

2. Kenali Jenis Zakat 

Dalam Islam, ada beberapa jenis zakat yang wajib umat Islam ketahui. Semua umat muslim wajib memenuhi zakat fitrah di bulan Ramadhan. Sementara itu, zakat harta itu wajib kamu keluarkan saat hartamu mencapai nishab atau jumlah minimum harta dan haul atau masa kepemilikan harta. Dalam hal ini, kamu harus menyisihkan sebagian keuntungan investasimu saat keuntungan yang kamu peroleh sudah mencapai nishab dan haul selama satu tahun. Yuk, ketahui lebih lanjut melalui artikel berikut: Apa itu Zakat Investasi? Begini Cara Penghitungan Zakat Investasi

3. Tentukan Nominal Zakat 

Besaran sedekah wajib itu sesuai dengan jenis dan muzaki. Misalnya, kamu ingin membayar zakat fitrah sebesar 2,5 kg beras per jiwa. Namun, kamu juga bisa membayar sedekah wajib tersebut berupa uang tunai dengan nilai setara dengan harga 2,5 kg beras. Sebagai contoh lain, kamu ingin membayarkan zakat investasi reksa dana. Untuk itu, kamu perlu menyisihkan 2,5% dari total asetmu. Biasanya, situs penyalur sedekah wajib ini juga memiliki kalkulator khusus yang bisa memudahkan kamu dalam melakukan pembayaran.

4. Lengkapi Profilmu

Umumnya, kamu harus melengkapi data diri sebagai profil penyalur sedekah. Mulai dari nama lengkap, nomor ponsel, hingga alamat email. Pengisian formulir data diri ini menjadi buktu donatur telah melakukan penyaluran sedekah. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan untuk mengisi data profilmu dengan tepat.

5. Pilih Metode Pembayaran 

Saat ini, kamu bisa memilih berbagai metode pembayaran yang praktis. Mulai dari pilihan transfer bank, e-wallet, hingga pembayaran melalui e-commerce. Jadi, kamu dapat bersedekah dengan mudah, praktis, dan aman.

6. Berhasil Melakukan Pembayaran

Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, kamu berhasil menyalurkan infak wajib kepada golongan orang yang membutuhkan. Waktu pelaksanaan zakat online dapat berlangsung kapan saja dan di mana saja. Kamu juga bisa membayar zakat fitrah di bulan Ramadhan secara daring melalui situs penyaluran sedekah pilihanmu. 

Selain itu, kamu juga bisa investasi sekaligus bersedekah melalui tanamduit dan BAZNAS. Mulai dari investasi reksadana 500 ribu atau beli cetak emas 1 gram, kamu akan mendapatkan bonus reksadana. Bonus tersebut akan tanamduit salurkan melalui BAZNAS. Jadi, kamu bisa mengoptimalkan sebagian penghasilanmu sekaligus bersedekah selama periode Ramadhan.

Kesimpulan 

Umat muslim boleh melakukan zakat online. Namun, setiap muzali atau penyalur sedekah wajib mengucapkan niat dan memenuhi syarat seduai kaidah Islam. Dengan begitu, ibadah sedekah wajib ini sah. Kamu bisa beribadah sekaligus berbagi kepada sesama dengan tahapan yang mudah, praktis, dan aman. Mulai dari memilih situs sedekah online terpercaya, menegnali jenisnya, menentukan nominal sedekah, melengkapi form data diri, memilih metode pembayaran yang tepat, hingga berhasil melalukan pembayaran. 

Sekarang, kamu juga bisa investasi sekaligus sedekah, lho. Di tanamduit, kamu bisa investasi reksadana atau emas sekaligus donasi sekaligus berbagi selama bulan Ramdhan. Nanti, bonus investasimu akan tanamduit akan disalurkan melalui BAZNAS bagi orang-orang yang membutuhkan. Yuk, investasi sekarang dan dapatkan berkahnya kemudian! Klik di sini untuk mulai investasi sekaligus donasi di tanamduit.

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile