Home » Lengkap & Mudah, Contoh Rencana Masa Depan yang Bisa Jadi Acuan

Lengkap & Mudah, Contoh Rencana Masa Depan yang Bisa Jadi Acuan

oleh | Mar 8, 2022

Tidak selamanya hidup mengalir seperti air dan kita hanya terus mengikuti arusnya. Ada kalanya kita perlu menyusun rencana masa depan untuk membuka jalan untuk menggapai impian kita ke depannya. Berikut contoh rencana masa depan yang bisa kamu jadikan acuan untuk melangkah lebih dekat dengan mimpimu.

Contoh Rencana Masa Depan yang Efektif

Membuat rencana masa depan merupakan langkah awal untuk meraih kesuksesan mendatang. Perencanaan matang akan memudahkanmu dalam bertindak, karena kamu sudah tahu langkah apa saja yang harus dilakukan. Contoh rencana masa depan yang efektif secara garis besar terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pengaturan, (3) pelaksanaan, dan (4) pemantauan. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Perencanaan Masa Depan

Tahapan pertama dari contoh rencana masa depan merupakan tahapan paling krusial, karena berfungsi sebagai fondasi dan pedoman untuk menjalankan tahapan selanjutnya. Kamu bisa ajukan beberapa pertanyaan berikut pada dirimu sendiri untuk memudahkan kamu membuat rencana.

  • Pikirkan, apa saja yang ingin kamu lakukan dan capai nantinya?
  • Ingat-ingat dan catat, kehidupan seperti apa yang kamu dambakan nantinya?
  • Simpan baik-baik catatan impianmu, baca berulang kali sebelum tidur dan beraktivitas agar jadi sugesti positif setiap harinya. Jangan lupa sertakan harapan dan impian kamu dalam doa.

2. Atur Strategi Masa Depan

Tahap selanjutnya dalam contoh rencana masa depan yang perlu kamu lakukan adalah menyusun strategi untuk mencapai keinginanmu. Pertanyaan berikut bisa kamu ajukan pada dirimu sebagai acuan dalam menyusun strategi.

  • Bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut? Kamu bisa mulai dari langkah-langkah konkret.
  • Apa saja masalah atau rintangan yang mungkin kamu hadapi dalam mencapai impianmu? Lalu, bagaimana solusi untuk menghadapi masalah tersebut jika terjadi?
  • Adakah plan B atau rencana cadangan yang bisa kamu lakukan semisal strategi tersebut tidak berjalan sesuai harapan?

Tidak usah terburu-buru, laksanakan rencana dan strategi yang kamu buat selangkah demi selangkah. Mengambil langkah pasti sesuai dengan panduan yang telah kita buat sendiri adalah hal penting. Perlu tindakan nyata, untuk membuat masa depan impian menjadi nyata.

3. Pelaksanaan Masa Depan

Tahap ini adalah contoh rencana masa depan bagian paling menyenangkan, karena saat ini waktunya kamu merealisasikan strategi yang telah kamu rencanakan dan mulai panen jerih payahmu. Pada momen inilah kamu patut bersyukur dan berbangga hati pada dirimu, karena sudah sampai titik ini.

Namun, satu capaian pasti menjadi batu loncatan untuk langkah selanjutnya. Jadi, siapkan dirimu, ya!

4. Pemantauan Masa Depan

Setiap kejadian yang telah ataupun sedang terjadi perlu dipantau dan kita evaluasi secara berkala. Nikmati prosesnya, pelajari celah kekurangan dalam berproses. Kamu bisa mengajukan pertanyaan ini pada dirimu sendiri pada tahap ini.

  • Satu per satu tercapai, selanjutnya apa lagi dan bagaimana?
  • Masa depan seperti apa yang perlu dicapai kembali setelah berhasil mencapai rencana masa depan sebelumnya?

Motivasi untuk terus berkembang menjadi lebih baik sangat kamu perlukan saat ini. Hal ini akan memberi dorongan lebih pada dirimu untuk membuat rencana selanjutnya.

Tips Rencana Masa Depan ala Orang Sukses

Contoh rencana masa depan dapat kita peroleh dari orang-orang kaya yang telah sukses terlebih dahulu mencapai tujuan masa depan mereka. Berikut tips merencanakan masa depan ala mereka.

1. Tentukan Tujuanmu Sejak Dini

Melakukan sesuatu tanpa ada tujuan seperti buang-buang energi saja, nggak, sih? Kamu nggak sampai tujuan mana pun, tidak memiliki capaian apa pun, di situ-situ saja. Oleh karena itu, penting buat kamu menentukan tujuan masa depanmu terlebih dahulu. Biasanya, setelah lulus SMA dan pelan-pelan memasuki fase kehidupan dewasa, kita akan dihadapkan berbagai pilihan yang menentukan hidup kita nantinya. Pada jenjang usia ini, kamu patut merencanakan dan menentukan pilihan atas hidupmu.

Contoh rencana masa depan setelah SMA misalnya masuk perguruan tinggi negeri favorit, mendapat IPK di atas 3,5 setiap semester, mulai magang di perusahaan di semester 4, dan masih banyak lagi. Kalau tujuanmu sudah jelas, kamu bisa buat strategi untuk mencapainya dan jalankan proses menuju masa depanmu sesuai rencana.

2. Tuliskan Rencana Masa Depan

Buatlah daftar impian kamu dan tempel di meja kerjamu atau spot favorit kamu di rumah. Tuliskan dengan detail tanggal yang menjadi target di masa depan. Setiap mulai beraktivitas maupun sebelum tidur kamu bisa membacanya agar menjadi sugesti positif harianmu. Terus berusaha dan jangan lupa berdoa juga, ya!

3. Tentukan Skala Prioritas

Setelah menuliskan rencana masa depanmu, kamu bisa menentukan mana saja yang akan dicapai dalam jangka waktu dekat untuk kamu utamakan. Jadi, kamu bisa fokus pada target-target jangka pendek terlebih dahulu satu per satu.

4. Alokasi Dana Untuk Masa Depan

Mewujudkan masa depan cerah seperti yang kita harapkan butuh persiapan, termasuk dari segi finansial. Misalnya, kamu berencana untuk menikah tiga tahun dari sekarang. Otomatis, kamu perlu mempersiapkan biayanya dari sekarang. Kamu wajib mengalokasikan gajimu untuk tabungan pernikahan setiap bulannya untuk mewujudkan targetmu tiga tahun mendatang.

5. Nikmati Prosesnya

Hidup adalah sebuah proses, sama halnya dengan rencana masa depan. Setelah melakukan langkah sebelumnya, ini adalah momentum penting untuk menikmati sekecil apapun proses dari perjalanan mimpi kamu. 

6. Belajar dari Kesalahan

Dalam perjalanan meraih mimpi, kamu kerap menemukan tantangan dan mungkin saja melakukan kesalahan. Tidak semua hal dapat berjalan sesuai dengan harapanmu. Namun, kesalahan bukanlah kekalahan. Kesalahan bukanlah kekalahan, kamu bisa menjadikannya pelajaran. Kekalahan sesungguhnya ketika kamu tidak bisa belajar dari kesalahan.

Kesimpulan

Masa depan bisa terwujud apabila kita mengusahakannya, salah satunya dengan membuat rencana masa depan. Kamu bisa menjadikan contoh rencana masa depan pada artikel ini sebagai acuan kamu untuk membuat perencanaan hidupmu.

Salah satu hal yang krusial dan perlu kamu persiapkan juga untuk mencapai masa depan yang diharapkan adalah tujuan dan rencana keuangan. Kamu bisa membuat alokasi gaji sederhana seperti pada artikel berikut: Gaji Pas-pasan Bisa Nabung dan Investasi? Cobain Alokasi Gaji Ini

Untuk mewujudkan tujuan keuangan di masa mendatang, kamu bisa menyisihkan sebagian gajimu untuk diinvestasikan. Kamu bisa berinvestasi sesuai kebutuhanmu melalui aplikasi tanamduit. Di tanamduit terdapat beragam produk investasi mulai dari reksa dana, Surat Berharga Negara (SBN), dan emas

Yuk, mulai investasi di tanamduit sekarang!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile