Home » 7 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan yang Mudah untuk Karyawan

7 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan yang Mudah untuk Karyawan

oleh | Mar 10, 2022

Umumnya, karyawan berusaha mencari cara mendapatkan penghasilan tambahan yang mudah di samping pekerjaan utamanya. Meskipun memiliki penghasilan setiap bulan, para pekerja kantoran kerap membutuhkan penghasilan tambahan agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari atau mencapai tujuan keuangan lainnya. Seringkali, karyawan ini memiliki waktu, tenaga, dan modal terbatas dalam usaha memperoleh penghasilan tambahan.

Sekarang, semua orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan mudah dari internet. Untuk itu, para karyawan dapat melakukan berbagai pekerjaan sampingan sehingga memperoleh gaji tambahan setiap bulan. Para karyawan kantoran dapat menghasilkan uang dengan mengoptimalkan waktunya dalam melakukan pekerjaan di samping kesibukan pekerjaan utama. Berikut merupakan cara mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa kamu coba. 

Cara Mendapatkan Pengasilan Tambahan yang Mudah untuk Karyawan

1. Menjadi Freelancer

Seiring berkembangkan teknologi, semua orang bisa memperoleh informasi lowongan sebagai pekerja lepas melalui internet. Saat ini, ada banyak situs penyedia informasi freelance yang memungkinkan kamu melakukan pekerjaan sampingan di mana saja dan kapan saja. Profesi ini menjadi salah satu solusi untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan besaran gaji yang menggiurkan. Semakin banyak pengalaman dan keahlianmu, maka semakin besar penghasilan yang kamu peroleh.

Kamu hanya perlu mengunjungi situs bagi freelancer, seperti Fiverr, Sribulancer, dan situs lainnya. Umumnya, situs job freelance menawarkan lowongan pekerjaan berupa jasa di berbagai bidang, seperti jasa copywriting, penerjemah, desain grafis, penerjemah, dan sebagainya. Di samping itu, kamu juga berkesempatan untuk memperluas relasi dengan klien dan tenaga profesional lainnya yang dapat membuka kesempatan di masa yang akan datang.

2. Menulis Blog

Jika kamu memiliki hobi menulis, maka kamu dapat memanfaatkan situs blog untuk berbagi tulisan seputar gaya hidup, kuliner, travelling, teknologi, atau topik menarik lainnya. Kegiatan menulis blog dapat menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan atau passive income dari kegiatan hobimu. Artikel blog menjadi salah satu konten dengan audience yang cukup banyak meskipun ada banyak konten dalam bentuk video.

Kamu bisa menuliskan konten menarik sampai pengunjung internet ramai membaca tulisanmu. Setelah itu, kamu dapat membuka jasa iklan berupa promosi produk dan jasa di blog sehingga kamu dapat menghasilkan uang dari jasa iklan tersebut. Namun, kamu harus konsisten dalam menuliskan konten menarik dan informatif di blog pribadimu.

3. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Ingin berbisnis tanpa modal? Kamu dapat memulainya dengan menjadi reseller atau dropshipper. Reseller adalah pedagang yang menjual kembali sebuah barang dagangan dari pihak pertama dengan menyimpan stok produk dalam jumlah tertentu. Sementara itu, kamu juga bisa menjadi dropshipper dengan menjual kembali barang supplier tanpa harus memiliki stok. Dalam hal ini, kamu dapat menaikkan harga dan melakukan promosi barang jualan agar memperoleh keuntungan. 

Sistem reseller cocok bagi kamu yang ingin memastikan kualitas setiap produk yang dijual dan menangani pengemasan produk sendiri. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan penjualan dengan menjual secara online maupun offline. Namun, kamu bisa memilih dropshipper untuk memulai bisnis tanpa modal dan proses pengiriman barang ke konsumen akan dilakukan oleh supplier. Di samping itu, kamu juga dapat menekuni 8 Ide Usaha Langka Menguntungkan yang Bisa Kamu Coba.

4. Tawarkan Jasa Pembuatan Website

Saat ini, website atau aplikasi di ponsel pintar menjadi bagian penting dalam media promosi dan informasi sebuah produk atau jasa. Oleh sebab itu, banyak pihak yang membutuhkan keahlian orang yang ahli di bidang IT dalam hal website developer, apps developer, programming, dan sebagainya. 

Bagi kamu yang memiliki kemampuan di  bidang teknologi, kamu bisa menawarkan jasa pembuatan website atau apps di samping pekerjaan utamamu. Cara mendapatkan penghasilan tambahan ini menjasi salah satu cara terbaik yang mampu menghasilkan upah yang besar. Misalnya, kamu membuka jasa pembuatan website sebuah produk pakaian. Dalam hal ini, kamu bisa memperoleh keuntungan hingga puluhan juta rupiah.

5. Menjadi Content Creator

Media sosial menawarkan berbagai fitur menarik dan membuka kesempatan bagi semua orang untuk menjadi content creator. Saat ini, kamu bisa membagikan konten informatif hingga konten hiburan di media sosial. Kamu dapat membuat konten edukasi, tutorial, vloging, dan sebagainya berupa tulisan, gambar, dan video. Dalam hal ini, kamu harus menciptakan konten kreatif dan menarik sehingga dapat menyajikan konten bermanaat bagi para audience. Namun, kamu membutuhkan konsistensi dan konsep ide menarik dalam membuat konten di media sosial.  

Akun media sosial dengan banyak pengikut dapat mengundang banyak brand untuk melakukan kerja sama berupa promosi barang atau jasa di media sosial. Media promosi endorsement melalui content creator menjadi salah satu cara efektif dalam menjangkau target audience sebuah brand. Untuk itu, pekerjaan sebagai content creator dapat menjadi sarana mendapatkan penghasilan tambahan di samping pekerjaan utamamu.

6. Menjual Foto dan Video

Hobi di dunia fotografi dan videografi juga bisa mendatangkan banyak keuntungan. Kamu bisa menjual hasil foto dan video di situs penyedia stok foto dan video, seperti Shutterstock, iStockphoto, dan berbagai platform lainnya. Jika kamu menjadi freelance fotografer atau videografer, maka kamu harus mengeluarkan waktu dan tenaga ekstra dalam melakukan pekerjaan tersebut. Oleh sebab itu, cara mendapatkan penghasilan tambahan ini menjadi alternatif untuk menghasilkan uang. Setiap pengunjung situs stock foto dan video mengunduh karyamu, kamu akan memperoleh komisi mulai dari 20% hingga 45% dari harga jual sebagai keuntunganmu.

7. Mulai Investasi 

Seorang karyawan dapat mendapatkan penghasilan tambahan dengan melakukan investasi secara rutin. Investasi adalah kegiatan menanamkan dana ke aset berharga atau instrumen tertentu dengan harapan akan memperoleh keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Kini, ada banyak jenis instrumen investasi seperti investasi emas, saham, Surat Berharga Negara (SBN), saham, dan investasi lainnya yang memungkinkan semua orang berinvestasi dengan mudah, aman, dan praktis. Bahkan, kegiatan investasi dapat berlangsung secara online dalam satu aplikasi saja. Jika kamu ingin berinvestasi dengan risiko dan imbal hasil yang tinggi, maka kamu bisa memilih investasi saham atau reksa dana saham. Namun, kamu juga bisa mulai berinvestasi dengan risiko rendah melalui instrumen investasi emas, reksa dana, Surat Berharga Negara (SBN).

Investasi reksa dana menjadi salah satu alternatif investasi dengan modal terjangkau mulai dari Rp10 ribu. Kamu bisa memilih produk reksa dana yang sesuai dengan tujuan, profil risiko, dan jangka waktu investasi. Kamu juga bisa mengenal investasi reksa dana melalui artikel berikut: Apa itu Reksadana: Pengertian, Jenis, Keuntungan, dan Risikonya.

Kesimpulan

Cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk karyawan itu mudah. Kamu dapat mulai menelusuri situs freelancer, menawarkan jasa sesuai dengan keahlianmu, mulai berbisnis sebagai reseller atau dropshipper, mulai menulis blog, menjadi konten kreator, hingga rutin berinvestasi. Pekerjaan tersebut merupakan beberapa sumber penghasilan tambahan yang mudah dilakukan oleh pekerja kantoran karena dapat berlangsung secara online. Hobi dan keahlianmu juga dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. 

Bahkan, kegiatan investasi rutin juga dapat menawarkan berbagai keuntungan di masa yang akan datang. Semakin cepat mulai investasi, maka semakin besar imbal hasil yang dapat kamu peroleh. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai investasi. Kamu juga bisa berinvestasi reksa dana di aplikasi tanamduit dengan mudah, praktis dan aman karena tannamduit sudah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Klik di sini untuk mulai investasi di tanamduit dan memperoleh penghasilan tambahan.

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile