Home » 8 Ide Usaha Langka Menguntungkan yang Bisa Kamu Coba

8 Ide Usaha Langka Menguntungkan yang Bisa Kamu Coba

oleh | Agu 14, 2021

Cuanin ide usaha langka, kenapa nggak? Simak artikel berikut supaya usahamu anti-mainstream~

Pernah nggak, kamu ingin mendirikan usaha, tetapi masih maju-mundur karena terlalu banyak pesaing di bidang usaha yang kamu geluti? Nah, kamu bisa coba ide usaha yang anti-mainstream, karena dapat meminimalkan pesaing, sekaligus meningkatkan peluang untuk pelanggan menemukan usaha kita.

Usaha langka bukan berarti nggak punya pesaing, melainkan jumlah pesaingnya lebih sedikit dibandingkan usaha lainnya. Kalau kamu tertarik untuk memulai usaha yang langka dan menguntungkan, yuk, simak rekomendasi usaha langka berikut ini!

1. Toko Aki (Accu)

ide-usaha-aki

Accu via Pixabay

Kalau kita bahas seputar dunia otomotif, tentu terbuka berbagai peluang usaha seiring dengan meluasnya pasar otomotif. Nggak cuma penjualan unit kendaraannya saja yang laku keras di pasaran, tetapi banyak hal lain yang berkaitan dengan otomotif juga diburu.

Salah satu ide usaha langka yang menguntungkan di bidang otomotif adalah membuka toko khusus yang menjual aki (accu). Aki adalah komponen penting pada sebuah kendaraan, tetapi ternyata belum banyak toko khusus yang menyediakan barang satu ini. Kamu bisa cek daerah sekitar rumahmu, ada tidaknya toko khusus yang menjual aki untuk jadi bahan pertimbanganmu.

Usia muda bisa jadi masa-masa keemasan bagi kita untuk banyak bermimpi dan mempersiapkan cita-cita kita di masa mendatang. Misalnya, tujuh tahun dari sekarang, kamu punya target untuk membeli satu unit apartemen. Otomatis, kamu punya jangka waktu investasi yang cukup lama untuk mempersiapkannya. Dalam jangka waktu lima tahun bahkan lebih, biasanya reksa dana saham menawarkan return yang relatif lebih tinggi dibandingkan jenis reksa dana lainnya.

2. Toko sewa perlengkapan bayi

stroller-bayi

Baby stroller via Pexels

Setiap pasangan suami-istri yang akan menyambut kelahiran buah hati pasti sedang repot-repotnya mempersiapkan berbagai kebutuhan dan perlengkapan bayi. Namun, terkadang harga perlengkapan bayi terbilang mahal dengan masa pakai yang hanya sebentar.

Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha yang langka nan menguntungkan seperti sewa perlengkapan bayi. Kamu bisa menggunakan sistem sewa dengan perjanjian khusus, bukan jual beli seperti biasa. Orang-orang biasanya lebih tertarik untuk menyewa perlengkapan bayi selama beberapa bulan dibandingkan harus membeli.

Contoh perlengkapan bayi yang bisa disewakan jadi usaha menjanjikan adalah tempat tidur bayi, stroller, meja makan khusus bayi, dsb.

3. Toko barang antik

ide-usaha-barang-antik

Old stuff via Pixabay

Barang antik atau barang kuno punya tempat tersendiri di hati para penggemarnya untuk dijadikan koleksi maupun furniture di ruangan. Sayangnya, toko yang menjual barang antik masih jarang ada dan biasanya hanya di kota besar saja.

Kamu bisa coba ide usaha langka yang menguntungkan ini dengan membuka toko khusus barang antik. Kamu bisa mengumpulkan barang-barang antik dari masyarakat sehingga tidak harus membeli dengan harga mahal.

Kamu nggak perlu punya pengalaman dulu untuk membuka toko barang antik. Usaha ini bisa dimulai sambil belajar pelan-pelan untuk memahami seputar barang antik. Buatlah desain toko yang menarik sehingga bisa dijadikan tempat pameran sekaligus etalase jualanmu.

4. Jasa foto produk online

foto-produk

 Food via Pexels

Pada zaman modern seperti sekarang, untuk membeli sesuatu kita tidak perlu effort lebih untuk datang ke toko langsung, karena toko online sudah ada dalam genggaman kita. Biasanya, setiap online shop menampilkan produknya dalam bentuk katalog foto yang bisa kita akses melalui akun Instagram mau pun akun e-commerce online shop tersebut.

Sayangnya, masih banyak pemilik online shop yang belum mampu membuat foto produk secara profesional. Hal ini bisa jadi ide usaha menguntungkan yang menguntungkan. Kamu bisa memulai bisnis jasa foto produk dengan harga promo untuk mendapatkan pelanggan pertamamu.

5. Menjual berbagai bahan makanan siap masak

ide-usaha-frozen-food

Frozen food via Freepik

Orang-orang zaman sekarang sangat menyukai hal-hal yang praktis dan nggak ribet dalam melakukan kesehariannya, termasuk dalam mengolah bahan pangan. Buat anak kos yang tinggal jauh dari keluarga, bahan makanan siap masak bisa jadi pilihan praktis untuk menghemat waktu dan uang sekaligus.

Buat para ibu rumah tangga yang ingin buka usaha dari rumah, usaha jualan makanan siap masak bisa jadi opsi menarik juga, lho. Makanan siap masak yang dimaksud bisa berupa ayam ungkep, bumbu jadi, makanan cepat saji seperti nugget, sosis, dan makanan beku lainnya.

6. Jasa sewa pakaian

kostum-kimono

Kimono via Pixabay

Belakangan ini, penggunaan dresscode untuk berbagai acara penting sudah jadi hal lumrah. Misalnya untuk acara ulang tahun, pernikahan, pesta haloween, dsb. Dresscode tersebut terkadang hanya digunakan untuk satu acara tertentu saja. Tentu sayang banget dong, kalau harus beli baju baru untuk hadir ke satu acara. Oleh karena itu, ide usaha penyewaan pakaian bisa jadi usaha yang menjanjikan, lho. Kamu bisa sediakan berbagai pilihan pakaian dan tema kostum untuk disewakan.

7. Jasa sewa alat pendakian dan berkemah

ide-usaha-alat-hiking

 

Mendaki dan berkemah adalah dua kegiatan di alam yang banyak menarik minat orang-orang di berbagai kalangan maupun usia. Sayangnya, untuk melakukan kedua kegiatan tersebut, membutuhkan banyak persiapan, baik fisik kita mau pun perlengkapan yang harus dibawa.

Buat para pendaki yang hanya melakukan pendakian sesekali saja, tentu tidak akan membeli peralatan pendakiannya untuk sekali pakai saja. Nah, ini bisa jadi peluang usaha untuk kamu membuka penyewaan peralatan pendakian seperti carrier, set kompor camping, tenda, sepatu, dsb. Kamu bisa riset terlebih dahulu peralatan apa saja yang dibutuhkan saat mendaki atau berkemah.

8. Bisnis bonsai

bonsai

Bonsai via Pixabay

Bisnis tanaman hias sudah banyak dilakukan saat ini, tetapi penjual tanaman bonsai masih sangat jarang dan langka. Otomatis, harga bonsai relative lebih mahal dibandingkan jenis tanaman lainnya Oleh karena itu, ide usaha bisnis bonsai bisa jadi pilihan menarik nan menguntungkan untuk dilakukan.

 

Apa pun ide usaha yang kamu pilih untuk jadi sumber pendapatanmu, kamu perlu membuat perencanaan matang, mulai dari melakukan riset pasar, mencari supplier barang-barang yang akan kamu jual atau sewakan, membuat catatan keuangannya, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk mengelola sebagian keuntungan untuk menambah modal dan mengembangkan usahamu. Kamu bisa menaruh keuntungan usahamu pada produk reksa dana pasar uang, lho, di tanamduit. Selain bebas biaya transaksi, produk reksa dana juga bebas biaya admin dan pajak. Yuk, mulai investasi reksa dana di tanamduit sekarang!

 Penulis: Syafira Maulida

 

banner-download-mobile